Mahasiswa Memiliki Bisnis Bimbel ! Berikut Caranya

shares |

Mahasiswa Memiliki Bisnis Bimbel ! Berikut Caranya

Bisnis Bimbel - Zaman sekarang, sangat disayangkan kalau ada seseorang yang mampu menghasilkan uang tapi tidak dimanfaatkan dengan baik. Apalagi umur yang masih sangat muda dengan pengetahuan yang mumpuni, menghabiskan waktu hanya bersenang senang di waktu senggangnya.

Coba Anda bayangkan, umur masih muda namun sudah memiliki bisnis dan pengalaman layaknya orang yang telah berumur 35 tahunan keatas. Saya yakin, kelak Anda akan bangga dengan pengalaman tersebut dan akan sangat berguna dalam mengarungi kehidupan Anda di masa yang akan datang.

Agar waktu luang Anda bermanfaat, cobalah merintis sebuah usaha misalnya saja membangun bisnis yang berbasis pendidikan. Dengan membuka jasa bimbingan belajar untuk anak sekolah SD, SLTP atau SLTA, Anda bisa memberikan pengetahuan yang dimiliki untuk anak bangsa. Selain itu, dapat penghasilan lagi.

Cobalah melakukan diskusi dengan teman-teman kampus dan membangun sebuah strategi, memanfaatkan semua keilmuan dan teknik komunakasi yang Anda miliki untuk menjangkau para murid yang ada disekolah.

Kalau Anda sudah mulai tertarik dengan bisnis Bimbel ini, berikut saya jelaskan beberapa hal dasar yang harus Anda ketahui, dengan mengetahui beberapa poin penting tersebut, diharapkan Anda bersama teman-teman kampus mampu mengembangkan menjadi lebih baik.

Memulai Bisnis Bimbel

1. Memiliki pengetahuan dan keterampilan dasar

Sebagai seorang mahasiswa, apalagi mahasiswa yang sudah mengenyam pendidikan beberapa semester tentunya telah memiliki pengetahuan dan keterampilan memadai yang dapat dimanfaatkan sebagai bahan pembelajaran. untuk lebih jelasnya berikut beberapa pengetahuan serta keterampilan yang harus dipersiapkan.
  • Kemampuan mengajar yang harus dikuasai. Saya yakin, Anda yang telah menempuh pendidikan beberapa semester pastinya mampu mengajar anak-anak atau usia remaja. Kalaupun belum bisa atau belum mahir mengajar, setidaknya saat ini lah kesempatan Anda untuk belajar lebih dalam lagi.
  • Mencari teman yang ingin bergabung sebagai pengajar. Dengan memiliki tenaga pengajar dari berbagai jurusan, tentunya menjadi nilai plus karena bimbel Anda mampu menghandel beberapa mata pelajaran. Yang harus menjadi perhatian Anda adalah kebanyakan mata pelajaran yang menjadi primadona dalam bimbel adalah matematika, fisika dan kimia. Jadi, tenaga pengajar yang dicari lebih fokus pada 3 jenis mata pelajaran tersebut.
  • Anda harus mengetahui waktu tertentu anak sekolah membutuhkan bimbingan belajar sebagai tambahan pelajaran dari sekolah. Misalnya waktu ujian nasional dan sebagainya. Hal tersebut dimaksudkan agar strategi pemasaran Anda nantinya tidak bertepuk sebelah tangan. Bayangkan berapa besar peluang Anda memperoleh anak didik jika menyebarkan brosur bimbel di sekolah-sekolah tepat ketika anak sekolah membutuhkannya?
  • Memiliki pengetahuan tentang jenis soal ujian yang kemungkinan akan diujikan ketika ujian nasional berlangsung. Ini akan menyangkut reputasi bisnis bimbel Anda. Keberhasilan anak murid Anda dalam mencapai nilai tertinggi akan menjadi senjata keberlangsungan bisnis ini.
  • Mengetahui jadwal sekolah umum. Pagi-siang, siang-sore, sehingga dalam membuat jadwal bimbel bisa disesuaikan agar dapat memaksimalkan jumlah murid yang diserap dari berbagai sekolah.
  • Menyusun modul pembelajaran pada setiap paket bimbel. Dengan memiliki modul, diharapkan sistem pembelajaran lebih sistematis dan memberikan kemudahan pada tenaga pengajar.
  • Memiliki keterampilan dalam mengontrol dan mengkoordinir pengajar yang bergabung bersama tim bimbel yang Anda kelolah.

2. Modal awal yang dibutuhkan

Membangun bimbel yang terkenal dan profesional memang membutuhkan dana yang tidak sedikit. Anda harus menyiapkan ruangan, kursi, meja, promosi dan masih banyak lagi yang lainnya.

Namun, dengan membangun bisnis bimbel yang sederhana tapi tetap menghasilkan uang yang banyak melakukan kerjasama dengan sekolah bisa menjadi alternatif menekan biaya-biaya yang timbul. Anda bisa meminta langsung kepada pihak sekolah untuk meminjam satu ruangan atau lebih untuk usaha bimbel Anda.

Tawarkan beberapa keuntungan untuk sekolah misalkan 20% dari penghasilan akan kami bagi ke sekolah atau Anda memberi diskon khusus dari anak didik yang berasal dari sekolah tersebut.

Anda juga bisa menjual diri sebagai seorang mahasiswa, katakan bahwa dengan adanya Anda bersama tim pengajar yang semuanya berasal dari perguruan tinggi yang sementara mengenyam pendidikan, diharapkan menjadi motivasi untuk anak didik dari sekolah bersangkutan agar melanjutkan sekolah ke jenjang yang lebih tinggi.

Sebagai seorang mahasiswa, manfaatkan kepiawaian Anda dalam melobi pihak sekolah dalam hal ini kepala sekolah. Perlihatkan bahwa Anda berbeda dengan pemuda yang berada di luar sana yang tidak berpendidikan. 

3. Kiat menjalankan usaha 

Nah, setelah beberapa pengetahuan yang telah dipaparkan di atas, selanjutnya saya akan memberikan teknik dan strategi menjalankan bisnis ini.
  • Mencari mahasiswa sebagai guru penagajar. Lakukan penjaringan pengajar melalui organisasi himpunan jurusan lebih baik dan lebih terkoordinir. Anda juga bisa menyebarkan langsung brosur kepada teman-teman Anda mengenai usaha tersebut.
  • Mencari tempat usaha yang strategis. Untuk menekan biaya, Anda bisa memanfaatkan ruang sekolah sebagai lokasi belajar dengan berbagai perjanjian yang saling menguntungkan dengan pihak sekolah.
  • Mengurus perizinan. Lengkapi semua perizinan yang diperlukan, namun kalau belum bisa usahakan memegang izin lingkungan atau keberadaan usaha Anda kepada pihak RT setempat.
  • Persiapkan segala sesuatu yang berhubungan dengan administrasi seperti form pendaftaran, absensi dan sebagainya.
  • Monitor perkembangan usaha Anda. Selesaikan masalah yang timbul dengan cepat. Lakukan koordinasi bersama dengan pengajar tentang segala sesuatu akan kualitas hasil pengajaran.
Baca Juga : Cari Tahu Penghasilan dari Usaha Warung Indomie
Demikian artikel tentang Bisnis Bimbel yang bisa dikerjakan oleh mahasiswa. Semoga bisa memberikan inspirasi. Salam
loading...
 GROSIR PULSA MURAH ALL OPERATOR

Rekomendasi

Komentar dengan bijak adalah sikap yang mulia. Dilarang berkomentar spam

loading...