Sebelum Membeli Waralaba, Perhatikan 6 Hal Penting Ini Agar Tidak Rugi

shares |

Tips Membeli Waralaba

Membeli Waralaba - Bisnis waralaba atau Franchise adalah suatu usaha dalam bentuk kerjasama yang menggunakan prinsip usaha kemitraan yang menggandeng sistem management dan keuangan yang sudah berjalan dengan baik dan dikenal oleh masyarakat luas. 


Dengan adanya merk atau produk yang sudah dikenal masyarakat luas maka sistem marketing usaha baru bisa lebih mudah untuk mengawalinya. Beberapa jenis waralaba yang sudah dikenal dan menjanjikan antara lain minimarket, laundry dan produk makanan atau minuman ringan dan beberapa jenis lainnya.

Untuk memulai bisnis waralaba, selain pengenalan produk yang akan dipilih, ketersediaan modal menjadi salah satu syarat penting untuk menggandeng usaha waralaba yang tepat. Pilihlah waralaba yang sekiranya sudah dikenal masyarakat luas namun dari segi modal tidak terlalu besar sehingga untuk mendapat keuntungan tidak memerlukan kurun waktu yang lama.


Berikut Beberapa Tips Untuk Membeli Waralaba yang Tepat

1. Pilih sesuai hobby dan minat Anda

Selalu memilih bisnis waralaba yang sesuai dengan minat Anda. Jika Anda tidak hobby memasak, pilih bidang lain yang tidak berhubungan dengan kuliner. Sebaliknya bila memiliki hobby memasak maka pilih jenis waralaba yang ada kaitannya dengan kuliner. 

Memilih jenis usaha yang sesuai dengan hobby akan lebih mempermudah dalam hal pengelolaan dan pengembangan usaha. Memilih jenis usaha waralaba yang tidak sesuai dengan hobby atau minat merupakan salah satu penyebab usaha tidak berjalan bahkan bangkrut.

2. Sesuaikan budget modal

Modal merupakan hal utama untuk memulai sebuah waralaba. Usahakan untuk memulai bisnis ini, gunakanlah modal sendiri bukan dari pinjaman. 

Apabila ingin memiliki usaha namun kekurangan modal maka menggunakan pinjaman Bank bisa menjadi solusi. Namun perhitungkan nilai pengembalian pinjaman agar sesuai dengan target hasil dari bisnis tersebut dan usaha waralaba tetap bisa berjalan dengan tenang tanpa beresiko mengganggu permodalan.

3. Memeriksa izin waralaba

Memastikan perizinan waralaba yang dipilih. Semua surat atau dokumen yang berhubungan dengan perizinan usaha harus jelas dan bisa dipertanggungjawabkan.

Jangan sampai hanya karena dokumen perizinan waralaba yang dipilih tidak jelas, Anda tersangkut kasus hukum yang merugikan.

4. Harga produk

Pilih produk waralaba yang sudah teruji pangsa pasarnya. Memilih produk yang memiliki banyak peminat dan harga yang dijual sesuai dengan segmen market di lokasi usaha waralaba akan dibuka.

5. Lokasi

Lokasi yang dipilih harus strategis. Lokasi memiliki peranan penting untuk kesuksesan dalam usaha waralaba Anda. Ada beberapa tips memilih waralaba yang sesuai dengan lokasi yang strategis seperti minuman ringan yang banyak diminati remaja, sangat cocok dengan lokasi dekat sekolahan atau usaha laundry sangat cocok dengan wilayah kost anak kuliah atau pekerja. Maka jeli memilih lokasi usaha yang sesuai dengan jenis usaha waralaba yang dipilih.

6. Persaingan bisnis

Sebelum memulai usaha, lihat pasar usaha yang dipilih. Kalau usaha yang dipilih banyak peminatnya namun  di sekitar lokasi usaha terdapat beberapa usaha sejenis maka hal ini hanya akan menimbulkan resiko kerugian. 

Usaha waralaba adalah usaha yang sudah ditentukan harga dan jenis produk sesuai kontrak, sehingga memilih usaha yang sama dengan beberapa persaingan bisnis hanya akan mempersempit peluang sukses bisnis waralaba yang Anda pilih.
Baca Juga : Alat dan Cara Promosi Bisnis Online yang Wajib Anda Ketahui
Jika memilih jenis waralaba berdasarkan beberapa tips di atas, Anda telah meminimalisir dari segala kerugian serta memperbesar potensi keuntungan. Semoga tips membeli waralaba yang penulis utarakan bisa bermanfaat untuk Anda. Salam sukses
loading...
 GROSIR PULSA MURAH ALL OPERATOR

Rekomendasi

Komentar dengan bijak adalah sikap yang mulia. Dilarang berkomentar spam

loading...