>

$show=post

Ini Solusinya : Cerita Kegagalan Dalam Usaha yang Patut Menjadi Pembelajaran

SHARE:

Ini Solusinya : Cerita Kegagalan Dalam Usaha

Kegagalan Dalam Usaha - Salah satu masalah yang kerap menghampiri orang-orang yang ingin menjalankan usaha adalah keberanian yang tak kunjung menghampiri. Untuk mengatasi hal tersebut, mereka melakukan komunikasi dengan beberapa orang yang berpengalaman, membaca berbagai motivasi bisnis dan mengikuti beberapa seminar.

Dengan keberanian dan ilmu yang telah dimilikinya, mulailah merintis suatu bisnis. Namun, apa yang terjadi? Bisnis pertama, kedua dan ketiga selalu saja kandas di tengah jalan.

Nah, itu sedikit cerita umum yang sempat dialami oleh keluarga penulis setelah beberapa jam mengorek permasalahan dalam suatu perbincangan ringan.

Jadi, apa yang akan kita bahas pada artikel kali ini? Penulis akan membahas kenapa kegagalan tersebut kerap menghampiri beliau.

Faktor Pertama Kegagalan Dalam Usaha yang Dijalankan

Salah satu bisnis yang sempat dijalankan beliau adalah bisnis jual beli hijab. Bisnis hijab memang sudah trend dari beberapa tahun lalu yang membuat beliau tergiur untuk menjalankannya.

Dengan bekal menemukan supplier hijab, mulailah dia membeli berbagai model hijab untuk dijual kembali. Karena beliau adalah salah satu karyawan di BUMN ternama di negeri ini, maka waktu untuk menjalankan bisnis barunya itu tidak ada.

Makanya, untuk menjalankan bisnisnya, beliau mencari partner yang siap menjual produknya di pasar semi tradisional yang ada di kotanya.

Sistem yang diterapkan beliau adalah sistem bagi hasil, jadi setiap produk terjual maka partnernya tersebut akan mendapat beberapa bagian keuntungan sesuai dengan perjanjian awal.

Setelah berjalan beberapa waktu, hanya mampu melakukan re order barang dagangan 2 kali dan setelah itu tidak ada perkembangan dan akhirnya gulung tikar.

Jadi apakah masalah sesungguhnya?


Semangat entrepreneur yang dimiliki beliau sudah bisa diacungi jempol, namun partner yang diajaknya menjalin kerjasama masih menjadi tanda tanya.

Selain dari itu, tanggung jawab akan berjalannya bisnis tersebut tidak mungkin dimiliki oleh partnernya karena pertama, tidak ikut berkontribusi dalam hal permodalan, yang kedua penghasilan yang dimilikinya hanya jika terjadi penjualan produk.

Kemudian yang memperparah adalah ternyata partner bisnisnya tersebut tidak memiliki pengalaman dalam menjalankan bisnis. Jadi apa yang bisa diharap dengan partner yang seperti itu?

Itulah salah satu penyebab kenapa bisnis beliau selalu kandas di tengah jalan.

Solusi Bisnis yang Sering Kandas

Berdasarkan cerita di atas, maka sebetulnya jawaban untuk mengatasi permalasahan tersebut sangat simpel. Bagaimana caranya menemukan partner bisnis yang bertanggung jawab, menyukai tantangan dan memiliki kemauan untuk berkembang bersama.

Cara pertama yaitu membuat partner bisnis turut andil dalam hal permodalan sehingga dia memiliki rasa tanggung jawab akan usaha yang dijalankan. Anda bisa menetukan besaran modal, misalnya perbandingan 60:60 atau 70:30. Jadi dengan demikian, rasa memiliki akan bisnis tersebut akan tumbuh dengan sendirinya.

Cara yang kedua adalah sistem pembagian hasil sedikit dimodifikasi. Jika Anda siap untuk mengeluarkan modal usaha seutuhnya, maka partner bisnis Anda jangan semata-mata hanya memperoleh hasil jika terjadi penjualan.

