5 Langkah yang Harus Dilakukan Jika Hendak Membeli Properti Rumah : Tips Membeli Properti

shares |

Tips Membeli Properti

Tips Membeli Properti - Dalam menjalankan suatu bisnis tentunya dibutuhkan suatu kecermatan, apalagi bisnis tersebut adalah bisnis properti yang membutuhkan modal besar.

Mereka yang biasa melakukan jual beli properti mungkin sudah tidak menjadi masalah, namun jika Anda masih pemula atau baru pertama kali melakukan pembelian properti ada baiknya membaca dengan seksama tahapan membeli properti yang akan kami paparkan dalam artikel ini.

Seperti yang Anda ketahui, harga properti sangat dipengaruhi berbagai hal seperti rumah hunian yang memiliki faktor tinggi rendahnya harga adalah lokasi rumah, akses jalan yang baik dan juga area rumah yang aman dari gangguan kriminal.

Untuk mempersingkat artikel ini, kita langsung membahas beberapa langkah yang harus dilakukan sebelum membeli sebuah properti.


Tips Membeli Properti Rumah Hunian Untuk Investasi


1. Mencari tahu harga pasaran

Langkah pertama adalah mencari tahu pasaran harga di mana properti incaran Anda berada. Anda bisa mencari informasi melalui internet, koran lokal atau langsung mendatangi broker properti untuk menanyakan harga pasaran di daerah properti tersebut.

Dengan mengetahui harga pasaran, maka Anda akan mudah memberikan penilaian soal harga yang ditawarkan oleh pemilik. Hal ini juga bisa menjadi patokan untuk melakukan negosiasi harga.

2. Mengamati kondisi rumah

Menjelajahi semua sudut rumah, perhatikan kondisi fisik dari bangunan apakah dindingnya retak, lembab atau kondisi plafon yang kemungkinan membutuhkan renovasi dan sebagainya.

Tujuan melakukan hal tersebut adalah sebagai senjata untuk menurunkan harga. Misalnya saja kalau kondisi plafon yang sudah mulai rapuh, atau pada plafon terdapat bekas air yang menandakan ada kebocoran pada atap tentunya dibutuhkan dana untuk melakukan renovasi.

Bisa juga menanyakan besaran daya listrik yang digunakan. Kalau besaran daya yang terpasang saat itu 1300 VA sementara daya yang Anda perlukan jika jadi membeli rumah tersebut sebesar 2200 VA, maka hal tersebut bisa dijadikan alasan untuk menurunkan harga.

Silahkan cari semua kelemahan dari rumah tersebut sebagai bahan negosiasi.

3. Meminta pendapat pihak ke tiga

Sebelum menjatuhkan pilihan membeli properti rumah incaran Anda, ada baiknya menghubungi tetangga atau ketua RT setempat. Carilah informasi mengenai rumah tersebut, siapa tahu beberapa waktu yang lalu terjadi perselisahan soal kepemilikan rumah antara pemilik rumah dengan saudara, orang lain atau pihak bank.

Bisa saja pemilik rumah menyimpan bukti kepemilikan rumah atas nama dia, namun di lain pihak ada yang memegang perjanjian jual beli antara pemilik rumah yang belum terselesaikan. Inikan menandakan rumah tersebut dalam keadaan sengketa yang akan sangat merugikan Anda.


4. Menghubungi notaris

Kehadiran notaris dalam melakukan jual beli properti harus dilakukan demi keamanan Anda. Salah satu keuntungan jika melakukan transaksi melibatkan notaris adalah jika mengajukan pinjaman pada bank yang mensyaratkan sebuah agunan dengan perjanjian jual beli yang dibuat di hadapan notaris.


5. Sistem pembayaran

Setelah semua tahap dikerjakan dengan baik dan Anda memutuskan untuk membeli rumah tersebut, maka langkah selanjutnya adalah merencanakan pembayaran. Anda ingin melakukan sistem pembayaran secara bertahap, transfer bank atau sistem tunai.

Sistem pembayaran yang akan Anda lakukan bisa juga didiskusikan dengan pihak notaris.
Baca Juga : 7 Cara Mengatasi Kekhawatiran Wanita Melepas Kariernya Demi Kebahagiaan Keluarga
Itulah beberapa tips membeli properti rumah, Anda bisa memanfaatkannya dalam memiliki rumah pribadi ataupun dalam melakukan bisnis. Semoga bermanfaat untuk Anda. Salam
loading...

Rekomendasi

Komentar dengan bijak adalah sikap yang mulia. Dilarang berkomentar spam

loading...