Harus Anda Ketahui : 9 Kiat Wirausaha Sukses Konglomerat

shares |

Harus Anda Ketahui 9 Kiat Wirausaha Sukses Konglomerat

Mengetahui kiat wirausaha sukses dari mereka yang telah memperoleh rupiah harus menjadi perhatian jika ingin berhasil seperti mereka. Anda harus tahu bahwa mereka bersedia melakukan segala macam upaya untuk mencapai posisi saat ini, termasuk mengorbankan waktu bersama keluarga, kesehatan dan sebagainya.

Jadi, mulai sekarang jangan pernah berfikir untuk mencapai kesuksesan dalam dunia bisnis dalam waktu yang singkat. Perlu berbagai macam cara dan strategi untuk bisa berhasil.

Selain dari berbagai macam pengorbanan yang harus dilakukan, ada hal yang lebih penting untuk mencapai tujuan tersebut, apakah itu?

Sifat dan prinsip pengusaha harus Anda miliki. Sifat dan prinsip tersebut merupakan hal yang harus dipegang teguh, harus selalu menjadi karakter Anda sebagai calon pengusaha sukses.

Coba kita mengibaratkan suatu alat perkebunan seperti parang, parang setajam dan sebaik apapun tidak akan berguna jika yang memegangnya adalah orang yang tidak memiliki fisik yang baik untuk berkebun. Dan tidak akan ada gunanya parang yang bagus, fisik yang kuat kalau orang yang memegangnya adalah orang yang tidak memiliki hasrat, keinginan dan semangat untuk mengolah suatu lahan kosong menjadi suatu lahan yang produktif dan menghasilkan.

Seperti itulah pebisnis, yang harus menjadi perhatian utama adalah membangun karakter sebagai seorang entrepreneur. Karakter akan menjadi kekuatan yang ampuh dalam mengolah modal yang ada, membangun usaha dari nol, mengembangkan bisnis dan sebagainya.

Berikut 9 kiat wirausaha sukses dalam menjalankan usaha :

Kiat Wirausaha Sukses Dalam Berdagang 

1. Percaya diri

Keyakinan dalam menjalankan suatu usaha harus ada dalam diri setiap pengusaha apalagi pengusaha pemula. Dengan keyakinan yang kuat, maka usaha yang dijalankan tidak setengah-setengah.

Banyak pengusaha yang telah mengalami jatuh bangun sebelum memperoleh hasil dari kerja kerasnya karena mereka selalu yakin bahwa apa yang dijalankannya, apa yang dilakukannya pasti ada kesuksesan yang menanti.


2. Berani mencoba

Kalau sudah yakin dengan usaha yang ingin Anda jalankan dan optimis terhadap produk yang akan diusung, maka Anda harus berani mencoba. Seorang entrepreneur harus siap menanggung kerugian jika apa yang dilakukan tidak sesuai dengan perencanaan.

Tanamkan dalam diri Anda bahwa kegagalan merupakan hal yang biasa dalam dunia usaha dan kegagalan merupakan awal keberhasilan. Hukum peluang dalam rumus matematikan, semakin sering Anda gagal maka peluang memperoleh keberhasilan semakin terbuka lebar.

Seorang pengusaha yang menjalankan usahanya dan langsung berhasil biasanya jika menghadapi masalah, usaha yang dijalankannya goyang maka akan sulit untuk bangkit kembali. Beda halnya dengan pengusaha yang telah mengalami kegagalan dari awal usahanya, dengan mudah membangun kekuatan untuk kembali dan melanjutkan usahanya.  

3. Berani bermimpi setinggi langit

Jangan pernah menghiraukan nasehat yang mengatakan "jangan bermimpi terlalu tinggi agar nantinya jika jatuh tidak terlalu sakit". Mungkin nasehat tersebut cocok untuk kondisi tertentu, tapi jika Anda seorang pengusaha yang sedang membangun usaha impian, hal yang wajib adalah harus bermimpi setinggi langit.

Dengan mimpi yang tinggi diharapkan akan menjadi cambuk penyemangat dalam mengarungi dunia bisnis. Dengan mimpi yang sempurna, akan membuat Anda semakin tangguh dalam menghadapi berbagai cobaan.

4. Menjadi seorang yang kreatif

Kiat wirausaha sukses berikutnya adalah mejadi seorang yang lebih kreatif. Anda harus mengasah jiwa kreatifitas jika ingin berhasil seperti mereka yang telah menyandang status pengusaha sukses.

