Tips Memulai Usaha ATK dan Fotocopy

Tips Memulai Usaha ATK dan Fotocopy

Memulai Usaha ATK – Salah satu usaha yang tidak pernah ketinggalan sampai saat ini adalah usaha ATK (Alat Tulis Kantor). Mereka yang memiliki modal yang cukup, sebagian besar akan melirik usaha ini karena memang untuk jangka panjang sangat bagus sebagai lahan investasi.

Berapa persen keuntungan jual ATK?

Keuntungan yang diperoleh berkisar antara 20-50 persen dari modal barang. Bahkan bisa melebihi 100 persen jika modal barang sangat kecil.

Perlu diketahui, usaha ATK yang selalu bergandengan dengan jasa fotocopy sudah digabung dengan usaha percetakan spanduk tidak pernah sepi dari konsumen. Asalkan posisi tempat usaha berada di wilayah strategis.

Maka dari itu, salah satu syarat wajib untuk usaha ini adalah tempat strategis yang berdekatan dengan perkantoran, sekolah dan instansi-instansi pemerintahan. Contoh lokasi yang sangat bagus adalah berdekatan dengan kantor kepolisian, samsat, kecematan, kelurahan yang selalu bergelut dengan dokumen-dokumen.

Salah satu keuntungan dari usaha yang satu ini adalah tidak ada masa kadaluarsa dari produk atau jasa fotocopy yang kita tawarkan. Jika melihat dari sisi harga, cenderung berada pada posisi yang stabil.

Nah, jika Anda sudah siap dan telah mengumpulkan keyakinan dalam menjalankan usaha ATK dan fotocopy ini, berikut langkah-langkah dasar yang bisa menjadi salah satu rujukan agar tidak salah dalam mengambil keputusan.

Langkah Dasar Memulai Usaha ATK dan Fotocopy

1. Mencari suplier ATK dan mesin fotocopy

Sebelum mencari tempat memulai usaha ATK yang strategis, ada baiknya Anda melakukan survei dan mencari tahu suplier ATK dari toko-toko yang telah melakukan usaha ini.

Caranya bagaimana? Kalau Anda kenal dengan salah satu pemilik usaha ATK, maka hal ini pastinya sangat menguntungkan dan tidak pusing dengan masalah supplier barang. Tapi apa jadinya kalau tidak mengenal siapa pun atau Anda adalah pemain baru dalam dunia usaha?

Saya punya dua cara yang termasuk efektif yang bisa Anda aplikasikan untuk mencari suplier.

Pertama, kunjungi salah satu toko ATK yang jauh dari target tempat usaha yang akan Anda bangun. Cobalah berkomunikasi dengan pemiliknya dan berkata jujurlah bahwa Anda berencana membuka usaha ATK di wilayah A (target usaha).

Bilang saja, Anda berkunjung ke toko dia untuk meminta masukan soal supplier terpercaya. Saya rasa, jika pemilik usaha tersebut adalah orang baik, maka Anda akan mendapatkan informasi supplier dan bisa jadi akan mendapatkan tips secara gratis mengenai usaha yang akan dijalankan.

Jika tidak berhasil, maka lanjutkan mencari usaha sejenis sampai ada yang bersedia memberikan informasi yang Anda butuhkan.

Kedua, menjadi seorang detektif dadakan adalah solusi terbaik menurut saya. Melakukan pengamatan pada toko ATK di kota Anda, jika menemukan supplier yang sedang berkunjung ke toko tersebut, maka langkah yang harus Anda ambil adalah menunggu supplier meninggalkan toko langganannya dan mencegatnya.

To the point saja, langsung memberi tahu maksud dan tujuan Anda. Saya jamin, keberhasilan memperoleh supplier akan lebih besar dan tentunya sudah teruji.

Kalau soal jenis barang yang akan Anda jual untuk pertama kalinya, jangan menanyakan pada supplier tersebut. Alasannya, karena bisa saja sebagian barang yang mereka tawarkan merupakan barang yang jarang laku atau terjual (sesuai dengan pengalaman penulis).

Untuk menyiasati hal ini, carilah informasi jenis barang yang biasa dijual di toko ATK melalu search engine (google pada umumnya). Kemudian pergunakan insting Anda untuk memilah-milah barang yang peluang terjualnya besar.

Tapi jika mempunyai modal awal yang cukup, saya rasa semua daftar barang yang biasa dijual di toko ATK yang Anda temukan wajib dibeli.

2. Mencari tempat strategis

Usaha ATK dan fotocopy merupakan usaha yang sangat dianjurkan atau wajib memiliki lokasi yang strategis seperti dekat perkantoran, sekolah, kampus dan lain-lain.

3. Penentuan harga

Mentukan harga jual dari sebuah produk adalah hal yang sangat susah bagi pemula, betul kan? Maka dari itu, agar Anda tidak merasa bimbang dalam menentukan harga jual, lakukanlah survei harga pesaing.

Mengunjungi pesaing dan membeli sebuah produk kemudian menanyakan beberapa harga barang adalah hal yang lumrah dalam dunia usaha. Tapi ingat, jangan terlalu bernafsu menanyakan harga barang, karena bisa saja ketahuan oleh pemilik usaha tersebut yang membuat Anda merasa malu.

Agar mudah dan lebih efektif dalam menentukan harga jual, maka buatlah list barang yang memiliki modal kecil, barang yang jarang laku (menurut Anda), barang yang sering laku (menurut Anda), modal sedang dan modal besar.

List barang tersebut itulah yang harus diketahui harganya dari pesaing Anda, sehingga bisa mengelompokkan persentasi keuntungan yang akan diambil. Mengertikan maksud saya? Jika belum mengerti, dibaca saja berkali-kali sampai Anda mengerti.

4. Teknik promosi

Dalam artikel ini, saya tidak menjelaskan teknik berpormosi karena pada umumnya kurang lebih dengan usaha lainnya. Intinya, Anda harus rama dalam melayani pelanggan. Titik.

Baca juga :

Sekian artikel singkat tips memulai usaha ATK dan fotocopy, semoga bermanfaat untuk Anda.

LEAVE A REPLY

Tulis komentar Anda
Masukkan nama Anda

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.