$show=post

Kumpulan Cara Promosi yang Baik dan Menarik Untuk Usaha Rumahan

Kumpulan Cara Promosi yang Baik dan Menarik Untuk Usaha Rumahan

Cara promosi yang baik dan menarik dalam dunia usaha adalah sesuatu yang sangat penting, karena tanpa promosi usaha akan berjalan layaknya seekor siput. Berkembang tapi membutuhkan waktu yang sangat lama.

Banyak hal yang harus dipelajari tentang teknik promosi yang benar lagi murah kalau usaha Anda ingin maju walaupun usaha tersebut masih bersifat rumahan.

Kali ini saya akan memberikan teknik pemasaran yang sangat efektif dan efisien untuk Anda yang menjalankan usaha dari rumah. Silahkan disimak baik-baik dan segera praktekkan agar Anda tahu akan dahsyatnya teknik sederhana ini.

Apakah Anda Menjual atau Memasarkan?

Sebelum kita masuk kemateri utama, tanyakan pada diri Anda apakah selama ini Anda termasuk orang yang menjalankan usaha dengan cara menjual atau memasarkan? Kalau ingin usaha yang Anda jalankan dari rumah berkembang pesat dan menjadi orang yang sukses dalam bisnis tersebut, maka Anda harus memasarkan produk, bukan menjual.

Penjelasan secara simpel mengenai 2 hal di atas : Menjual produk adalah peralihan barang dari produsen langsung ke konsumen, sementara pemasaran adalah peralihan barang dari produsen ke konsumen melalui perantara. 

Seorang petani A menjual produk hasil pertaniannya langsung ke pasar dengan cara menyewa suatu lapak di hari tertentu (hari pasar). Dia mulai berjualan dari pagi (dini hari) sampai siang kurang lebih 6 jam, hasil pertaniannya belum habis terjual sehingga petani tersebut memperpanjang waktu jualannya sampai lewat dari tengah hari barulah hasil pertaniannya habis terjual.

Sementara petani B melakukan sistem titip, semua hasil produk pertaniannya dia bawa ke pasar dan langsung dititip pada pengecer yang ada di pasar. Petani B hanya membutuhkan waktu kurang dari satu jam untuk melakukan hal tersebut kemudian pulang ke rumah kembali mengurus kebun miliknya. Setelah lewat tengah hari, barulah petani B kembali ke pasar untuk mengecek apakah produknya habis terjual. Dan ternyata semua produk yang dititipkan habis terjual, jadi kembalilah dia ke rumah dengan membawa uang dari hasil penjualan produknya.

Nah, coba Anda perhatikan bagaimana petani B menciptakan penghasilan tanpa perlu menunggu dan waktu yang tersisa bisa dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya untuk kembali mengurus kebunnya agar lebih maksimal dalam menghasilkan produk pertanian. Itulah yang dinamakan pemasaran, menghasilkan uang dengan efektif dan efisien.

Sistem pemasaran tersebutlah yang digunakan oleh para pebisnis besar, memanfaatkan orang lain untuk mempercepat proses perputaran uang. Walaupun keuntungan sedikit dari tiap produk, tapi tetap menghasilkan uang yang lebih banyak dari pada menjual produk secara mandiri langsung ke konsumen. 

Anda bisa saja berhasil dengan cara menjual langsung ke konsumen, namun perlu dana yang besar. Membuka cabang di beberapa tempat, merekrut karyawan dan sebagainya seperti yang dilakukan oleh para distributor kendaraan.

Kalau Anda sudah paham dengan sistem yang saya jabarkan di atas, saatnya Anda mempelajari teknik promosi yang murah tapi power full untuk usaha rumahan Anda. 

Cara Promosi yang Baik dan Menarik Suatu Produk

1. Manfaatkan komunitas

Komunitas adalah tempat terampuh dalam melakukan promosi seperti arisan, pengajian atau mungkin pada saat mengikuti seminar, baik seminar pelatihan wira usaha ataupun  seminar lainnya.

Sebagai contoh, jika Anda mengikuti salah satu group pengajian di daerah Anda. Buatlah sebuah brosur mengenai usaha Anda, kemudian setelah selesai pengajian bagikan pada teman-teman pengajian.

Kalau Anda memiliki keberanian berbicara di depan umum, lebih baik lagi sebelum membagikan brosur ambillah perhatian mereka dengan meminta kesempatan beberapa menit untuk berbicara dan mempresentasikan usaha yang Anda jalankan saat ini.

Saya teringat waktu mengikuti pelatihan dari salah satu entrepreneur Indonesia yang terkenal Purdi E Chandra, waktu itu setelah beberapa mentor memberikan materi ada satu mentor yang memberikan kesempatan pada peserta untuk bertanya dan berlomba-lombalah peserta menunjukkan tangannya sebagai tanda bahwa mereka memiliki pertanyaan tentang materi yang dipaparkan.
Kumpulan Cara Promosi yang Baik dan Menarik Untuk Usaha Rumahan

Tak disangka, beberapa peserta malah melakukan promosi soal usaha yang sedang dikembangkannya dengan sangat lihai dan kemudian menyebarkan brosurnya pada saat itu juga. Setelah membagikan brosurnya, barulah dia memberikan pertanyaan mengenai materi yang diberikan.

Hal seperti itulah yang harus Anda contoh, melakukan promosi pada waktu yang tepat dengan pilihan target yang sangat potensial.

