5 Tips Jitu Agar Walet Cepat Menginap di Rumah yang Kita Sediakan

shares |


5 Tips Jitu Agar Walet Cepat Menginap di Rumah yang Kita Sediakan 
Sumber : http://www.borednation.com


Kebanyakan orang pastinya ingin rumahnya bisa ditempati burung walet, tapi sayangnya hal itu tidak mudah dilakukan. Bahkan untuk rumah yang memang didesain khusus agar di tempati walet pun, tidak serta merta burung ini mau menempatinya. Perlu beberapa tips dan trik agar walet cepat menginap di rumah yang kita sediakan. Nah, untuk lebih jelasnya silahkan simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

A. Gunakan Teknik Aromatik Agar Walet Cepat Menginap

Teknik aromatik yaitu cara memancing burung walet dengan menebarkan aroma walet di sekitar rumah buatan supaya walet mau menempati rumah tersebut. Aroma walet dapat merangsang penciuman burung walet untuk masuk ke dalam rumahnya. Dengan aroma walet, burung walet akan mengira kalau rumah atau gedung tersebut juga dihuni oleh burung walet lainnya.  Selain itu, aroma walet berfungsi untuk membuat walet merasa nyaman dan mengurangi rasa takut terhadap hewan predator. 

Aroma walet dapat disemprotkan pada dinding-dinding dan lantai atau nesting plank. Untuk mengetahui reaksi walet yang akan masuk ke rumah yaitu apabila aroma walet disemprotkan pada dinding, walet akan menyambar dinding dengan ganas. Sedangkan aroma walet yang disemprotkan atau dioleskan pada nesting plank, dapat dilihat dari reaksi burung walet ketika mendekati nesting plank tersebut.

Cara membuat aroma walet

  • Membuat aroma walet dari kotorannya
Cara membuat aroma walet yaitu dengan kotoran yang dihasilkannya. Berikut ini cara membuat aroma walet:
  1. 10 kg kotoran walet dicampur dengan 5 liter air sampai rata 
  2. Endapkan larutan tersebut selama 5 hari. Setelah itu, saring  endapan tersebut untuk memisahkan antara bahan dengan cairan yang dihasilkan. 
  3. Cairan yang dihasilkan dicampur dengan minyak ikan dengan perbandingan sebanyak 3:1, lalu aduk sampai rata. 
  4. Semprotkan cairan yang sudah jadi ke seluruh dinding dan tembok rumah walet. Penyemprotan dapat dilakukan seminggu sekali.
Meskipun aroma walet dapat menarik walet untuk hinggap di rumah, tetapi jangan menggunakannya secara berlebihan. Karena, kotoran walet dapat menimbulkan asam belerang, gas amonia dan karbondioksida yang dapat membuat rumah walet menjadi tercemar sehingga rumah walet menjadi tidak sehat.

  • Membuat jus sarang walet
Selain kotoran walet, aroma walet juga dapat dihasilkan dengan cara membuat jus sarang burung walet yaitu dari air hasil rendaman sarang walet. Sarang walet yang direndam adalah sarang yang tidak baik kualitasnya. Kualitas sarang walet yang tidak baik biasanya bewarna coklat, sarang-sarang yang telat panen dan sarang yang mulai membusuk serta bentuknya tidak sempurna.

Cara membuat jus sarang walet supaya walet mau menempati rumahnya:

  1. Rendam sarang-sarang walet yang kualitasnya tidak baik di dalam air bersih selama satu jam. 
  2. Blender sarang yang sudah direndam sampai halus. 
  3. Oleskan jus sarang walet menggunakan kuas ke nesting plank. Jus sarang walet ini diaplikasikan di bagian rumah yang tidak mendapatkan paparan sinar matahari langsung supaya bau aroma walet dapat bertahan lama. Ramuan jus walet akan memudahkan burung walet melekatkan liurnya. Terutama untuk walet muda yang baru pertama kali membuat sarang.  Jadi, jus sarang walet mempermudah dalam membangun sarangnya.

