6 Cara Membuat Usaha Kecil Kecilan di Rumah

shares |

loading...
Cara Membuat Usaha Kecil Kecilan di Rumah untung Besar

Anda sedang mencari informasi mengenai cara membuat usaha kecil kecilan di rumah yang mudah dan praktis serta memberikan keuntungan yang besar? Kalau Anda menjawab ya, artinya Anda berada pada halaman yang benar.

Pada dasarnya usaha kecil kecilan di rumah memiliki presentasi keuntungan yang besar, namun karena faktor perputaran barang yang tidak terlalu besar, makanya keuntungan sepertinya sedikit.

Sebagai motifasi untuk Anda, besaran keuntungan yang diperoleh toko-toko di luar sana seperti supermarket, toko bangunan, toko baju dan sebagainya termasuk kecil. Sekitar 30% atau bahkan karena ketatnya persaingan mereka hanya mengambil keuntungan dibawah 20%.

Sementara keuntungan dari usaha kecil kecilan di rumah dapat mengambil keuntungan di atas 30% dari modal. Apalagi Anda bergerak dalam usaha kuliner, penulis yakin keuntungan yang bisa diambil mencapai 100%.

Pertanyaannya adalah kenapa usaha yang dilakukan di rumah identik dengan istilah usaha kecil kecilan?

Jawabannya adalah barang yang terjual hanya sedikit dalam jangka waktu tertentu. Jika Anda mampu menjual produk lebih banyak dari biasanya, maka usaha yang Anda kerjakan bukan lagi usaha kecil kecilan.

Jadi intinya adalah bukan masalah kecil atau besar suatu usaha, melainkan bagaiaman caranya usaha yang Anda bangun mulai dari kecil menjadi usaha yang besar dengan penghasilan yang melimpah.

Nah, setelah pemaparan di atas semoga bisa membuat Anda semakin yakin untuk melanjutkan usaha yang sudah ada dipikiran Anda. Berikut kami berikan tips membuat usaha kecil kecilan di rumah.

Cara Membuat Usaha Kecil Kecilan di rumah Untung Besar

1. Mulailah dari Kelebihan Anda

Jangan memulai suatu pekerjaan jika Anda tidak mengetahui seluk beluknya. Jika Anda tetap melakukannya, kemungkinan keberhasilan sangat kecil. Tidak sesuai dengan harapan bukan?

Cobalah berpikir usaha berdasarkan kelebihan Anda. Jika Anda mengetahui cara membuat kue, ya jalankan usaha kue. Jika telaten mengurus ternak, ya usaha ternak. Jika telaten membuat sulaman, ya buat sulaman baju, aksesoris dan lain-lain kemudian dipasarkan.

2. Pilih jenis usaha yang paling disenangi

Setiap orang pasti menyukai sesuatu dalam hidupnya. Mengetahui cara membuat sesuatu belum tentu disukai.

Jadi, setelah Anda mengukur kemampuan dalam keahlian yang dimiliki selanjutnya memilih hal yang paling di sukai. Salah satu tujuan adalah jika terjadi hambatan dikemudian hari dalam usaha yang Anda jalankan, diharapkan tidak mudah menyerah, mudah menemukan ide kreatif dan masih banyak tujuan yang lainnya.


3. Memulai dari modal yang kecil

Namanya juga usaha kecil-kecilan, maka lakukanlah walaupun dengan modal yang kecil. Modal yang kecil akan memberikan keberanian dalam mengambil keputusan untuk menjalankan usaha.

Ingat, usaha dalah action dan pengalaman. Tidak ada gunanya ide yang tertanam dalam pikiran Anda jika tidak dijalankan. Anda tidak akan mempunyai pengalaman jika tidak memiliki keberanian memulainya.

Jangan terlalu lama berdiam dalam angan-angan memiliki usaha yang besar sebelum berani menjalankan usaha yang kecil.

Banyak sekali hal yang bisa dipetik dari usaha kecil, mulai dari cara mengatur keuangan, cara berkomunikasi dengan pelanggan dan sebagainya yang akan membuat Anda semakin matang dalam melanjutkan usaha tersebut menjadi suatu usaha yang besar.   

4. Kenali kebutuhan masyarakat di lingkungan tempat tinggal Anda

Dengan mengetahui kebutuhan apa saja yang dibutuhkan oleh orang-orang di sekitar Anda diharapkan dapat mengambil keputusan yang tepat untuk jenis usaha yang akan dijalankan.

Banyak cara untuk mencari informasi tersebut, misalnya bergabung dalam group sosial media lokal, mengorek informasi dari teman, tetangga dan kenalan atau bisa juga melihat situasi perdagangan di wilayah Anda.

5. Keyakinan dan optimisme

Setelah melewati beberapa langkah di atas, saatnya Anda memberikan keyakinan pada diri sendiri. Yakinkan diri Anda bahwa usaha tersebut bisa dijalankan sehingga optimisme akan tercipta dengan sendirinya.

6. Promosi

Salah satu ujung tombak dari suatu usaha adalah promosi, jadi jangan melewatkan langkah ini. Banyak cara dan teknik promosi usaha, mulai dari hal yang mudah seperti membuat spanduk yang dipasang di depan warung/toko/pagar rumah, sosial media lokal sampai yang sedikit membutuhkan energi seperti menyebar brosur ke rumah-rumah.
Baca Juga : 
Itulah beberapa cara membuat usaha kecil kecilan di rumah. Semoga bermanfaat untuk Anda. Salam

loading...

Rekomendasi

Komentar dengan bijak adalah sikap yang mulia. Dilarang berkomentar spam. Link hidup otomatis difilter.