Mau Terjun Dalam Bisnis Properti? Ketahui Dulu Faktor Pendukung dari Harga Sebuah Properti

shares |

loading...
Bisnis Properti

Bisnis Properti - Dalam menjalankan bisnis properti, ada hal yang harus Anda ketahui sebagai pengetahuan dasar karena menyangkut tentang nilai properti tersebut. Kriteria dari lokasi properti yang mendukung akan fasilitas di sekitar area tersebut yang sesuai dengan peruntukannya akan memiliki nilai lebih dibanding dengan lokasi properti dengan kondisi tertentu yang cenderung tidak mendukung adanya properti yang dimaksud.

Apakah Anda bingung dengan maksud saya? Kalau bingung, saya mencoba menjabarkan lebih baik lagi. Kita ambil contoh, misalnya sebuah rumah akan memiliki harga yang lebih baik jika berada pada daerah yang berdekatan dengan pusat bisnis, tempat ibadah, atau rumah sakit dibanding dengan rumah yang jauh dari fasilitas tersebut.

Dalam kesempatan ini, penulis akan membahas lokasi yang seperti apa yang memiliki nilai lebih terhadap suatu properti.

Lokasi Properti yang Baik Untuk Dipertimbangkan (Bisnis Properti)

1. Properti tanah

Lokasi tanah yang baik adalah tanah yang berada atau dekat dengan akses jalan, lebih baik lagi kalau tepat berada di pinggir jalan besar dengan kondisi jalan dengan lalulintas yang ramai.

Akan memiliki nilai yang lebih baik jika berada dekat dengan fasilitas sosial seperti pasar, rumah sakit, sekolah, tempat ibadah, dan atau taman bermain. Dan perlu menjadi pertimbangan adalah area tersebut bebas dari gangguan keamanan seperti perkelahian atau tawuran remaja.

Kontur tanah juga menjadi pertimbangan, karena erat kaitannya dengan bencana alam. Misalnya kalau lokasi tanah berada di daerah yang berbukit, sementara kota tempat properti berada sering terjadi gempa, pastinya akan menurunkan nilai tanah.

Struktur tanah juga menjadi pertimbangan jika ingin membangun sebuah gedung, struktur tanah yang lembek dan labil akan mengeluarkan biaya yang lebih banyak untuk membuat sebuah pondasi gedung. Semua hal tersebut akan mempengaruhi nilai dari properti.

2. Properti rumah hunian

Setiap orang yang ingin memiliki rumah tentunya mengharapkan rumah yang mudah diakses dengan kondisi jalan yang memadai. Walaupun agak jauh dari pusat keramaian, tetap akan memiliki posisi tawar yang baik jika akses jalannya mudah, luas, dan mulus. 

Selain dari akses jalan yang baik, rumah yang berlokasi dalam kota yang berdekatan dengan pusat bisnis akan membuat harga rumah melambung tinggi. Apalagi area rumah yang aman, bebas dari kebisingan dan tidak rawan bencana.

3. Kompleks perkantoran

Pemilik suatu usaha pasti menginginkan kantor mereka berada dekat dengan pusat pemerintahan dengan tujuan lebih mempermudah para pelaku usaha dalam mengurus dokumen dan segala sesuatu yang berhubungan dengan bisnisnya.

Merujuk dari kondisi di atas, maka properti seperti kompleks perkantoran yang berdekatan dengan pusat pemerintahan akan memiliki nilai yang lebih baik. Kondisi lainnya yang memberikan nilai plus dari jenis properti tersebut adalah area parkir yang luas.

4. Properti mall atau plaza

Target pasar dari sebuah pusat perbelanjaan seperti mall atau plaza adalah masyarakat umum sehingga properti yang berdekatan dengan pemukiman warga yang padat penduduk pasti memiliki harga yang menggiurkan. Apalagi pada daerah tersebut merupakan pusat niaga, pasti harga properti tersebut memiliki harga yang fantastis.

Disamping 2 hal di atas, yang menjadi faktor tingginya harga properti mall adalah akses transportasi yang mudah, baik akses dari masyarakat kalangan atas maupun masyarakat menengah ke bawah. Dengan hanya menggunakan angkutan umum sekali perjalanan untuk beberapa daerah populer di sekitar mall, akan memberikan daya tarik tersendiri bagi masyarakat yang berada agak jauh dari mall tersebut.

5. Apartemen 

Memiliki area parkir yang luas serta akses jalan yang mudah merupakan salah satu faktor yang mendorong tingginya nilai jual dari properti jenis ini. Tapi disamping faktor tersebut ada hal yang lebih dominan yang memberikan nilai wah pada sebuah apartemen yaitu berdekatan dengan pusat perkantoran, universitas, dan pusat perbelanjaan.

Jadi kesimpulan dari faktor tingginya nilai jual semua jenis properti di atas adalah tergantung dari fasilitas pendukung yang berada di area properti sesuai dengan peruntukannya sehingga semua aktifitas yang kemungkinan terjadi dikemudian hari akan memberikan kemudahan bagi pemilik properti yang bersangkutan.
Baca Juga : Inilah 4 Alasan Kenapa Investasi Emas Dianggap yang Paling Menguntungkan
Semoga artikel yang mendukung bisnis properti ini bisa memberikan pengetahuan baru. Salam
loading...

Rekomendasi

Komentar dengan bijak adalah sikap yang mulia. Dilarang berkomentar spam. Link hidup otomatis difilter.

loading...