    • Ampas sarang walet
    Ampas sarang walet yaitu aroma walet yang dibuat dari ampas sarang yang telah diendapkan sebelumnya. Aroma dari ampas sarang walet sangat efektif digunakan saat musim kawin. Karena saat musim kawin, walet-walet akan mencari tempat yang sebelumnya pernah dihuni oleh walet lain. Sebab, tempat yang pernah dihuni oleh walet lain akan membuat walet merasa aman dan nyawan ketika kawin.


    Cara membuat aroma walet dari ampas sarang walet:

    1. Siapkan air cucian sarang walet dengan menambahkan 5 liter air bersih. Tuangkan ke dalam drum. 
    2. Sebanyak 200 gram ampas sarang walet diblender sampai halus. Kemudian campurkan ampas ke dalam drum yang berisi air cucian sarang. Endapkan cairan tersebut selama 4 minggu sampai menghasilkan bau bacin yang menyengat. Setelah itu aplikasikan pada rumah walet dengan menyemprotnya ke dinding dan nesting plank.

    Biasanya, harga ampas per kilo yang banyak mengandung bulu sekitar Rp. 150.000,- sampai Rp. 300.000,- sedangkan ampas yang sedikit mengandung bulu harganya Rp. 400.000,- sampai Rp. 750.000,-

    B. Menggunakan Telur Bebek

    Untuk membuat walet mau menempati rumahnya, dapat menggunakan telur bebek. Caranya cukup mudah yaitu putih telur bebek dicampur dengan air secukupnya dan diberikan sedikit sarang walet lalu diblender. Kemudian semprotkan cairan tersebut ke nesting plank (jangan sampai bermalam). Jumlah telur bebek yang digunakan sesuai dengan luas bangunan rumah walet. 

    • Perangsang ruangan
    Siapkan telur bebek 7 butir untuk diambil putihnya, sarang walet 4 buah kemudian semua bahan dicampur dengan air kira-kira 60 liter. Endapkan bahan tersebut pada tempat tertutup kurang lebih selama 2 minggu.

    Lakukan penyemprotan pada dinding rumah walet. Usahakan jangan mengenai sirip karena bau yang dihasilkan cukup menyengat, agar lebih aman beri jarak kira-kira 1/2 meter dari sirip. Waktu penyemprotan diatas jam 10 pagi dengan syarat cuaca di luar ruangan sedang trik.
    Baca Juga : 4 Tips Sederhana untuk Membangun Bisnis yang Sehat

    C. Penambahan Besek untuk Menarik Walet Muda

    Walet muda biasanya menyukai tempat yang mudah dihinggapi, sehingga rata-rata walet tersebut akan menginap dan membuat sarang di area sudut nesting plank (sirip). Maka dari itu, para pengusaha walet membuat sirip melintang yang mudah dilepas ketika perkembangan walet sudah meningkat.

    Salah satu tujuan dari pelepasan sirip tersebut agar kedepannya dapat memperoleh sarang yang berkualitas (sarang dengan lengkungan yang sempurna).

    Adapun cara yang saat ini sedang ngetrend adalah pemasangan besek yang telah terbukti sangat ampuh membuat walet cepat menginap. Besek yang sering digunakan ada 2 macam, besek dengan panjang 1 meter atau lebih dan besek persegi dengan ukuran bervariasi.

    5 Tips Jitu Agar Walet Cepat Menginap di Rumah yang Kita Sediakan besek
    Sumber : tokopedia.com
     

    5 Tips Jitu Agar Walet Cepat Menginap di Rumah yang Kita Sediakan besek
    Sumber : tokopedia.com

    Besek memanjang dipasang sebagai pelapis sirip dan besek persegi dipasang di langit-langit rumah walet.

    Untuk jenis besek ini, usahakan membeli besek yang sudah dioven dan telah memiliki aroma walet sehingga kerugian karena besek yang berjamur dapat dihindari. Memang agak mahal, tapi tentunya lebih menguntungkan untuk dipergunakan dalam jangka panjang.