Gunakan sistem gaji terhadap partner Anda, gajilah mereka setiap bulannya. Dan jika terjadi penjualan, mereka tetap dapat bagian rupiah.

Sistem tersebut diharapkan akan menjadi salah satu penyemangat bagi mereka yang bekerja bersama Anda. Mereka akan mencoba mencari dan meningkatkan strategi pemasaran agar penghasilannya bisa bertambah setiap bulannya.
Lebih baik menjadikan mereka yang tidak memiliki jiwa entrepreneur sebagai karyawan daripada menjadikan partner bisnis, agar peluang Anda dalam meraih kesuksesan lebih besar

Saran Untuk Pemula Dalam Dunia Bisnis

Bagi Anda yang ingin menjalankan bisnis, mulailah pada hal yang kecil-kecil lebih dahulu. Rasakan bagaimana nikmatnya mendapat keuntungan walaupun hanya sedikit. Rasakan bagaimana nikmatnya menghadapi pelanggan, apalagi pelanggan yang cerewet. 

Ambillah pelajaran mengelola keuangan dari usaha perdana yang Anda jalankan, karena sebetulnya mengelola keuangan salah satu hal yang tersulit dalam menjalankan bisnis.
Baca Juga :
Setelah Anda menjalani pengalaman tersebut, penulis yakin jiwa entrepreneur Anda akan lebih baik dan semakin terpacu untuk menciptakan suatu bisnis yang lebih besar.

Sekian artikel singkat ini, semoga cerita kegagalan dalam usaha dan solusi bisnis di atas dapat membuka wawasan kita semua. Amin

COMMENTS

BLOGGER
Name

ASURANSI,5,BISNIS KULINER,9,BISNIS ONLINE,13,BISNIS SAMPINGAN,15,BISNIS WARALABA,11,BITCOIN,3,BLOGGING,9,FOREX,8,GADGET & APLIKASI,3,INVESTASI,11,INVESTASI EMAS,2,INVESTASI SAHAM,4,KEUANGAN,8,KISAH INSPIRATIF,8,PELUANG BISNIS PERKEBUNAN,12,PELUANG BISNIS PETERNAKAN,19,PELUANG USAHA,94,PELUANG USAHA BAGI PEMULA,8,PELUANG USAHA MAHASISWA,4,PELUANG USAHA PERTOKOAN,6,PELUANG USAHA PROPERTI,11,PERIZINAN,6,REVIEW PRODUK,3,SEO,5,SPONSORED,3,TIPS BISNIS,76,TOKOH,3,TUTORIAL,3,WALET,9,
ltr
item
anakdagang.com: Ini Solusinya : Cerita Kegagalan Dalam Usaha yang Patut Menjadi Pembelajaran
Ini Solusinya : Cerita Kegagalan Dalam Usaha yang Patut Menjadi Pembelajaran
Sekian artikel singkat ini, semoga cerita kegagalan dalam usaha dan solusi bisnis di atas dapat membuka wawasan kita semua. Amin
https://4.bp.blogspot.com/-AYPLxdtO1b0/WOY-gvItE-I/AAAAAAAACts/HGbSgCZZMk4PDpClQ7zBjKVKTrRbvcUIQCLcB/s640/Ini%2BSolusinya%2B%2BCerita%2BKegagalan%2BDalam%2BUsaha.jpg
https://4.bp.blogspot.com/-AYPLxdtO1b0/WOY-gvItE-I/AAAAAAAACts/HGbSgCZZMk4PDpClQ7zBjKVKTrRbvcUIQCLcB/s72-c/Ini%2BSolusinya%2B%2BCerita%2BKegagalan%2BDalam%2BUsaha.jpg
anakdagang.com
http://www.anakdagang.com/2017/04/solusi-bisnis-cerita-kegagalan-dalam-usaha.html
http://www.anakdagang.com/
http://www.anakdagang.com/
http://www.anakdagang.com/2017/04/solusi-bisnis-cerita-kegagalan-dalam-usaha.html
true
8897343119264651685
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy