Cara Optimasi Seo On Page yang Mudah Anda Praktekkan

shares |

loading...
Cara Optimasi Seo On Page yang Mudah Anda Praktekkan

Cara optimasi seo on page merupakan cara yang biasanya dilakukan dalam dunia website. Telah beredar secara luas berbagai tutorial yang dapat Anda temui dengan mudah di internet.

Tapi pada prakteknya masih banyak orang yang merasa kesulitan dalam menerapkannya. Sering kali mereka hanya mempraktekkan secara serampangan dan ala kadarnya saja.

3 alasan yang menurut saya tidak mampu mengoptimasi Seo On Page secara maksimal :

  1. Panduan yang digunakan tidak up to date atau sudah lama.
  2. Panduan yang digunakan kurang lengkap atau hanya setengah-setengah.
  3. Kebanyakan panduan optimasi seo on page yang secara lengkap dan terperinci masih dalam bentuk bahasa inggris. Karena kendala kesulitan mengartikan bahasanya, jadi jarang yang mau membaca dan mempraktekkannya.

Karena itulah, pada kesempatan ini saya akan menjabarkan teknik optimasi seo on page yang benar.


8 Cara Optimasi SEO On Page  yang Lengkap dan Mudah dipraktekkan

1. Gunakan permalink yang Seo Friendly

Permalink merupakan singkatan dari Permanen Link yang artinya adalah link yang permanen. Permalink harus memiliki kata kunci untuk memaksimalkan SEO dari suatu artikel, contohnya permalink artikel ini "http://www.anakdagang.com/2017/08/cara-optimasi-seo-on-page-yang-mudah-anda-praktekkan.html".

Dalam permalink tersebut mengandung kata kunci yang saya targetkan. Berbeda jika link tersebut seperti "http://www.anakdagang.com/2017/08/Tg5H3.html", tidak memberikan nilai plus terhadap mesin pencari.

Untuk menerapkannya sangat mudah, Anda bisa menemukannya melalui search engine google. Sudah banyak yang memberikan penjelasan secara mendetail soal hal tersebut.


2. Gunakan tag H1 dan H2 dinamis theme

Untuk theme terbaru biasanya sudah didukung oleh fitur ini, dimana theme tersebut sudah tersetting dengan baik. Jika di homepage H1 dipakai sebagai title blog, maka H2 dipakai sebagai title postingan atau sebaliknya. Untuk mengecek apakah theme Anda sudah memiliki heading tag dinamis atau tidak, silahkan tekan CTRL + U di homepage dan di halaman postingan Anda.


3. Gunakan desain responsive 

Desain responsive adalah tampilan theme yang secara otomatis menyesuaikan dengan device atau perangkat yang dipakai oleh visitor.


4. Gunakan schema markup

Schema markup dapat membantu mesin pencari seperti Google untuk menampilkan hasil yang lebih informatif di halaman pencarian. Jenis-jenis markup cukup banyak, seperti Organization, Website, Video, Site Navigatio dan lainnya.


5. Noindex halaman berkualitas rendah

Halaman 404 dan halaman search merupakan contoh halaman dengan kualitas rendah. Halaman ini dapat membantu pengunjung, tetapi halaman ini tidak memiliki konten aslinya.

Sehingga akan mempengaruhi kualitas website Anda secara keseluruhan. Untuk menghindari kedua halaman tersebut, Anda bisa masuk ke Dashboard Wp – All In One SEO – General Setting, kemudian centang di bagian Use noindex for the search page dan Use noindex for the 404 page.


6. Fokuskan kekuatan linkjuice ke halaman yang penting

Linkjuice adalah kekuatan backlink yang masuk ke suatu halaman. Dalam website linkjuice terbesar biasanya dimiliki oleh homepage. Semakin banyak link yang tampil di homepage maka semakin kecil linkjuice yang diterima masing-masing link tersebut.


7. Gunakan XML sitemap untuk mesin pencari

XML Sitemap membantu mempermudah robot search engine mengcrawl dan mengindex seluruh isi website Anda. Bagi pengguna Wordpress, ada banyak pilihan plugin XML Sitemap. Saya rekomendasikan bagi Anda untuk menggunakan Google XML Sitemap.


8. Hindari duplicate title tags

Duplicate title tags dapat mengurangi performa web Anda di mesin pencari. Tittle tags disini tidak terbatas pada judul artikel tapi juga pada tittle kategori, tags, bahkan halaman attachment.

Demikian yang dapat saya sampaikan mengenai Cara optimasi seo on page yang mudah Anda praktekkan. Semoga informasi yang telah disampaikan diatas bermanfaat dan mampu menjadi bahan referensi. Silahkan mencobanya dan Good luck.

loading...

Rekomendasi

Komentar dengan bijak adalah sikap yang mulia. Dilarang berkomentar spam. Link hidup otomatis difilter.