>

$show=post

Kunci Sukses Berbisnis : 3 Cara Berkomunikasi yang Baik dengan Konsumen

SHARE:

Kunci Sukses Berbisnis : 3 Cara Berkomunikasi yang Baik dengan Konsumen

Target utama dari suatu bisnis adalah mendapatkan laba, dimana laba bersumber dari konsumen dari usaha yang kita jalankan. Memperoleh konsumen salah satu bagian yang mungkin tidak terlalu sulit bagi sebagian kalangan, namun hampir semua pebisnis mendapatkan masalah jika menyangkut dengan mempertahankan konsumen tetap loyal.

Konsumen bisa bersumber dari berbagai cara dengan teknik promosi, mulai dari cara sederhana dengan memasang spanduk sampai dengan cara berpormosi melalui media online, radio ataupun TV.

Setelah memperkenalkan bisnis Anda melalu macam promosi, maka hal tersebut akan sia-sia jika Anda tidak mampu mempertahankan konsumen tersebut tetap menjadi pelanggan Anda.

Maka dari itu, kami mencoba memberikan beberapa titik penekanan cara berkomunikasi yang baik dengan konsumen, bukan hanya senyum, bukan hanya rama atau mungkin memberikan harga yang jauh di bawah standart pasar. Silahkan disimak.

Cara Berkomunikasi yang Baik dengan Pelanggan Sebagai Kunci Sukses dalam Menjalankan Bisnis

1. Konsumen bukan orang lain

Ketika menganggap konsumen sebagai orang lain, maka secara tidak sadar Anda akan memperlakukan konsumen sebagai sapi perah, hanya menginginkan uang mereka demi kepentingan Anda semata.

Beberapa pengalaman penulis berhasil mengkonversi komunikasi dengan baik menjadi sebuah penjualan. Padahal, sebelumnya calon konsumen hanya datang untuk bertanya-tanya.

Dengan memposisikan konsumen sebagai sahabat, maka bahasa akan mengalir dengan sendirinya. Rasa cape, rasa suntuk atau rasa ingin membohongi tentang kualitas produk yang kita jual akan sirna dengan sendirinya.


2. Konsumen yang mengenal kita akan menjadi konsumen yang loyal

Beberapa konsumen biasanya membuka suatu percakapan dengan basa basi, mulai dari masalah perekonomian mereka sampai menanyakan tentang usaha Anda. Jika Anda menemukan konsumen seperti ini, jangan langsung memperlihatkan muka masam.
Baca Juga : Mau Cepat Kaya? Tinggalkan Beberapa Pola Pikir Berikut
Cobalah memperkenalkan diri sepanjang hal tersebut tidak mengganggu urusan pribadi Anda. Dengan demikian, mereka akan mengenal Anda lebih dekat dan harapannya mendapat teman baru yang kemudian akan menjadi pelanggan setia Anda.

Terkadang ada juga konsumen yang memberikan masukan soal barang yang mereka perlukan. Namun, beberapa di antara mereka memberikan masukan setiap berbelanja dan ini pastinya lama kelamaan akan menjengkelkan.

Cenderung orang yang seperti ini tidak paham soal bisnis, jadi apa yang mereka ucapkan hanya berdasarkan keinginannya. Sebagai seorang pebisnis, tentunya Anda lebih mengerti soal keuangan usaha Anda, bagaimana perputaran uang dan barang yang terjadi dalam satu waktu.

Jadi kalau masukan tersebut tidak dapat diterapkan karena beberapa hal misalnya akan terjadi penumpukan barang dan sebagainya jangan dieksekusi. Lakukan hal yang menurut Anda bisa menguntungkan tanpa mengorbankan modal yang seharusnya bisa diputar menjadi modal yang tidak berguna karena barang tidak laku. 


3. Kejujuran sangat penting

Jangan sekali-kali membohongi konsumen hanya untuk menjual suatu produk yang kurang laris. Jika produk tersebut memiliki kualitas yang buruk, maka katakan buruk namun paparkan kelebihannya misalnya harga lebih murah dan sebagainya. 

