Kisah Sandiaga Uno, Pengusaha Muda yang Sukses dengan Kerajaan Bisnisnya
Sumber : Majalah Kartini

Kisah Sandiaga Uno – Siapa yang tidak kenal dengan pengusaha satu ini. Iya bapak Sandiaga Uno, seorang pengusaha muda ternama yang akhir-akhir ini mulai merambah menjadi politisi.

Penasaran ingin tahu sosok pengusaha hebat ini, bagaimana lika-liku kehidupan  Beliau hingga sampai seperti sekarang? Oke, langsung saja simak ulasan mengenai kisah Sandiaga Uno, sang pengusaha muda berikut ini :

Pendidikan yang ditempuh Sandiaga Uno

Sosok Sandiaga Uno merupakan salah satu pengusaha sukses yang mengenyam pendidikan tinggi. Dia memiliki dua gelar yang berbeda dari dua universitas terkemuka dari luar negeri. Sandiago Uno memiliki gelar sarjananya dalam bidang administrasi bisnis dari Universitas di Amerika, Wichita State University dengan predikat yang sangat membanggakan yaitu cum laude.

Dia mendapatkan gelarnya tersebut pada tahun 1990. Lalu, Sandiaga Uno mendapatkan gelar masternya di universitas yang berbeda di Amerika yaitu George Washington University. Menyabet predikat cumlaude dengan Indeks Prestasi Komulatif 4,00.

Uno Mengawali Karirnya Sebagai Karyawan

Sandiago Uno tidak langsung mengawali karirnya sebagai pengusaha. Namun dia mengawali karirnya sebagai karyawan di Bank Summa selepas mendapat gelar sarjananya. Setelah menyelesaikan studi S2 dan mendapatkan gelar master, Sandiago Uno bergabung dengan Seapower Asia Limited yang berada di Singapura pada tahun 1993.

Pada tahun 1994, Dia berhasil menduduki jabatan manajer MP Group Holding Limited. Tahun berikutnya, karir Beliau semakin menanjak dengan jabatan wakil presiden eksekutif di NTI Resources Ltd yang berada di Kanada dengan gaji US$ 8.000 per bulan.

Berada dalam Kondisi Sulit

Krisis moneter tahun 1997 membuat perusahaan tempatnya bekerja NTI Resources Ltd goyang dan bangkrut. Investasinya di pasar saham juga anjlok karena krisis yang terjadi. Tidak memiliki pekerjaan dan tabungan yang juga menipis membuat Sandiaga Uno memilih kembali ke Indonesia. Ternyata di Indonesia situasinya pun hampir sama karena krisis global yang juga berdampak ke Indonesia.

Bahkan Uno waktu itu tidak dapat membayar uang sewa rumahnya hingga dia harus kembali ke rumah orang tuanya. Situasi yang sangat sulit ini membuat Sandiago Uno hampir putus asa.

Situasi sulit yang dialami Sandiaga Uno membuatnya melirik peluang baru dalam bidang bisnis. Bersama rekannya Rosan Roeslani, dia membuat perusahaan yang bergerak dalam bidang penasehat keuangan yang bernama PT. Recapital Advisors.

Bidang baru yang digelutinya ini membuatnya banyak belajar dalam bisnis. Dan guru bisnis yang berpengaruh baginya adalah Williang Soeryadjaya.

Kisah Sandiaga Uno Memimpin Beberapa Perusahaan

Kemampuan bisnis yang dimilikinya membuat Uno menjalankan bisnis barunya dengan baik. Perusahaan yang dimilikinya pun maju dengan pesat dan membuat Uno berhasil melebarkan sayapnya dengan membuka beberapa bisnis baru yaitu Saratoga Capital yang merupakan perusahaan investasi.

Sandiago Uno juga memimpin perusahaan batu bara yang bernama PT. Adaro Energy yang merupakan salah satu tambang terbesar di Indonesia.

Meskipun sudah memimpin berbagai perusahaan, Sandiago Uno juga masih aktif dalam organisasi dan komunitas bisnis. Salah satunya, Sandiago Uno pernah didapuk jadi ketua HIMPI di periode tahun 2005 hingga 2008.

Pengalaman dan kesuksesan yang diraih Sandiago Uno pada usia yang sangat muda membuatnya menjadi wakil Indonesia di ajang Asia 21 dan juga mendapatkan penghargaan di Anterprise Asia.

Baca Juga:

Demikian Kisah Sandiaga Uno, seorang pengusaha muda yang sukses dengan kerajaan bisnisnya. Semoga bisa memberikan pencerahan dan menjadi pemicu kesuksesan kita semua. Amin

LEAVE A REPLY

Tulis komentar Anda
Masukkan nama Anda

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.