Bayangkan berapa orang yang berhasil Anda berikan informasi mengenai bisnis Anda dengan menggunakan sistem yang sederhana ini. Jika anggota pengajian yang hadir berjumlah 40 orang, maka potensi kabar yang akan menyebar bahwa Anda memiliki usaha minimal 80 orang karena sadar atau tidak, mereka yang mengetahui usaha Anda akan menceritakan kepada kerabat, saudara, suami atau tetangga mereka.

2. Brosur

Sudah saya singgung mengenai brosur pada konsep promosi di atas, namun perlu Anda ketahui gol apa yang harus menjadi poin pertama dari suatu brosur?

Brosur, papan reklame, iklan koran dan lain-lain adalah suatu wadah untuk memperkenalkan usaha. Jadi intinya, bagaimana orang tahu keberadaan usaha yang Anda bangun tanpa harus mengetahui kualitas dari produk Anda terlebih dahulu.

Setelah mengetahui fungsi utama dari suatu brosur, selanjutnya tugas Anda adalah membuat brosur yang menarik dan informatif. Masukkan informasi mengenai produk apa, bagaimana cara mendapatkannya, berapa harganya, lokasi usaha (tambahan berupa peta) dan nomor kontak yang bisa dihubungi.

Agar brosur Anda berharga di mata mereka dan tidak dibuang, berikan diskon misalnya 15% untuk pembelian produk dengan syarat memperlihatkan dan menukarkan brosur tersebut.

3. Media sosial

Siapa yang tidak mengenal facebook, twitter, instagram atau whatsapp? Melakukan promosi melalui media sosial adalah salah satu yang sangat efektif untuk usaha rumahan, mulai dari membuat status soal usaha Anda, bergabung dalam beberapa group dan melakukan promosi di dalamnya dan sebagainya.

Agar lebih efektif, carilah teman dan group lokal agar sesuai dengan target pasar Anda.

Terakhir, saya ingin memberikan petuah mengenai komplain pelanggan atau tepatnya menshare apa yang telah saya lakukan.

Seperti Anda ketahui, pelanggan memiliki tipe bermacam-macam. Jika ada pelanggan yang melakukan komplain kepada Anda, baiknya Anda mengambil sikap diam, dengarkan dengan baik apa yang mereka inginkan. Setelah mereka selesai, barulah Anda menyangga dengan bijak, lakukan dengan sopan.

Memang tipe pelanggan bermacam-macam, tapi itu semua bisa menjadi strategi terbaru Anda untuk menjadikan bisnis Anda lebih baik dari hari ke hari. 

Diam, dengarkan dan lakukan perbaikan
Baca Juga : 6 Cara Mendapatkan Modal Usaha Tanpa Jaminan
Itulah beberapa cara promosi yang baik dan menarik secara langsung, semoga bisa memberikan manfaat untuk Anda semua. Salam
Itulah beberapa cara promosi terbaik untuk usaha rumahan. Itulah beberapa cara promosi terbaik untuk usaha rumahan.

COMMENTS

BLOGGER: 3
Loading...
Name

ASURANSI,5,BISNIS KULINER,9,BISNIS ONLINE,12,BISNIS SAMPINGAN,15,BISNIS WARALABA,11,BITCOIN,3,BLOGGING,7,FOREX,8,GADGET & APLIKASI,3,INVESTASI,11,INVESTASI EMAS,2,INVESTASI SAHAM,4,KEUANGAN,8,KISAH INSPIRATIF,8,PELUANG BISNIS PERKEBUNAN,12,PELUANG BISNIS PETERNAKAN,19,PELUANG USAHA,94,PELUANG USAHA BAGI PEMULA,8,PELUANG USAHA MAHASISWA,4,PELUANG USAHA PERTOKOAN,6,PELUANG USAHA PROPERTI,11,PERIZINAN,6,REVIEW PRODUK,5,SEO,4,SPONSORED,5,TIPS BISNIS,74,TOKOH,3,TUTORIAL,3,WALET,9,
ltr
item
anakdagang.com: Kumpulan Cara Promosi yang Baik dan Menarik Untuk Usaha Rumahan
Kumpulan Cara Promosi yang Baik dan Menarik Untuk Usaha Rumahan
Cara promosi yang baik dan menarik dalam dunia usaha adalah sesuatu yang sangat penting, karena tanpa promosi usaha akan berjalan layaknya seekor siput. Berkembang tapi membutuhkan waktu yang sangat lama.
https://2.bp.blogspot.com/-rKyQ2xcJXVk/WAl-QhwqwSI/AAAAAAAACC0/aysSI8liKC0dkVfpZuaFU8BG1VroElE6gCLcB/s640/Kumpulan%2BCara%2BPromosi%2Byang%2BBaik%2Bdan%2BMenarik%2BUntuk%2BUsaha%2BRumahan.jpg
https://2.bp.blogspot.com/-rKyQ2xcJXVk/WAl-QhwqwSI/AAAAAAAACC0/aysSI8liKC0dkVfpZuaFU8BG1VroElE6gCLcB/s72-c/Kumpulan%2BCara%2BPromosi%2Byang%2BBaik%2Bdan%2BMenarik%2BUntuk%2BUsaha%2BRumahan.jpg
anakdagang.com
http://www.anakdagang.com/2016/10/cara-promosi-yang-baik-dan-menarik-untuk-usaha-rumahan.html
http://www.anakdagang.com/
http://www.anakdagang.com/
http://www.anakdagang.com/2016/10/cara-promosi-yang-baik-dan-menarik-untuk-usaha-rumahan.html
true
8897343119264651685
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy