>

$show=post

6 Cara Mendapatkan Modal Usaha Tanpa Jaminan

SHARE:

6 Cara Mendapatkan Modal Usaha Tanpa Jaminan

Tidak adanya modal membuat seseorang sering memendam keinginannya untuk membangun suatu usaha idamannya. Sudah berkali-kali mengajukan pinjaman di bank tapi tidak kunjung mendapatkan persetujuan. Cara mendapatkan modal usaha memang susah-susah gampang, apalagi melalui dunia perbankan karena mereka biasanya mencairkan pinjaman kalau sudah memiliki usaha berjalan minimal 2 tahun.

Tapi bagaimana caranya memiliki usaha berjalan kalau belum memiliki modal untuk usaha? Nah, kali ini anakdagang.com akan memberikan beberapa tips memperoleh modal usaha gratis tanpa jaminan.

Setelah berhasil membangun usaha dan mempertahankan minimal 2 tahun, maka Anda bisa melakukan pengembangan usaha dengan bantuan pendanaan dari perbankkan.

Cara Mendapatkan Modal Usaha Gratis Tanpa Jaminan

1. Investor

Anda memiliki tetangga, keluarga atau kenalan yang mempunyai banyak uang? Anda bisa memanfaatkan mereka sebagai sumber pembiayaan awal untuk membangun usaha. Mereka para pemilik modal biasanya bingung dengan ide usaha, sehingga jika Anda memiliki ide yang memiliki prospek menjanjikan tidak ada salahnya Anda membuat proposal untuk diperlihatkan kepada mereka.

Anda bertugas meyakinkan mereka untuk menginvestasikan uangnya, daripada dana tersebut mengendap lebih baik dimanfaatkan dalam menjalankan bisnis. Hal yang harus diperhatikan adalah membuat perjanjian hitam di atas putih yang menyatakan porsi pembagian laba dan hak kepemilikan usaha.

2. Patungan

Dalam pergaulan sehari-hari Anda biasa melakukan obrolan ringan dengan teman atau tetangga, coba cari tahu siapa di antara mereka yang memiliki minat yang sama dengan Anda yaitu memiliki keinginan untuk membuka usaha.

Ajak mereka membuka usaha dengan perjanjian modal usaha ditanggung bersama. Anda bisa menerapkan sistem pendanaan 50:50, 40:60, atau 60:40, sesuaikan dengan kemampuan masing-masing.

Walaupun Anda dan dia adalah teman baik tetap harus bersifat profesional dalam bisnis seperti membuat perjanjian tentang bagi hasil dan sebagainya. Hal ini disamping untuk menghindari perselisihan dikemudian hari juga sebagai pembelajaran untuk Anda dalam menjalani bisnis kedepannya.

3. Menggadaikan barang

Tips ini sebetulnya tidak kami sarankan untuk mendapatkan modal awal dalam menjalakan usaha karena tidak ada jaminan bahwa usaha Anda akan sukses dan mendapat profit secepat yang dibayangkan. Namun jika Anda sudah yakin tidak ada kata lain selain memberanikan diri menggandaikan barang berharga Anda.

Perlu diingat, bisnis adalah resiko jadi kalau tidak berani mengambil resiko maka jangan harap Anda akan memiliki usaha sampai menghembuskan nafas terakhir.

4. Mengajukan pinjaman pada perusahaan tempat Anda bekerja

Salah satu tempat aman memperoleh pinjaman adalah tempat dimana Anda memperoleh penghasilan tiap bulannya. Anda bisa mengajukan pinjaman pada perusahaan dengan sistem pembayaran potong gaji tiap bulannya.

Agar kehidupan Anda bisa berjalan normal sebelum memiliki pinjaman perhatikan nilai pinjaman Anda, biasanya pembagian presentasi untuk pinjaman yang aman adalah tidak boleh meminjam dana lebih dari 40% gaji Anda.

5. Koperasi perusahaan

Beberapa perusahaan memiliki koperasi perusahaan yang sudah berjalan cukup lama sehingga memungkinkan anggotanya meminjam dana segar puluhan bahkan sampai ratusan juta rupiah.

Jangan sampai Anda melewatkan kesempatan emas tersebut. Anda termasuk orang yang rugi jika tidak memanfaatkan keanggotaan koperasi Anda untuk membangun usaha.

6. Dari anggota seminar

Mengikuti seminar bisnis adalah salah satu cara menemukan seseorang yang memiliki minat yang sama. Anda bisa mencari orang yang bersedia memberikan pinjaman untuk membangun usaha.

Sebelum mengikuti seminar, buatlah proposal yang baik dengan memberikan penjelasan sejelas-jelasnya tentang prospek usaha dan bagaimana sistem pembagian keuntungan antara Anda dengan investor.
Baca Juga : 11 Tips Memilih Distributor Pulsa Elektrik Terbaik Berbasis Server
Proposal yang Anda buat tersebut bisa dibagikan pada kenalan baru Anda yang menjadi peserta atau penyelenggara seminar yang Anda ikuti.

