Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Membuat Rumah Burung Walet

shares |

Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Membuat Rumah Burung Walet 
Sumber : http://riaumandiri.co

Bisnis sarang walet adalah salah satu usaha yang digandrungi banyak orang karena menjanjikan penghasilan yang cukup besar. Selain itu, membudidayakan burung walet juga tidak terlalu susah seperti hewan-hewan ternak pada umumnya yang membutuhkan makanan dan nutrisi khusus. Untuk membudidayakan burung walet, Anda hanya perlu memperhatikan ruang dan suhu rumah burung walet tersebut.

Walau terkesan mudah, tetap harus memperhatikan banyak aspek agar walet betah dan berkembang biak dengan baik sesuai dengan harapan. Jadi, aspek apa saja yang harus diperhatikan sebelum membuat rumah burung walet? Berikut penjelasan lengkapnya.



Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Membangun Rumah Burung Walet

1. Lokasi

Hal pertama adalah lokasi yang tepat. Pastikan lokasi yang akan ditempati untuk membangun rumah walet terdapat populasi walet. Banyak cara untuk mengetahui soal ada atau tidaknya populasi walet di suatu daerah, salah satu caranya adalah memancing atau membunyikan suara walet menggunakan twitter panggil.

Tapi jika di daerah Anda sudah terdapat bangunan walet yang sudah berisi, artinya sudah pasti lokasi yang Anda bidik sudah tepat.


2. Suhu rumah sarang walet

Seperti yang telah dijelaskan di atas, hal yang paling penting dalam budidaya burung walet adalah suhu ruangan. Idealnya, suhu yang dibutuhkan burung walet untuk bisa hidup normal adalah 27-29 derajat celcius. Suhu inilah yang terdapat di gua-gua (goa) tempat walet hidup di habitat aslinya.

Suhu yang terlalu rendah (di bawah 27 derajat celcius) bisa menyebabkan burung walet kedinginan dan bisa jatuh sakit. Akibatnya, burung tidak bisa memproduksi air liur dengan optimal, tidak bisa berkembang biak, atau bahkan bisa mati.


Begitu pula sebaliknya, jika suhu ruang terlalu tinggi (30-32 derajat celsius) dapat berakibat buruk bagi burung walet. Air liur yang dihasilkan bisa cepat mengering dan kualitasnya buruk (cepat retak, keropos atau hancur). Selain itu jika ada walet yang bertelur, kualitas telurnya juga rendah dan potensi menetasnya semakin kecil.


Kemungkinan terburuk jika suhu terlalu panas adalah burung walet merasa tidak betah dan pada akhirnya terbang menjauh meninggalkan rumah yang Anda sediakan.
 

Lain halnya jika Anda mampu mengendalikan suhu dengan baik. Walet akan senang tinggal di rumah yang Anda sediakan dan segala yang dihasilkannya berkualitas jempolan baik itu air liur maupun telurnya. Selain itu populasi burung walet yang tinggal akan semakin banyak.


3. Cat tembok luar

Untuk menciptakan suhu ruangan yang stabil (sesuai habitat walet), Anda juga harus memperhatikan cat tembok yang digunakan pada bagian luar dari rumah burung walet. Jika di daerah Anda suhunya terlalu panas (di atas 30 derajat celcius) disarankan untuk tidak mengecat menggunakan warna hitam yang dapat menyerap panas berlebih. Sebaliknya, jika daerah Anda berhawa dingin, dianjurkan untuk mengecat tembok luar dengan warna hitam agar suhunya hangat.


4. Ventilasi udara

tata ruang gedung walet
Sumber : youtube.com

Sama halnya dengan cat tembok, pemasangan ventilasi udara adalah hal yang penting untuk mengatur suhu di dalam ruangan. Untuk gedung yang berada di dataran rendah, sebaiknya ventilasi diperbanyak. Pada umumnya jarak ventilasi jika menggunakan pipa pvc beridameter 3 atau 4 in adalah 1 meter. Sebaliknya, jika lokasi Anda berada di dataran tinggi, aplikasi ventilasi bisa berjarak 4 meter agar suhunya tidak terlalu dingin.