    Banyak yang menjualnya di tokopedia, tapi penulis kurang tahu apakah sudah dioven atau tidak. Sebagai rekomendasi, penulis cuma menemukan besek yang sudah dioven dan memiliki aroma di sini. 

    D. Penggunaan Suara Panggil yang Tepat

    Jika Anda membangun gedung berdekatan dengan gedung lain (sudah memiliki populasi walet yang lumayan), ada yang menyarankan menggunakan suara panggil yang memperdengarkan banyak suara piyek (anak walet).

    Hal ini bertujuan untuk menarik walet muda masuk menginap dan bersarang di gedung rumah walet Anda. Penulis juga belum tahu apakah ini berhasil atau tidak, tapi yang jelas masuk akal juga dan bisa dicoba.

    Strateginya adalah menggunakan jenis suara tersebut selama minimal 3 bulan, dan lihat perkembangannya. Kalau memang mengalami peningkatan, artinya bisa dilanjutkan. Kalau tidak ada perubahan, tentunya Anda tahu apa yang harus Anda lakukan. 

    E. Pemberian Pakan Tambahan

    Rumah burung yang baru dibangun biasanya mengincar walet muda, sehingga untuk memikat walet tersebut salah satu caranya adalah menyediakan pakan.

    Peletakan pakan tersebut tergantung dari jenis yang digunakan, namun rata-rata meletakkannya dalam gedung asalkan bisa menjamin pakan yang disediakan tidak mengundang predator walet.

    Pada intinya, jenis pakan walet adalah serangga kecil sehingga kebanyakan peternak menggunakan buah yang dibiarkan membusuk sampai serangga berdatangan. Jenis buah yang biasa diaplikasikan oleh peternak seperti pepaya, nanas, singkong (dapat mengundang tikus), jagung dan masih banyak yang lainnya.

    Bisa juga menggunakan dedak yang dicampur dengan menir dan dibasahi sedikit kemudian diletakkan dalam rumah walet. Setelah beberapa hari, akan keluar kutu sebagai santapan walet.

    Jika Anda tidak mau repot, Anda bisa menggunakan pakan jadi yang banyak dijual di toko walet, baik yang offline maupun toko yang berbasis online. Namun, hal ini tentunya mengeluarkan biaya yang lumayan besar.

    Cara lainnya bisa menggunakan tahu mentah yang digosok pada permukaan dinding rumah walet bagian dalam. Tahu tersebut akan mengundang serangga kecil yang sangat disukai oleh walet muda.

    Adapun cara membuat pakan walet sederhana yang tidak mengeluarkan biaya yang banyak sebagai berikut :
    1. Siapkan pakan ayam sebanyak 2 kg.
    2. Susu manis 1 kaleng, bisa menggunakan merek apa saja.
    3. Ragi yang biasa digunakan membuat tape 6 biji.
    4. Siapkan air hangat, gunakan air sumur yang bebas dari bahan kimia (bukan air PDAM).
    5. Semua bahan tersebut diaduk merata kemudian ditambahkan air seperti cara membuat adonan kue.
    6. Silahkan tempatkan di dalam gedung walet Anda.
    7. Pakan tersebut bisa tahan 2 sampai 3 bulan, tergantung dari suhu dan kelembaban rumah walet Anda.     
    Baca Juga :
    Cara Memanen dan Memasarkan Sarang Burung Walet
    Tips Membangun Gedung Walet Sederhana Hemat Biaya
    Fatwa MUI Tentang Sarang Burung Walet   
    Nah, itulah beberapa cara agar walet cepat menginap di rumahnya. Semoga bermanfaat. Salam


    loading...
     GROSIR PULSA MURAH ALL OPERATOR

    Rekomendasi

    Komentar dengan bijak adalah sikap yang mulia. Dilarang berkomentar spam

    loading...