Jangan lupa mencantumkan alamat lengkap dan nomor kontak Anda agar jika mereka tertarik dengan proposal Anda, dengan mudah mereka menghubungi Anda.

Berikut contoh kerangka proposal yang baik sebagai acuan dalam membuat proposal untuk menarik investor

I. Latar Belakang

   Penjelasan isi proposal secara singkat
  • Data diri Anda sebagai pihak yang mengajukan
  • Gambaran singkat mengenai prospek bakal usaha Anda
  • Rencana pengembangan usaha kedepannya
  • Kebutuhan modal usaha
  • Proyeksi keuntungan beserta analisisnya

II. Profil Usaha


III. Aspek Pasar dan Pemasaran

  • Profil produk
  • Permintaan dan penawaran produk. Jelaskan dengan rinci bagaimana prospek permintaan pasar dan teknik penawaran produk di pasaran, apakah sesuai dengan permintaan pasar dan sebagainya.  
  • Harga produk

IV. Aspek Operasional

  • Lokasi usaha/lokasi bakal usaha
  • Peralatan yang akan atau sudah dimiliki
  • Bahan baku yang digunakan (jika ada)
  • Proses produksi (jika ada)

V. Aspek Sumber Daya Manusia

  • Jumlah tenaga kerja yang akan atau sudah dipekerjakan
  • Gaji karyawan

VI. Rencana Bisnis

  • Rencana operasional
  • Rencana pemasaran
  • Rencana kebutuhan SDM jika usaha mengalami perkembangan dan melakukan ekspansi termasuk gaji karyawan dan sebagainya.
  • Rencana pendanaan. Jumlah dana atau modal untuk menjalankan atau mengembangkan usaha Anda.

VII. Aspek Keuangan

  • Analisa kebutuhan modal dan investasi. Jelaskan secara rinci modal apa saja yang Anda butuhkan, peralatan atau tempat usaha sebagai pendukung usaha. Berapa modal investasi untuk menjalankan usaha Anda, keuntungan apa yang investor dapatkan jika bergabung dan bersedia menjadi salah satu pemberi dana usaha dan sebagainya.
  • Proyeksi laba dan rugi serta arus kas. Jelaskan proyeksi keuntungan per tahun, per bulan atau bahkan per hari.

VIII. Penutup

Berikan kesimpulan yang menarik, berikan pernyataan bahwa Anda siap melakukan perjanjian dengan notaris, melakukan diskusi lebih intens dan sebagainya. Perlihatkan bahwa Anda adalah orang yang bisa dipercaya dan memiliki komitmen yang kuat dalam membangun dan mengembangkan usaha tersebut.

Sekian artikel cara mendapatkan modal usaha gratis tanpa jaminan. Kesuksesan suatu usaha tidak tergantung besarnya dukungan modal melainkan tekat yang kuat dan konsistensi yang selalu terjaga, jadi tetap semangat. Salam

COMMENTS

BLOGGER
Name

ASURANSI,5,BISNIS KULINER,9,BISNIS ONLINE,13,BISNIS SAMPINGAN,15,BISNIS WARALABA,11,BITCOIN,3,BLOGGING,9,FOREX,8,GADGET & APLIKASI,3,INVESTASI,11,INVESTASI EMAS,2,INVESTASI SAHAM,4,KEUANGAN,8,KISAH INSPIRATIF,8,PELUANG BISNIS PERKEBUNAN,12,PELUANG BISNIS PETERNAKAN,19,PELUANG USAHA,94,PELUANG USAHA BAGI PEMULA,8,PELUANG USAHA MAHASISWA,4,PELUANG USAHA PERTOKOAN,6,PELUANG USAHA PROPERTI,11,PERIZINAN,6,REVIEW PRODUK,3,SEO,5,SPONSORED,3,TIPS BISNIS,76,TOKOH,3,TUTORIAL,3,WALET,9,
ltr
item
anakdagang.com: 6 Cara Mendapatkan Modal Usaha Tanpa Jaminan
6 Cara Mendapatkan Modal Usaha Tanpa Jaminan
Tidak adanya modal membuat seseorang sering memendam keinginannya untuk membangun suatu usaha idamannya
https://1.bp.blogspot.com/-kZV9P8GzbXU/WAbh2l5-eoI/AAAAAAAACBE/mlLfZbjPutQqokkpT32ql047J6kzVeLhACLcB/s640/6%2BCara%2BMendapatkan%2BModal%2BUsaha%2BTanpa%2BJaminan.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-kZV9P8GzbXU/WAbh2l5-eoI/AAAAAAAACBE/mlLfZbjPutQqokkpT32ql047J6kzVeLhACLcB/s72-c/6%2BCara%2BMendapatkan%2BModal%2BUsaha%2BTanpa%2BJaminan.jpg
anakdagang.com
http://www.anakdagang.com/2016/10/cara-mendapatkan-modal-usaha-tanpa-jaminan-gratis.html
http://www.anakdagang.com/
http://www.anakdagang.com/
http://www.anakdagang.com/2016/10/cara-mendapatkan-modal-usaha-tanpa-jaminan-gratis.html
true
8897343119264651685
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy