Perbandingan Wordpress dan Blogger. Lebih Bagus yang Mana?

shares |

loading...
Hal pertama yang dilakukan sebelum memulai ngeblog adalah memilih tempat di mana Anda akan melakukan kegiatan itu. Jika mencari yang gratisan, bisa mencoba wordpress atau blogger.

Keduanya sudah terkenal dan banyak penggunanya. Jika masih bingung harus memilih 1 di antara 2 pilihan di atas, coba amati perbandingan wordpress dan blogger yang siapa tahu Anda bisa dengan mudah menemukan kecocokan di antara salah satu dari mereka.

Perbandingan Wordpress dan Blogger. Lebih Bagus yang Mana?


Ngeblog sekarang menjadi sebuah hal yang banyak orang lakukan. Sudah ramai pengguna blog di tahun ini. Anda tidak ingin kalah bukan? Maka buatlah blog mulai dari sekarang. Tentukan di mana tempat yang cocok untuk memulai aktivitas ngeblog Anda.

Masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan sendiri. Maka pandai-pandai-lah menentukan pilihan. 

Perbandingan Wordpress dan Blogger yang Harus Anda Ketahui

1. Dari segi kemudahan menggunakannya

Untuk pemula, lebih dianjurkan memilih Blogger. Sebab cara pengoperasiannya yang mudah dan tidak ribet, serta sederhana. Untuk templatenya, Anda tidak perlu belajar coding. 

Blogger sudah memberikan tampilan yang sederhana dan memberikan kemudahan bagi para pemula. Ini salah satu pilihan yang tepat untuk langkah awal ngeblog.

Wordpress yang rumit, bisa saja membingungkan Anda sebagai pemula.

2. Istilah di dalam wordpress dan blogger

Perbandingan Wordpress dan Blogger. Lebih Bagus yang Mana?

Contoh saja widget dan plugin. Penyebutan aplikasi ringan tambahan dalam wordpress dan blogger memilki perbedaan. Jika di wordpress, disebut plugin, sementara di blogger, disebut widget. Dari segi jenis aplikasi ringan yang disediakan ini, wordpress lebih unggul. 

Selain istilah di atas, ada istilah lain yang berbeda namun nyatanya memiliki maksud dan arti yang sama. Yaitu template atau theme. Dalam dunia blogger, tampilan blog menggunakan istilah template, sementara wordpress menggunakan theme sebagai istilahnya.

Sebagai pendukung keindahan blog, tampilan menjadi hal yang penting. Untuk blogger sendiri, dimudahkan menemukan template gratis di luaran sana. Wordpress cenderung sulit.

Jikapun ada yang gratis, tampilannya tidak menarik. Berbeda dengan blogger yang bisa dengan mudah ditemukan, gratis pula, tampilannya juga menarik untuk dipasang di blog Anda.

3. Jumlah kata

Saat membuat artikel, di wordpress disediakan penghitung jumlah kata. Sementara di blogger tidak. Padahal, jumlah kata sangat berperan penting untuk kemajuan blog. Artikel yang dibuat akan semakin baik bila jumlah katanya di atas 300. Jadinya mengetahui berapa jumlah kata, sangat dibutuhkan untuk para blogger.

Namun, untuk mengetahui jumlah kata ini sangat mudah. Anda bisa mengeceknya melalui MS. Word dengan cara mengcopy hasil tulisan ke program tersebut. Selain itu, mengetahui jumlah kata bisa melalui situs yang menyediakan layanan cek plagiarisme seperti di smallseotools.com.

4. SEO friendly

Dari segi yang satu ini, blogger yang merupakan salah satu milik perusahaan digital raksasa Google, tidak memberikan penjelasan kalau menggunakan blogger lebih SEO friendly dari pada menggunakan wordpress atau sejenisnya.

Hal yang menentukan SEO friendly atau tidak, Google menentukannya dari konten yang dihadirkan. Semakin baik kontennya, maka blog atau artikel Anda akan mudah dan cepat terindeks.

5. Mengoperasikan lewat HP

Perbandingan Wordpress dan Blogger. Lebih Bagus yang Mana?

Sekarang blogger ataupun wordpress sudah hadir dalam bentuk aplikasi. Ini tentu memudahkan Anda yang malas melakukan pekerjaan dengan menggunakan laptop atau Anda belum mempunyai laptop.

Dengan hadirnya mereka dalam bentuk aplikasi, Anda bisa ngeblog lewat HP. Namun dari segi kemudahannya, hal ini lebih condong pada blogger.

Blogger lebih simple dari wordpres. Jika terjadi error atau hal yang tidak diinginkan lebih minim dari pada menggunakan wordpress.

6. Keterangan data statistik pengunjung blog

Untuk yang satu ini, lebih akurat data yang disajikan oleh blogger. Karena blogger adalah salah satu bagian dari Google. Google sendiri memiliki anakan lagi yang bertugas mengecek pengunjung secara akurat.

Menggunakannya untuk wordpress sebenarnya tetap bisa, namun hasil yang diberikan kurang akurat. Belum tentu benar. Padahal dengan mengetahui pengunjung blog, Anda bisa memantau tamu yang masuk dan kemajuan atau kemunduran blog Anda.

Itulah perbandingan wordpress dan blogger. Tidak ada yang jelek dan tidak ada yang paling bagus. Semuanya bagus, tergantung Anda, ingin menjatuhkan pilihan ke mana.

loading...

Rekomendasi

Komentar dengan bijak adalah sikap yang mulia. Dilarang berkomentar spam. Link hidup otomatis difilter.