Penggunaan ventilasi perlu menjadi perhatian jika tinggi lantai rumah walet cukup tinggi, berkisar 4 meter per lantai maka ventilasi bisa dipasang pada 2 tempat yaitu pada bagian atas (sekitar 1 meter dari sirip), dan pada bagian bawah (sekitar 1 meter dari lantai).

Pemasangan knie atau elbow pun juga berbeda, yaitu pada dataran rendah knie dipasang di dalam gedung sementara pada dataran tinggi diposisikan di luar gedung. Hal ini bertujuan agar cahaya dan hembusan angin yang masuk ke dalam gedung tidak berlebihan.

5. Kelembaban ruangan

Perlu diperhatikan kelembaban ruangan pada gedung walet karena sangat berpengaruh pada kualitas sarang yang dihasilkan kedepannya. Banyak cara dalam mengatasi lah ini, misalnya membuat kolam dalam gedung, pemberian pengabut dan masih banyak cara yang lain.

Tingkat kelembaban yang tepat pada gedung walet berada pada kisaran antara 80 sampai 90%.
 

6. Dinding dan tata ruang

Dalam membudidayakan burung walet, sebaiknya cor tebal bagian dinding agar panas tidak terlalu cepat menyerap ke dalam ruangan. Selain itu, Anda juga bisa membangun dinding dengan menyusun bata merah dengan posisi membujur yang memiliki ketebalan 25-30 cm.

Untuk menekan biaya, dinding dengan plasteran semen tipis pun bisa digunakan dengan syarat tambahan styrofoam 5 atau 2 cm pada bagian dalam gedung. Hal ini terbukti sangat efektif untuk menstabilkan suhu di dalam rumah walet.

Selain itu, ada cara lain untuk mengatasi panas yang masuk dari dinding gedung yaitu memasang aluminium foil pada bagian luar gedung, sehingga biaya untuk cat dan styrofoam bisa dihilangkan. Sinar matahari yang bisa diblok oleh aluminium foil sangat besar hingga 97%.

Terdapat juga cara sederhana untuk diaplikasikan pada gedung yang hanya menggunakan kalsiboard atau nusaboard sebagai dinding yaitu dengan menggunakan atap daun yang disusun di bagian dalam gedung (tanpa menggunakan styrofoam lagi). Cara ini sudah terbukti berhasil dilakukan oleh salah satu peternak yang berada di daerah Penajam, Kalimantan Timur.

7. Hujan buatan

Suhu udara di dalam ruangan memang cukup sulit diatur dan distabilkan. Apalagi saat kemarau dan matahari bersinar sangat terik. Nah, untuk menyiasati hal ini, Anda bisa menciptakan hujan buatan di dalam rumah sarang walet.

Caranya pasang water sprayer di dalam ruangan yang telah dihubungkan dengan pipa. Saat udara mulai panas, semprotkan air agar suhu di dalam ruangan kembali turun.

Cara manual tersebut masih menyulitkan, karena pengontrolan suhu dan kelembaban harus di cek berkali-kali yang artinya Anda harus masuk dalam gedung yang bisa menyebabkan walet terganggu. Maka dari itu, sebaiknya penggunaan water sprayer atau pengembun air dengan sistem automatis.
Baca Juga :
6 Cara Jitu Mengatasi Hama Pengganggu Walet
Tips Membangun Gedung Walet Sederhana Hemat Biaya
Cara Ampuh Mendinginkan Suhu Rumah Walet yang Terlalu Panas
Alat tersebut sudah banyak beredar di pasaran dengan harga berkisar 2,5 juta per unit dan cara pemasangannya pun sangat mudah, bahkan orang yang tidak mengerti soal kelistrikan pasti bisa menggunakannya.

8. Ukuran ruang

Ukuran ruang bisa sangat mempengaruhi suhu di dalamnya. Untuk itu, bagi Anda yang daerahnya memiliki hawa dingin, sebaiknya desain ruang maksimal 4 x 4 m. Sebaliknya jika daerah Anda berhawa panas, desainlah ruangan Anda minimal 4 x 8 m.
 

Nah itulah beberapa hal yang harus diperhatikan dalam mempersiapkan pembuatan rumah burung walet. Selamat mencoba dan semoga sukses.
loading...

Rekomendasi

Komentar dengan bijak adalah sikap yang mulia. Dilarang berkomentar spam

loading...