3 Jenis Bisnis Perkebunan yang Menguntungkan dengan Lahan yang Sempit

shares |

loading...
Melihat kondisi Indonesia saat ini sudah sangat memprihatinkan dalam hal perkebunan, sudah banyak anak cucu kita tidak lagi tertarik dengan hal tersebut karena merasa perkebunan adalah sesuatu yang hanya bisa dijalankan di desa, atau orang-orang yang berprofesi petani selalu dianggap sebagai masyarakat golongan 2.

Selain dari itu, faktor lainnya adalah lahan yang semakin sempit khususnya di perkotaan. Maka dari itu, timbullah berbagai macam teknik yang dikembangkan oleh balai pertanian agar lahan yang sempit pun mampu memproduksi tanaman secara maksimal.

Jadi, tanaman perkebunan yang seperti apa yang cocok dikembangkan dalam lahan yang sempit dan memiliki masa panen yang cepat serta menguntungkan?

1. Tanaman Tomat

3 Jenis Bisnis Perkebunan yang Menguntungkan dengan Lahan yang Sempit
Sumber : hiroshima-bot.jp

Menanam toman pada lahan yang sempit sangat cocok dikembangkan dengan sistem polybag. Seperti yang dijelaskan oleh Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Jambi, sistem tersebut memiliki banyak keuntungan selain dari pada faktor lahan yang sempit diantaranya perkembangan tanaman yang mudah dikontrol, penyebaran hama dan penyakit sangat kecil serta hemat dalam penggunaan pupuk. 

Nah, jika Anda tertarik dengan bisnis perkebunan yang menguntungkan ini, Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Jambi telah merangkum panduan yang singkat, padat dan sangat jelas untuk Anda. Mulai dari persiapan media tanam, pesemaian, penanaman, pemelihraan sampai pada tahap pemanenan. Agar lebih jelas, bisa lihat di sini.

2. Tanaman Cabe

3 Jenis Bisnis Perkebunan yang Menguntungkan dengan Lahan yang Sempit
Sumber: thehotpepper.com

Jika Anda termasuk orang yang sering mengikuti perkembangan berita, pasti Anda tahu soal harga cabe yang sangat susah dikontrol dalam hal harga karena memang dari faktor cuaca yang tidak menentu. Nah, disinilah salah satu letak prospek pertanian cabe, Anda bisa menjadi seorang yang kaya mendadak kalau mampu menghasilkan cabe yang melimpah pada waktu harga cabe meningkat.

Cabe merupakan suatu komoditas yang memiliki permintaan pasar yang cenderung stabil, kecuali pada waktu tertentu seperti hari raya. Karena pasokan saat ini masih didominasi dari wilayah pedesaan, maka selayaknyalah Anda yang tinggal diperkotaan mampu memproduksi cabe secara mandiri atau sebisa mungkin dijadikan lahan bisnis dengan memaksimalkan lahan sempit yang ada.

Panduan teknis untuk budidaya cabe diperkotaan bisa Anda baca secara detail di sini.

3. Bawang Merah

3 Jenis Bisnis Perkebunan yang Menguntungkan dengan Lahan yang Sempit

Bawang merah adalah salah satu bumbu utama dalam dunia kuliner, jadi tidak bisa diragukan lagi akan prospek kedepannya. Dengan tingkat permintaan yang tidak pernah surut, maka layaklah tanaman ini dibudidayakan untuk mencari keuntungan.

Lagi-lagi dalam mengembangkan bisnis pekebunan bawang merah di lahan yang sempit menggunakan polybag sebagai wadah pengembangbiakan. Lebih jelasnya Anda bisa mempelajarinya di sini.
Baca Juga : Mau Cepat Kaya? Tinggalkan Beberapa Pola Pikir Berikut
Akhir kata, semoga artikel singkat tentang bisnis perkebunan yang menguntungkan  dengan memanfaatkan lahan sempit ini bermanfaat untuk Anda. Salam

loading...

Rekomendasi

Komentar dengan bijak adalah sikap yang mulia. Dilarang berkomentar spam. Link hidup otomatis difilter.