9 Langkah Praktis Cara Membuka Usaha Travel Modal Kecil

shares |

9 Langkah Praktis Cara Membuka Usaha Travel Modal Kecil

Banyak hal yang bisa kita lakukan untuk memperoleh uang, salah satunya adalah membuka usaha travel, Anda bisa menjalankan usaha tersebut dengan modal yang sangat kecil. Yang perlu menjadi perhatian dalam bisnis ini yaitu keseriusan dalam mencari celah diawal membangun usaha.

Usaha yang akan kami jelaskan adalah jenis agen travel khusus untuk tempat wisata. Jadi sebelum Anda membaca langkah menjalankan usaha ini seharusnya Anda sudah mengetahui beberapa tempat wisata yang populer atau sebuah obyek wisata yang berpeluang menjadi populer yang berada di wilayah Anda.

Silahkan disimak ya gan,


Langkah Membuka Usaha Travel Modal Kecil Secara Mandiri

1. Pemetaan lokasi wisata

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah melakukan pemetaan lokasi wisata di daerah Anda misalnya, wisata alam, wisata kuliner, wisata cagar budaya, wisata shoping dan sebagainya.


2. Dokumentasikan secara jelas dan terperinci

Setelah mengetahui semua jenis wisata yang ada di kota Anda, selanjutnya langkah yang harus dikerjakan adalah melakukan dokumentasi soal rute, trasportasi, penginapan, pusat oleh-oleh dan sebagainya.

Anda harus mempersiapkan dengan jeli soal hal tersebut untuk semua jenis wisata yang Anda targetkan.

3. Membuat brand usaha travel sendiri

Selanjutnya adalah mempersiapkan brand yang akan menjadi identitas usaha Anda. Desain dan cetak kartu nama yang profesional untuk memperlihatkan bahwa Anda adalah calon pengusaha yang serius dan memiliki strategi bisnis yang jitu untuk melakukan trobosan dalam dunia bisnis travel.

Untuk mendesain kartu nama yang baik dan profesional tidak begitu sulit, cukup Anda membuka google.co.id kemudian ketik kata kunci desain kartu nama gratis, maka Anda akan menemukan puluhan bahkan ratusan website yang memberikan layanan secara gratis untuk digunakan.

Setelah desain siap, belilah art paper beberapa lembar dan segera cetak. Jadi sekarang Anda memiliki kartu nama keren sebagai langkah awal membangun image.

4. Negosiasi

Saatnya melakukan negosiasi dengan beberapa pengusaha yang berhubungan dengan usaha travel wisata Anda seperti, rental mobil, wahana wisata, rumah makan, pengelolah hotel/penginapan, parkir dan sebagainya. Cari tahu harga dan lakukan negosiasi, bagaimana sistem reservasi penginapan/hotel, rental kendaraan dan semua yang seharusnya bisa mendapatkan harga discon.

Dalam bisnis travel, memperoleh diskon dari parter bisnis adalah keharusan, karena disitulah letak keuntungan yang Anda peroleh kedepannya. Lebih baik mendapat diskon dari pada Anda menaikkan harga yang telah diketahui oleh publik. Contohnya, jangan sampai pelanggan Anda membayar sewa kendaraan Rp 500.000,- sementara harga pasaran hanya berada pada kisaran Rp 350.000,-. Hal tersebut akan menjatuhkan brand Anda di mata konsumen.

Sebagai dasar untuk besaran diskon yang bisa menjadi acuan tawar menawar harga dengan pengelola wisata  berada pada kisaran 30-40%.

5. Perkenalkan usaha Anda dengan kerabat

Nah, setelah 4 poin di atas siap maka saatnya memperkenalkan usaha yang sedang Anda jalankan kepada keluarga, teman atau tetangga. Ajak mereka berlibur ke lokasi target pasar usaha Anda, dukumentasiakan semua yang Anda lakukan dengan menggunakan kamera terbaik.

Tujuan dokumentasi tersebut sebagai sarana promosi pada khalayak, agar calon pengguna jasa Anda percaya bahwa usaha Anda adalah usaha travel yang profesional dan memiliki pelanggan yang ramai. Usahakan dalam beberapa dokumentasi tersebut terdapat wajah Anda sebagai pemilik travel agen.

Untuk langkah pertama ini, tidak usah mengambil untung karena yang Anda butuhkan adalah support dari para kerabat

6. Promosi wisata

Setelah berjalan lancar dengan kerabat sebagai uji coba usaha travel mandiri Anda, saatnya melakukan promosi melalui media sosial seperti Facebook, Twitter, Instagram, BBM, blog dan sebagainya.

Mintalah kerabat untuk memberikan testimoni pada tempat promosi Anda dengan harapan kepercayaan akan timbul pada calon pengguna jasa travel yang Anda kelola.

7. Paket wisata

Rencanakan paket wisata terbaik, sehingga semua kalangan bisa menikmatinya. Misalnya untuk paket A dengan tujuan wisata a, b, c dan d harga Rp 1.000.000,-, untuk paket B dengan tujuan wisata e, f, g dan h seharga Rp1.250.000,- dan berbagai macam paket lainnya.

8. Service terbaik

Jamu dan berikan layanan terbaik pada pelanggan Anda, jangan lupa dokumentasikan semua aktifitas mereka dan mintalah testimoni pada mereka. Sebaiknya rekam testimoni terbaik dan upload di tempat promosi online Anda.

Minta maaflah jika terjadi kesalahan atau kekeliruan selama mengalami perjalanan bersama travel Anda. 

9. Rekrut karyawan

Bila tamu wisata sudah meningkat dan Anda tidak mampu lagi menghandel, maka saatnya Anda merekrut karyawan. Latih calon karyawan Anda dengan terjun langsung bersama Anda dalam menangani pelanggan.

Setelah mereka siap, barulah melepas mereka untuk bekerja secara mandiri. Kedepannya, pilihlah karyawan terbaik untuk menjadi tangan kanan Anda dalam membantu mengelolah usaha.

Tujuan memiliki orang kepercayaan agar Anda bisa fokus membangun dan mengembangkan travel agen Anda menjadi lebih besar dan meluas soal target kunjungan rute wisata dan sebagainya.
Baca Juga : Beberapa Jenis Kandang Ayam yang Sering Digunakan Oleh Peternak
itulah tips singkat cara membuka usaha travel modal kecil. Jika Anda menjalankan langkah-langkah di atas, yakin dan percaya usaha Anda akan berkembang dan memperoleh kesuksesan dengan cepat. Semoga bermanfaat
loading...
 GROSIR PULSA MURAH ALL OPERATOR

Rekomendasi

Komentar dengan bijak adalah sikap yang mulia. Dilarang berkomentar spam

loading...