Sederhana : Tutorial Trading Bitcoin di Indodax.com

Tutorial Trading Bitcoin di Bitcoin.co.id (Indodax.com)

Trading Bitcoin adalah pasar yang memperjual belikan mata uang digital dimana bitcoin merupakan salah satu mata uang digital yang sangat populer saat ini. Karena nilainya yang terus mengalami perubahan, baik terhadap rupiah maupun terhadap mata uang digital lainnya maka terdapat potensi untuk memperoleh keuntungan.

Jika sudah melakukan pendaftaran di bitcoin.co.id (sekarang Indodax.com), saatnya melakukan deposit untuk mengisi akun Anda. Cara deposit ini cukup mudah, bisa melalui ATM, Internet Banking ataupun dapat langsung mengunjungi kantor pusatnya di Jl. Nakula No.88b, Legian, Kuta, Kabupaten Badung, Bali 80361, Indonesia.

Setelah Anda mendaftar dan melakukan verifikasi (opsional), silahkan lakukan deposit melalu ATM atau Internet Banking dengan mengklik tautan “Setor/Tarik Rupiah“. Berikut cara main indodax secara sederhana :

Cara Deposit Saldo di Indodax.com

Isi form penyetoran sesuai besaran dana yang ingin disetor.

Tutorial Trading Bitcoin di Bitcoin.co.id

Selanjutnya, pilih metode deposit. Metode deposit ada beberapa macam, bisa melalui transfer Bank Mandiri, Bank CIMB Niaga dan lain-lain. Tutorial trading bitcoin kali ini memilih metode transfer Bank Mandiri untuk melakukan deposit. Silahkan langsung klik “PILIH” Mandiri eChannel.

Tutorial Trading Bitcoin di Bitcoin.co.id

Kemudian Anda akan dibawa pada halaman petunjuk pembayaran Mandiri eChannel. Dalam halaman tersebut terdapat pemberitahuan bahwa transaksi yang akan dilakukan dikenakan biaya sebesar Rp 5.390,- oleh Midtrans (partner indodax.com). Silahkan klik “LANJUTKAN

Tutorial Trading Bitcoin di Bitcoin.co.id

Pilih metode pembayaran, apakah melalui ATM atau Internet Banking/Aplikasi Mandiri Android. Setelah itu klik “LIHAT NOMOR REKENING

Tutorial Trading Bitcoin di Bitcoin.co.id


Lakukan pembayaran sesuai dengan nomor kode pembayaran yang diberikan. Setelah melakukan pembayaran, silahkan klik “SELESAI

Tutorial Trading Bitcoin di Bitcoin.co.id

Setelah proses pembayaran yang dilakukan, saldo akan masuk secara otomatis ke akun bitcoin Anda. Silahkan lihat gambar berikut yang berada pada posis paling atas, disitu akan tertera jumlah uang yang Anda depositkan.

Contoh gambar tersebut saya deposit sebesar Rp 500.000,- dikurangi dengan potongan Rp 5.390,- sehingga tertera sebesar Rp 494.610,-.

Tutorial Trading Bitcoin di Bitcoin.co.id

Cara Main Indodax – Beli Bitcoin untuk Memulai Trading Bitcoin

Dalam trading di indodax.com ada 2 cara membeli/menjual bitcoin, yang pertama dengan cara instan dengan biaya 0,3% dari total transaksi dan yang kedua dengan cara pasang harga sesuai harga yang diinginkan pada metode spot market.

Namun untuk transaksi bitcoin dengan mata uang digital lainnya hanya bisa dilakukang dengan mode spot market dan semua transaksi gratis (tanpa potongan biaya). Kecuali Anda melakukan transaksi antar mata uang digital lainnya seperti BCH, ETH, ETC dengan IDR/Rupiah maka dikenakan biaya transaksi.

Sebelum memasang harga, perhatikan posisi harga low dan high. Silahkan perhatikan grafik pergerakan yang ada. Gunakan insting dengan melihat pergerakan tersebut untuk menentukan posisi membeli atau menjual.

Cara Beli Bitcoin

Kalau sudah menentukan harga jual, maka akan muncul tabel order pending. Seperti pada contoh gambar berikut, saya menentukan harga beli Rp 59.219.700,-. Jadi kalau posisi pasar menyentuh harga tersebut, maka otomatis sistem akan melakukan pembelian.

Perlu diketahui sistem terkadang memproses secara bertahap, tergantung seberapa besar orang yang bersedia membeli sesuai dengan harga yang Anda tawarkan.

Tutorial Trading Bitcoin di Bitcoin.co.id

Setelah berhasil melakukan pembelian bitcoin sesuai dengan harga yang diinginkan, maka akan muncul total bitcoin yang tertera di bagian atas kanan layar pc Anda seperti yang terlihat pada gambar di bawah ini.

Tutorial Trading Bitcoin di Bitcoin.co.id

Selanjutnya apakah Anda ingin melakukan trading dengan mata uang digital lainnya atau menahan bitcoin tersebut sebagai lahan untuk investasi.

Trading Bitcoin dengan Alt Coin (Alternate Coin)

Menjadikan bitcoin sebagai alternatif investasi di era digital ini memang sangat menjanjikan. Bisa kita perhatikan pergerakan harga bitcoin pada tahun-tahun sebelumnya hingga saat ini yang telah menyentuh harga 60 juta/1 BTC.

Bayangkan jika memiliki bitcoin pada harga di kisaran jutaan rupiah beberapa tahun yang lalu, silahkan hitung hasil investasi Anda saat ini. Anda akan menjadi miliyarder baru termuda di Indonesia.

Namun jangan berkecil hati jika baru bergelut dalam dunia bitcoin. Untuk mengejar mereka yang telah berinvestai lebih dulu, Anda bisa ikut trading bitcoin dengan alt coin yang juga memiliki pergerakan harga yang menggiurkan.

Dengan demikian, memanfaatkan perbedaan harga antara bitcoin dengan alt coin bisa menjadi salah satu cara untuk memperoleh profit lebih cepat. Berikut kami berikan cara trading bitcoin dengan alt coin.

Tutorial Trading Bitcoin di Bitcoin.co.id

Contoh gambar di atas adalah trading antara BTC dengan XRP. Perhatikan posisi market low dan high untuk menentukan harga beli atau jual yang diinginkan. Baca pergerakan yang terjadi sepanjang beberapa waktu yang lalu melalui chart di bawahnya.

Perlu diketahui, pergerakan harga baik itu bitcoin ataupun alt coin sangat berpengaruh terhadap berita terkini. Apakah berita tersebut menunjukkan kinerja baik terhadap suatu alt coin ataupun malah menunjukkan hal yang negatif.

Sebelum menentukan harga jual atau beli, ada baiknya memperhatikan market yang sedang terjadi. Seperti orang lain memasang pada harga jual/beli berapa. Apalagi kalau Anda seorang pemula, sangat disarankan untuk melihat pasar tersebut.

Lihat gambar di bawah, disitu terdapat detail pasaran harga yang sedang dimainkan oleh para trader. Sebaiknya perhatikan transaksi yang cukup besar, karena saya yakin trader tersebut adalah trader yang berpengalaman (tidak asal memasang harga).

Tapi, Anda juga harus hati-hati, jangan sampai mereka para cukong sedang menggiring harga sehingga Anda ikut terseret.

Tutorial Trading Bitcoin di Bitcoin.co.id

Kalau Anda tidak mengetahui tentang isu yang berkembang, tidak paham tentang analisa teknikal dan sebagainya, maka tidak ada cara terbaik untuk profit selain mengekor pada mereka yang berpengalaman sambil belajar sedikit demi sedikit.

Inti dari trading bitcoin adalah membeli pada saat harga turun dan menjual pada saat harga naik, jangan sebaliknya. Kecuali ketika terjadi hal-hal yang sangat mengkhawatirkan, seperti penurunan harga yang diperkirakan akan terjadi lebih dalam sehingga ketika tidak menjual pada saat itu, Anda akan mengalami kerugian yang lebih besar.

Baca juga :

Sekian, semoga tutorial trading bitcoin di indodax.com yang sederhana ini dapat membantu untuk memulai aktivitas baru Anda dalam dunia trading. Cara main indodax itu sangat simpel dan mudah bukan? Salam sukses

4 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Tulis komentar Anda
Masukkan nama Anda

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.