Cara Ampuh Mendinginkan Suhu Rumah Walet yang Terlalu Panas

shares |

Cara Ampuh Mendinginkan Suhu Rumah Walet yang Terlalu Panas

Suhu yang tepat merupakan salah satu kunci agar walet betah tinggal di sarang yang kita siapkan. Selain itu suhu yang tepat juga bisa membuat populasi walet berkembang dengan maksimal. Lantas berapa suhu yang ideal untuk rumah atau sarang walet tersebut? 

Menurut para pakar di bidang usaha ini, suhu ideal bagi rumah walet adalah berkisar antara 27 derajat Celcius hingga 29 derajat Celcius. Karena pada kisaran itulah walet bisa nyaman dan merasa seperti di habitat aslinya.

Cara Mendinginkan Rumah Walet yang Panas

Pada dinding atau tembok luar wajib di cat

Jika kita lihat, kebanyakan gedung rumah walet tidak di lapisi cat pada bagian tembok luarnya. Mungkin karena alasan penghematan biaya, maka banyak petani walet yang enggan melapisi cat pada tempat budidaya walet tersebut.

Ya, memang hal ini tidak terlalu menjadi masalah apabila suhu asli di tempat rumah walet tersebut sudah berada pada kondisi suhu ideal. Akan tetapi, apabila kodisi suhu lingkungan di tempat walet terlalu dingin atau terlalu panas, maka penggunaan cat sangat berperan penting dalam menunjang keberhasilan usaha ini.

Penggunaan cat sebaiknya jangan sembarangan. Pemilihan warna wajib di lakukan dengan cermat di sesuaikan dengan kondisi tempatnya. Jika memang ingin menurunkan suhu atau agar suhunya lebih dingin maka pemilihan warna cerah sangat penting dilakukan.

Untuk itu sebaiknya gunakan warna cerah, semisal putih, kuning gading, dan sejenisnya. Sangat tidak dianjurkan menggunakan warna gelap, terlebih warna hitam, kecuali pada pintu masuk walet.

Warna hitam tidak disarankan karena karakteristiknya menyerap panas sehingga akan membuat suhu tembok menjadi lebih panas.

Ventilasi udara

Untuk rumah walet yang berada di daerah panas, biasanya suhu rata-rata di tempat tersebut berkisar antara 30 sampai 32 derajat Celcius. Nah cara mengatasi agar bisa turun pada posisi yang ideal yaitu dengan pembuatan ventilasi udara.

Anda bisa memasang ventilasi udara dengan berbagai metode, karena banyak sekali metode dalam pembuatan ventilasi rumah walet. Sebaiknya, pembuatan ventilasi disesuaikan dengan kondisi serta bentuk bangunan rumah walet Anda.

Penambahan paranet

Sumber : bibitbunga.com

Paranet adalah jaring yang biasa digunakan oleh petani untuk menaungi tanaman yang tidak membutuhkan paparan sinar matahari langsung.

Nah, sistem ini bisa Anda manfaatkan untuk gedung rumah walet yang terlalu panas. Cara pengaplikasiannya adalah memasang paranet tersebut pada bagian luar gedung walet yang terkena paparan sinar matahari langsung.

Biasanya panas yang berlebihan pada siang hari jam 12 ke atas, sehingga penempatan paranet bisa pada bagian barat gedung. Namun, berdasarkan pengamatan penulis, tidak sedikit pengusaha walet membungkus seluruh gedung waletnya seperti kelambu dan hanya lubang masuk burung yang dibiarkan terbuka.

Posisi atas paranet dikaitkan pada lesplang gedung agar ada ruang antara dinding gedung dengan paranet untuk memberikan sirkulasi udara. 

Menebalkan lapisan dinding atau tembok rumah walet

Cara lainnya yang ampuh untuk menurunkan suhu rumah walet adalah dengan menebalkan tembok atau dindingnya. Dengan trik ini, suhu panas yang di pancarkan sinar matahari dapat diminimalisir sehingga suhu tetap stabil.

Salah satu cara mudah yang bisa dilakukan untuk mempertebal tembok adalah dengan menyusun batu bata secara membujur. Walaupun biaya pembangunannya terbilang lebih tinggi, tetapi cara ini terbukti menguntungkan dan sudah banyak petani walet yang sukses menerapkan trik ini.


Membuat hujan buatan

Cara berikutnya yang juga banyak diterapkan para pembudidaya walet adalah dengan membuat hujan buatan. Caranya yaitu dengan memanfaatkan atau memasang sprayer yang di taruh di atap gedung/rumah walet. 

Biasanya penerapan hujan buatan ini dilakukan saat sinar matahari sedang dalam posisi terik atau pada saat tengah hari antara pukul 11 hingga pukul 1 siang. Penggunaan mesin pembuat hujan buatan ini, sebaiknya disesuaikan dengan kondisi cuaca dan juga luas gedung tempat budidaya walet tersebut. 

Apabila di tempat Anda cuacanya sangat terik dan ruangannya luas, maka sebaiknya gunakan mesin pembuat hujan yang besar agar bisa mencapai suhu yang di inginkan.

Lapisi ruangan pada rumah walet dengan styrofoam

Penggunaan styrofoam juga banyak dilakukan pembudidaya walet untuk mengupayakan agar suhu ruangan menjadi terjaga atau ideal untuk walet. Biasanya styrofoam yang di gunakan untuk melapisi ruangan memiliki ketebalan 2 cm atau di atasnya.

Buat yang belum tahu, styrofoam yang dimaksud di sini adalah yang sudah dalam bentuk lembaran. Biasanya lebar maupun panjang ukurannya hampir sama dengan triplek. Untuk mendapatkan styrofoam jenis ini Anda bisa dengan mudah mencarinya di toko-toko bangunan. 


Dengan memanfaatkan styrofoam ini, tembok jadi lebih terlindungi dari panas luar. Walaupun tembok sudah dicat dengan warna yang terang, penggunaan styrofoam ini juga tetap penting, karena seiring berjalannya waktu, cat lama kelamaan akan luntur. Nah salah satu fungsi dari penggunaan lapisan styrofoam ini untuk mengantisipasi kelemahan dari cat tersebut.
Baca Juga : Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Membuat Rumah Burung Walet
Itulah berbagai metode yang sebaiknya dilakukan apabila suhu ruangan pada rumah walet Anda melebihi suhu yang dianjurkan. Walaupun penerapan metode di atas membuat biaya bertambah banyak, tapi akan sepadan dengan hasil yang diperoleh dikemudian hari. Selamat mencoba.
loading...
 GROSIR PULSA MURAH ALL OPERATOR

Rekomendasi

Komentar dengan bijak adalah sikap yang mulia. Dilarang berkomentar spam

loading...