Mengikuti usaha orang lain yang telah sukses dengan harapan akan berhasil seperti mereka tidak menjadi masalah, namun jika tidak dibarengi dengan sedikit sentuhan kreatifitas Anda maka jangan berharap memperoleh kesuksesan yang sama atau lebih baik dari mereka.

5. Melihat peluang

Belajar mencari celah sebagai peluang usaha adalah hal yang harus terus diasa, melihat apa yang di butuhkan dan apa yang diinginkan calon konsumen bisa menjadi solusi dikemudian hari jika usaha yang sedang Anda jalankan sedang mengalami kelesuan.

Melihat peluang dan mengolah menjadi sesuatu yang lebih kreatif merupakan jurus ampuh mencapai kesuksesan dalam wirausaha.

6. Malu

Mulai sekarang rasa malu harus Anda hilangkan jika ingin menjadi pengusaha sukses. Sepanjang Anda tidak mengganggu orang lain, tidak melakukan sesuatu yang melanggar hukum, tidak menjalankan usaha yang haram kenapa harus malu?

Bukankah mayoritas pengusaha sukses saat ini sebelumnya telah mengalami ujian yang cukup berat? Ketika mereka baru membangun usaha, semua dikerjakan mulai dari produksi sampai proses pemasaran dan  mereka tidak memiliki rasa malu sedikit pun. Itulah jiwa entrepreneur sejati.

7. Kejujuran

Modal yang tidak kalah pentingnya dalam berwirausaha adalah kejujuran. Jika kejujuran jauh dari diri Anda, maka jangan mengharapkan kesuksesan menghampiri.

Bagaimanapun Anda membungkus suatu kebohongan, pasti akan ketahuan. Anda bisa sedikit berbohong tentang produk Anda dan berhasil menjualnya. Namun dengan informasi yang tidak benar, maka konsumen tersebut akan berfikiran bahwa Anda telah menipunya dan tidak akan kembali ke toko Anda.

Apa yang Anda dapatkan dari berbohong?

Hanya mendapat keuntungan sesaat dan akan memotong pintu rezki Anda pada hari-hari berikutnya. Sungguh sangat merugikan bukan?

8. Berani berbeda

Berani menyajikan sesuatu yang berbeda adalah tantangan untuk Anda sebagai seorang pengusaha. Dengan perbedaan yang membawa dampak positif tentunya akan mudah diingat oleh konsumen sehingga peluang berkembangnya usaha Anda semakin terbuka lebar.   

Kalau orang lain mempromosikan produk mereka dengan memasang banner yang besar dengan harga yang tentunya lumayan mahal, Anda bisa membuat brosur yang kecil seukuran HVS yang dibagi 2 dan disebar di rumah-rumah/mall/supermarket dengan memanfaatkan jasa badut/topeng monyet dan lain-lain.

Coba bayangkan seberapa lama brosur Anda bertahan di rumah target pemasaran jika yang menerima brosur tersebut adalah anak dari pemilik rumah? Anak tersebut tidak akan membiarkan brosur yang diperoleh dari badut dibuang begitu saja walaupun mereka tidak mengerti.

Semakin lama brosur Anda berada di rumah target, maka peluang terbaca sampai berulang kali akan semakin besar. Dengan teknik pemasaran yang sederhana dan modal yang sangat minim tersebut terbukti mampu meningkatkan penjualan.

Jadi jangan takut berbeda, jangan takut melakukan perubahan sepanjang berbeda tersebut memiliki nilai lebih.

9. Selalu menepati janji

Wirausaha yang sukses adalah wirausaha yang memiliki jaringan yang luas, sehingga untuk membangun jaringan biasanya ada perjanjian, kontrak atau janji yang telah disepakati baik secara lisan maupun berbentuk surat perjanjian dan sebagainya.

Kalau Anda mampu menjaga janji, maka jaringan yang telah Anda buat tidak akan gampang runtuh dan akan memperoleh jaringan baru dengan cepat dan mudah.
Baca Juga : Cara Praktis Budidaya Tanaman Hias
Itulah 9 kiat wirausaha sukses dalam berdagang, yang harus Anda pahami adalah sangat sedikit usaha yang mampuh memberikan kekayaan dengan sangat cepat. Anda harus tahan terhadap semua masalah yang timbul dikemudian hari dan harus bisa keluar dari masalah tersebut. Semoga sukses

Rekomendasi

Komentar dengan bijak adalah sikap yang mulia. Dilarang berkomentar spam. Link hidup otomatis difilter.