Alat dan Cara Promosi Bisnis Online yang Wajib Anda Ketahui

Cara Promosi Bisnis Online yang Wajib Anda Ketahui

Cara Promosi Bisnis Online – Sebelum terjun dalam bisnis online atau ada rencana mengonlinekan bisnis Anda saat ini, perlu diketahui beberapa alat sebagai tempat memasarkan, memperkenalkan produk kepada seluruh pengguna internet.

Dalam bisnis online, banyak tempat yang dapat digunakan sebagai wadah jualan. Mulai dari situs yang dibuat sendiri, sampai hanya menggunakan sosial media sebagai langkah awal memperkenalkan produk Anda.

Maka dari itu, dalam kesempatan ini penulis akan memberikan 6 pilihan untuk melangkah menjadi seorang pebisnis online. Semoga bisa menentukan pilihan yang bijak, sesuai dengan kemampuan dan karakter Anda.

Cara Promosi Bisnis Online yang Efektif

1. Website

Memperkenalkan berbagai produk offline Anda melalui website toko yang dikelola secara profesional, akan memberikan tingkat kepercayaan yang tinggi oleh pengguna internet. Mengupload semua jenis produk toko offline Anda secara bebas dengan spesifikasi yang jelas, sehingga calon konsumen merasa yakin dengan produk yang akan dibelinya.

Hal yang sangat penting untuk website toko online adalah sebisa mungkin membuat sebuah artikel secara kontinyu dan berkesinambungan yang berhubungan dengan produk Anda. Artikel yang ditulis bisa disingkronkan dengan web toko Anda. Tujuannya adalah untuk memenangkan persaingan di search engine seperti google, yahoo, bing dan sebagainya.

2. Search engine

Setelah membuat website toko online, selanjutnya mendaftarkan website tersebut di search engine seperti google dan bing. Dengan terdaftarnya web toko Anda, diharapkan pengguna internet dapat menemukannya melalui pencarian search engine.

Untuk mempopulerkan toko online, Anda bisa menggunakan layanan iklan dari google melalui google adwords. Namun hal tersebut membutuhkan dana yang tidak sedikit.

Cara lain bisa Anda tempuh adalah menggunakan jasa SEO (Search Engine Optimization) untuk memberikan peringkat terbaik dalam pencarian di search engine tersebut.

Menggunakan jasa seo memang tidak murah, tapi dengan mengeluarkan dana hanya sekali per berapa bulan (sesuai dengan target dari pemberi jasa), tentunya jauh lebih murah dibanding dengan menggunakan jasa google adwords. 

3. Sosial media

Sosial media yang paling umum dan sangat populer dibelahan dunia termasuk di Indonesia adalah Facebook. Anda bisa memanfaatkan facebook sebagai toko online Anda secara fleksibel dan tentunya gratis.

Selain facebook, sosial media yang lain bisa menjadi pilihan adalah instagram, twitter, google+, pinterest, BBM, youtube dan sebagainya. 

4. Marketplace

Marketplace sudah banyak bertebaran di seantero dunia maya untuk berjualan secara online seperti tokopedia, bukalapak, elevenia, Qoo 10, blanja, Zalora, Aliexpress, blibli, jualo, indonetwork, indotrading, tdamart dan sebagainya.

Selain memberikan layanan gratis, kelebihan lainnya adalah memberikan kemudahan bagi Anda dalam mengolah lapak tanpa harus berurusan dengan berbagai script, error dan sebagainya seperti halnya jika menggunakan website pribadi.

Disamping berbagai keuntungan dari marketplace, ada juga kerugian atau tepatnya kelemahan dibandingkan web pribadi yaitu persaingan harga yang sangat kental dan sangat susah membangun brand.

Saya memiliki istilah dalam marketplace yang mungkin sangat cocok untuk menggambarkan beratnya persaingan yaitu ” Yang Murah Yang Menang“.

5. Email marketing

Mengirim email kepada orang lain untuk memperkenalkan produk bisa menjadi alternatif lain. Anda bisa memperoleh alamat email sebagai target pemasaran melalui majalah, koran, yello pages, kartu nama atau jasa advertising.

6. Jasa PPC

Untuk memperkenalkan produk yang telah diupload di website, sosial media atau blog toko online Anda, menggunakan jasa PPC lokal seperti kumpulblogger, adsensecamp, kliksaya atau adplus bisa menjadi pilihan.

Perbedaan PPC lokal yang signifikan dibanding dengan google adwords adalah harga yang lebih bersahabat.

Baca Juga :

Itulah beberapa cara promosi bisnis online untuk memperkenalkan produk offline Anda. Semoga bermanfaat

LEAVE A REPLY

Tulis komentar Anda
Masukkan nama Anda

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.