Bukalah percakapan yang positif, misalnya produk A harga lebih murah namun kualitas tidak sebaik dengan produk B. Dengan demikian, Anda bisa memberikan nilai positif dari produk tersebut tanpa berbohong.

Produk yang kurang laris atau sudah lama menumpuk di toko Anda bukannya tidak bermanfaat, Anda bisa menjadikan sebagai perbandingan dengan produk lainnya sehingga produk yang lain bisa lebih laris.
Baca Juga : 4 Kendala Bisnis Online yang Wajib Anda Ketahui
Coba saja Anda menjual suatu barang tanpa ada perbandingan, maka penulis pastikan keberhasilan dalam menjual produk tersebut akan menurun. Logikanya, jika seseorang dihadapkan pada suatu perbandingan, secara naluri mereka akan terdorong untuk membeli produk yang kita tawarkan. Mereka tidak lagi berpindah ke toko lain untuk menemukan perbandingan produk yang pastinya akan menurunkan tingkat keberhasilan penjualan.

Itu merupakan salah satu teknik closing yang ampuh menurut pengalaman penulis.

Sebagai penutup, konsumen adalah raja tapi bukan raja dzolim. Jadi, jika Anda menemukan konsumen yang sudah melewati batas kewajaran silahkan mengambil sikap yang tegas. Semoga artikel cara berkomunikasi yang baik dengan konsumen di atas bisa menjadi kunci sukses berbisnis. Salam




COMMENTS

BLOGGER
Name

ASURANSI,5,BISNIS KULINER,9,BISNIS ONLINE,13,BISNIS SAMPINGAN,15,BISNIS WARALABA,11,BITCOIN,3,BLOGGING,9,FOREX,8,GADGET & APLIKASI,3,INVESTASI,11,INVESTASI EMAS,2,INVESTASI SAHAM,4,KEUANGAN,8,KISAH INSPIRATIF,8,PELUANG BISNIS PERKEBUNAN,12,PELUANG BISNIS PETERNAKAN,19,PELUANG USAHA,94,PELUANG USAHA BAGI PEMULA,8,PELUANG USAHA MAHASISWA,4,PELUANG USAHA PERTOKOAN,6,PELUANG USAHA PROPERTI,11,PERIZINAN,6,REVIEW PRODUK,3,SEO,5,SPONSORED,3,TIPS BISNIS,76,TOKOH,3,TUTORIAL,3,WALET,9,
ltr
item
anakdagang.com: Kunci Sukses Berbisnis : 3 Cara Berkomunikasi yang Baik dengan Konsumen
Kunci Sukses Berbisnis : 3 Cara Berkomunikasi yang Baik dengan Konsumen
Maka dari itu, kami mencoba memberikan beberapa titik penekanan cara berkomunikasi yang baik dengan konsumen, bukan hanya senyum, bukan hanya rama atau mungkin memberikan harga yang jauh di bawah standart pasar.
https://2.bp.blogspot.com/-DspORRAvpAM/WIyldF-HgoI/AAAAAAAACm4/VNxqwPDk6A4Pq_JdaJ0osZGW2j249KvAQCLcB/s640/Kunci%2BSukses%2BBerbisnis%2B%2B3%2BCara%2BBerkomunikasi%2Byang%2BBaik%2Bdengan%2BKonsumen.jpg
https://2.bp.blogspot.com/-DspORRAvpAM/WIyldF-HgoI/AAAAAAAACm4/VNxqwPDk6A4Pq_JdaJ0osZGW2j249KvAQCLcB/s72-c/Kunci%2BSukses%2BBerbisnis%2B%2B3%2BCara%2BBerkomunikasi%2Byang%2BBaik%2Bdengan%2BKonsumen.jpg
anakdagang.com
http://www.anakdagang.com/2017/01/cara-berkomunikasi-yang-baik-dengan-konsumen-kunci-sukses-berbisnis.html
http://www.anakdagang.com/
http://www.anakdagang.com/
http://www.anakdagang.com/2017/01/cara-berkomunikasi-yang-baik-dengan-konsumen-kunci-sukses-berbisnis.html
true
8897343119264651685
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy