Usaha Travel Bangkrut : Obrolan Singkat Bersama Pemilik Tour & Travel

shares |

Usaha Travel Bangkrut : Obrolan Singkat Bersama Pemilik Tour & Travel

Beberapa waktu lalu, penulis sempat melakukan perbincangan  dengan pemilik salah satu travel yang ada di sekitar tempat usaha penulis. Obrolan kami sedikit menyerempet pada masalah usaha saat ini yang pada kenyataannya sedang mengalami penurunan sangat signifikan.

Mulai dari usaha retail sampai usaha jasa termasuk penjualan tiket baik itu tiket pesawat, kapal laut, kereta api, bioskop maupun hotel.

Dengan kondisi ekonomi yang sedang berada pada titik bawah, banyak teman beliau yang bergerak dalam bidang usaha travel telah gulung tikar. Padahal mereka telah membangun usaha sejak tahun 2000-an silam.

Ketidak berdayaan usaha travel konvensional tersebut terhadap serangan yang bertubi-tubi oleh lawan bisnisnya yang telah melahap habis para pelanggan mereka melalui dunia maya membuat perlahan tapi pasti mengalami penurunan omset.

Faktor Jatuhnya Usaha Travel Konvensional

Menurut beliau, salah satu penyebab perusahaan travel konvensional bangkrut adalah pelanggan yang selama ini menjadi sumber penghasilannya tergolong pada orang-orang yang tidak asing dengan teknologi.

Sehingga, dengan munculnya perusahaan pesaing berbasis online yang notabene memberikan kemudahan para pelanggan dalam memesan, memilih dan mengetahui harga tiket pada waktu yang tidak terbatas, membuat mereka berbondong-bondong melakukan transaksi secara mandiri melalui gadgetnya.

Selain dari itu, faktor individualisme yang telah melekat pada masyarakat perkotaan menjadi salah satu penyebab utama sebagian besar travel yang berbasis di perkotaan tidak lagi mampu menggaet pasarnya sendiri.

Berbeda dengan perusahaan travel yang terletak di wilayah berkembang. Masyarakat cenderung masih memprioritaskan soal kekeluargaan, mereka masih menghargai pertemanan atau kenalan untuk melakukan suatu transaksi baik itu soal pembelian tiket maupun kebutuhan sehari-hari.

Masyarakat daerah berkembang juga masih tergolong gaptek, sehingga masih membutuhkan bimbingan dan bantuan mengenai perjalanan yang akan dilakukannya.

Melihat dari pembahasan di atas, makanya perusahaan travel yang gulung tikar kebanyakan berbasis di perkotaan. Jadi, apa solusi yang harus dilakukan para pemiliki usaha travel untuk dapat bertahan di zaman serba online ini?


Agar Usaha Travel Mampuh Bertahan di Zaman Serba Online ini

Nah, kalau Anda salah satu pemain dalam bisnis travel yang masih mengandalkan sistem seadanya dimana khusus untuk penjualan tiket saja, maka harus ada strategi dan inovasi terbaru.

Jangan fokus hanya pada penjualan tiket, manfaatkan wilayah Anda sebagai pemikat para calon pelanggan. Jadi, simpelnya buatlah paket wisata untuk mempermudah orang yang mengunjungi daerah Anda dalam menikmati berbagai keindahan alam dan adat istiadat setempat.

Dengan adanya paket wisata yang ditawarkan, Anda tidak lagi menikmati keuntungan penjualan tiket yang hanya berkisar 10 ribuan, melainkan mampuh memperoleh keuntungan 200 hingga 250 ribu tiap orang setiap terjadi penjualan paket wisata.
Baca Juga:
Saatnya ubah pemikiran Anda yang tadinya penjualan tiket sebagai penghasilan utama menjadi penghasilan tambahan. Sementara penghasilan dari paket wisata menjadi nomor satu.

Semoga artikel tentang usaha travel ini dapat memberikan pencerahan untuk Anda, baik yang sedang atau yang akan menjalankannya. Salam

Rekomendasi

2 komentar:

  1. Artikelnya Keren mantab banget....

    Salam Kenal Sobat..???
    Kami dari Prodis Advertising, perusahaan periklanan PPC (pay per click - Alternatif Adsense) Indonesia menawarkan kerjasama untuk menjadi Publisher atau penerbit iklan Kami.
    Persyaratannya sangat mudah, Anda cukup menyediakan ruang atau space di website Anda untuk memasang script iklan kami.

    YUK DAPATKAN PENGHASILAN DARI BLOGMU? Ikuti program PPC kami:
    1. Pendaftaran GRATIS
    2. Prosentase pembagian komisi 60%
    3. Pembayaran komisi tepat waktu dan tidak ada potongan
    4. Jadwal pembayaran komisi 2 (dua) kali sebulan setiap tanggal 15 dan 30, dengan minimal saldo sebesar Rp. 25.000.

    Mari bergabung bersama kami, untuk mendapat penghasilan dari blog yang lebih mudah dengan komisi yang lebih besar. Keterangan lebih lengkap dan hal-hal lain yang berhubungan dengan layanan kami, silahkan kunjungi website kami: http://promosidisini.com/

    Demikian, semoga dapat terjalin kerjasama yang baik dan saling menguntungkan sejak hari ini dan selamanya.

    Salam Sukses, Ditunggu pendaftarannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Trimakasih atas komentar dan tawarannya kepada kami. Salam sukses untuk kita semua, amin.

      Delete

Komentar dengan bijak adalah sikap yang mulia. Dilarang berkomentar spam. Link hidup otomatis difilter.