5 Cara Membuat Backlink Berkualitas dengan Mudah

shares |

loading...
5 Cara Membuat Backlink Berkualitas dengan Mudah

Sebenarnya apa sih tujuan kita membangun backlink? Tujuan utamanya adalah membuat website kita lebih populer di mata search engine, misalnya Google.com. Website atau blog yang memiliki banyak backlink berkualitas biasanya akan mendapatkan perhatian khusus dari search engine sehingga menempatkannya pada halaman utama hasil pencarian untuk kata kunci tertentu. 

Pada artikel kali ini, kami akan memaparkan beberapa cara membuat backlink untuk website bisnis Anda.


Cara Membuat Backlink Berkualitas untuk Sebuah Blog

1. Melalui situs social bookmarking

Ide awal dari situs bookmark sosial adalah mempermudah pengguna untuk menyimpan URL atau tautan dari situs yang mereka sukai agar mudah ditemukan saat ingin membuka kembali. 

Dalam perkembangannya, situs ini digunakan oleh banyak agen SEO untuk membantu mempopulerkan halaman situs di mesin pencari. Mesin pencari seperti Google juga mengeksplorasi halaman bookmark sosial ini untuk mengetahui halaman-halaman situs web yang sering disimpan oleh pengguna internet. Tentu saja ini akan berpengaruh pada hasil pencarian di search engine.

2. Melalui direktori artikel

Direktori artikel sering digunakan untuk kegiatan pemasaran. Kita bisa membangun backlink dari situs direktori artikel dengan membuat artikel berkualitas kemudian mengirimkannya ke situs tersebut.


3. Melalui blogwalking

Yang dimaksud blogwalking adalah kegiatan mengunjungi blog orang lain lalu meninggalkan komentar beserta URL website kita. Dua keunggulan yang didapat dari cara ini adalah disamping mendapat backlink dari blog yang kita kunjungi juga mendapat kunjungan langsung dari pemilik blog.

Namun, harus menjadi perhatian bahwa memberikan komentar harus sebaik mungkin untuk menarik minat pemilik blog atau pengunjung lain mencari tahu tentang blog Anda.

Sebelum meninggalkan komentar, sebaiknya membaca artikel di blog lalu memberikan komentar yang berhubungan dengan artikel tersebut. Jangan memberikan komentar asal, seperti "Good article, thanks ya", dan komentar lainnya yang terlalu pendek.


4. Menjadi blogger tamu

Menjadi blogger tamu di blog mapan adalah salah satu cara paling ampuh untuk membuat blog kita populer dengan cepat. Kita bisa menjadi penulis di blog orang lain, tentu saja harus mendapat persetujuan dari pemilik blog.

Untuk mewujudkan niat tersebut, Anda harus menulis artikel yang berkualitas sesuai dengan topik blog yang ditargetkan. Jika artikel disetujui, maka Anda bisa memasang backlink dan profil dalam artikel tersebut (sesuai dengan kesepakatan).


5. Melalui media sosial

Backlink dari situs media sosial adalah backlink berkualitas, misalnya backlink dari Twitter, Google plus dan Facebook. Meskipun backlink dari situs media sosial ini dalam kategori Nofollow, search engine seperti google tetap memperhitungkannya.

Apalagi kalau artikel yang dibagikan mendapat banyak share ulang oleh teman Anda, yang menandakan artikel tersebut disukai dan dibutuhkan oleh khalayak dunia maya. Oleh karena itu, kami merekomendasikan agar setiap web/blog yang dibangun harus memiliki akun media sosial terpisah, seperti halaman penggemar Facebook dan akun twitter.

Dengan memiliki banyak teman atau pengikut di situs media sosial maka membuat web/blog menjadi populer semakin mudah.
Baca Juga :
Demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang cara membuat backlink berkualitas untuk blog, semoga bermanfaat.

loading...

Rekomendasi

Komentar dengan bijak adalah sikap yang mulia. Dilarang berkomentar spam. Link hidup otomatis difilter.