Siapakah Pendiri Google? Ini Dia Biografi Lengkapnya

shares |

loading...
Siapakah Pendiri Google? Ini Dia Biografi Lengkapnya

Siapa yang tidak mengenal Google? Sebuah search engine yang sering di serukan “mbah gugel”? Namun tahukah Anda siapa pendirinya?


Biografi Lengkap Pendiri Google, Larry Page dan Sergey Brin

Biografi Larry Page

Siapakah Pendiri Google? Ini Dia Biografi Lengkapnya

Larry Page, lahir dari seorang ibu bernama Gloria Page dan seoarang ayah bernama Carl Vincent Page pada tanggal 26 Maret 1973 di Lansing, Michigan. 

Posisi Chie Executive Officer atau CEO yang sebelumnya di pegang oleh Eric Schmidt telah di gantikanya semenjak 4 April 2011.

Ayah dari Larry Page sendiri, Carl Vincent Page adalah seorang professor ilmu komputer di Universitas Michigan. Ibunya, Gloria Page, yang merupakan guru pemrograman komputer di Universitas Michigan serta Lyman Briggs College. 

Lulus dari East Lansing High School, Larry Page meneruskanya ke Universitas Michigan dan memeperoleh Bachelor Of Science dan seorang lulusan  Master dari Universitas Stanford. 

Lary Page menikah pada tahun 2007 dengan Lucinda Southworth di sebuah pulau Karibia. 

Pada Juli 2015, Lary Page diangkat menjadi CEO perusahaan barunya yaitu Alphabet yang merupakan perusahaan induk mencakup Google dan lain lain.

Pada Maret 2017, Lary Page diperkirakan memiliki kekayaan sebanyak US$40,7 miliar dan menjadi orang kaya ke-12 di dunia.

Larry Page adalah anggota National Advisory Committee (NAC) untuk Universitas Michigan College of Engineering. Bersama dengan Co-Founder Sergey Brin, Larry mendapat penghargaan Marconi Prize pada tahun 2004. Dia adalah wali direksi dari X PRIZE dan terpilih menjadi anggota National Academy of Engineering pada tahun 2004.

Biografi Sergey Brin

Siapakah Pendiri Google? Ini Dia Biografi Lengkapnya

Sergey Mikhailovich Brin atau dalam Bahasa Rusia Сергей Михайлович Брин, seorang wakil pendiri Google yang menjabat sebagai President Of Technology of Google, lahir pada tanggal 21 Agustus 1973 di Moscow, Soviet Union.

Ibunya yang bernama Evgenia Brin merupakan seorang ahli matematika lulusan dari Moscow State University, sedangkan Ayahnya yang bernama Mikhail Brin.

Sergey pernah mengenyam pendidikan di Paint Branch Montossori, Adelphi, Maryland. Kemudian dilanjutkan di Eleanor Roosevelt High School dan lulus pada tahun 1990.

Setelahnya Sergey melanjutkan ke jurusan ilmu komputer dan matematika di University of Maryland, College Park. Sergei meraih gelar Bachelor of Science pada tahun 1993. Lalu melanjutkan pada tingkat master di Stanford University Selain itu, ia juga sempat belajar bidang bisnis hingga menyabet gelar MBA dari IE Bussiness School.

Selain sebagai co-founder dari Google, Sergey Brin juga menjabat sebagai presiden untuk Alphabet Inc.

Brin menunjukkan ketertarikannya pada Internet dan search engine (mesin pencari) tak lama setelah ia diterima di Stanford. Ia menulis banyak paper yang membahas tentang data-mining dan pattern extraction. Ia juga menulis software yang dapat mengubah TeX menjadi HTML untuk memudahkan tugas-tugasnya.

Ketika masih kuliah Sergey Brin membuat mesin cetak inkjet dari potongan-potongan balok Lego.

Sergey Brin menikah dengan Anne Wojcicki pada bulan Mei 2007 di kepulauan Bahama. Anne Wojcicki merupakan seorang analis bioteknologi lulusan dari Universitas Yale dan seorang pendiri 23andMe dan resmi bercerai pada tahun 2015.

Pada Juli 2017, Sergey Brin diperkirakan memiliki kekayaan sebesar US$45 miliar dan menjadikanya orang terkaya di dunia dengan nomor 12.

Bukan pertemanan yang instan, bisa dibilang begitu pada hubungan pertemananya Sergey Brin dan Lary Page. Pasalnya, menurut rumor yang beredar pada awal pertemuan mereka berdua di Universitas Stanford, baik Lary Page maupun Sergey Brin merasa ketidak cocokan dan terlalu banyak perbedaan dalam topik obrolan.

Namun, ketertarikan keduanya pada search engine membawa mereka dalam kontribusi dengan judul "The Anatomy of a Large-Scale Hypertextual Web Search Engine" yang merupakan awal mula dari karir mereka dan juga menjadi salah satu dari sepuluh makalah ilmiah yang paling sering diakses di Universitas Stanford.

Mereka kemudian bekerja sama dalam suatu proyek yang di beri nama SergeyandLarry. Dalam setiap pertemuan mereka terus membahas tentang itu & menyatakannya dengan membuat program komputer untuk mencari informasi tertentu yang diberi nama BackRub .

Pada awalnya BackRub belumlah sempurna & masih banyak kekurangan . Kemudian suatu hari ada seorang temannya yang bernama Sun Andy Bechtolsheim, bersedia memberi suntikan dana sebesar 100 ribu dolar asal nama backRub diganti dengan Google atau dalam bahasa matematikanya adalah Googol.

loading...

Rekomendasi

Komentar dengan bijak adalah sikap yang mulia. Dilarang berkomentar spam. Link hidup otomatis difilter.