Mau Terjun Dalam Bisnis Properti? Ketahui Dulu Lokasi Terbaik untuk Investasi Properti

Ketahui Dulu Lokasi Terbaik untuk Investasi Properti

Lokasi Terbaik untuk Investasi Properti – Dalam menjalankan bisnis properti, ada hal yang harus Anda ketahui sebagai pengetahuan dasar karena menyangkut tentang nilai properti tersebut.

Ketika area lokasi properti terdapat fasilitas pendukung yang sesuai dengan peruntukannya, maka akan memiliki nilai lebih. Berbeda dengan lokasi properti dengan kondisi tertentu, yang cenderung tidak mendukung adanya properti yang dimaksud.

Apakah Anda bingung dengan maksud saya? Kalau bingung, saya mencoba menjabarkan lebih baik lagi.

Kita ambil contoh, misalnya sebuah rumah akan memiliki harga yang lebih baik, jika berada pada daerah yang berdekatan dengan pusat bisnis, tempat ibadah, atau rumah sakit.

Dalam kesempatan ini, penulis akan membahas lokasi terbaik untuk investasi properti yang merupakan salah satu faktor pendukung dari harga sebuah properti.

Lokasi Terbaik untuk Investasi Properti yang dapat Dipertimbangkan

1. Properti tanah

Lokasi tanah yang baik adalah tanah yang dekat dengan akses jalan. Lebih baik lagi kalau tepat berada di pinggir jalan besar dengan lalulintas yang ramai.

Akan memiliki nilai lebih baik jika berada dekat dengan fasilitas sosial, seperti pasar, rumah sakit, sekolah, tempat ibadah, dan atau taman bermain. Perlu menjadi pertimbangan adalah area tersebut bebas dari gangguan keamanan seperti perkelahian atau tawuran remaja.

Kontur tanah juga menjadi pertimbangan, karena erat kaitannya dengan bencana alam. Misalnya, kalau lokasi tanah berada di daerah berbukit, sementara kota tempat properti berada sering terjadi gempa. Pastinya akan menurunkan nilai tanah.

Struktur tanah juga menjadi pertimbangan jika ingin membangun sebuah gedung. Struktur tanah yang lembek dan labil, akan mengeluarkan biaya lebih banyak untuk membuat sebuah pondasi gedung. Semua hal tersebut akan mempengaruhi nilai dari properti.

2. Properti rumah hunian

Setiap orang yang ingin memiliki rumah tentunya mengharapkan rumah yang mudah diakses dengan kondisi jalan yang memadai. Walaupun agak jauh dari pusat keramaian, tetap akan memiliki posisi tawar yang baik, jika akses jalannya mudah, luas dan mulus. 

Selain dari akses jalan yang baik, rumah yang berlokasi dalam kota yang berdekatan dengan pusat bisnis akan membuat harga rumah melambung tinggi. Apalagi area rumah yang aman, bebas dari kebisingan dan tidak rawan bencana.

3. Kompleks perkantoran

Pemilik suatu usaha pasti menginginkan kantor mereka berada dekat dengan pusat pemerintahan. Tujuannya agar lebih mempermudah para pelaku usaha dalam mengurus dokumen dan segala sesuatu yang berhubungan dengan bisnisnya.

Merujuk dari kondisi di atas, maka properti seperti kompleks perkantoran yang berdekatan dengan pusat pemerintahan akan memiliki harga yang lebih baik. Kondisi lainnya yang memberikan nilai plus dari jenis properti tersebut adalah area parkir yang luas.

4. Properti mall atau plaza

Target pasar dari sebuah pusat perbelanjaan seperti mall adalah masyarakat umum. Sehingga properti yang berdekatan dengan pemukiman warga, yang padat penduduk pasti memiliki harga yang menggiurkan. Apalagi jika daerah tersebut merupakan pusat niaga, pasti harga properti tersebut memiliki harga fantastis.

Disamping 2 hal di atas, yang menjadi faktor tingginya harga properti mall adalah akses transportasi yang mudah. Baik akses dari masyarakat kalangan atas maupun masyarakat menengah ke bawah.

Dengan hanya menggunakan angkutan umum sekali perjalanan untuk beberapa daerah populer di sekitar mall, akan memberikan daya tarik tersendiri bagi masyarakat yang berada agak jauh dari mall tersebut.

5. Apartemen

Memiliki area parkir yang luas serta mudahnya akses jalan merupakan salah satu faktor pendorong tingginya nilai jual dari properti jenis ini. Tapi disamping faktor tersebut, ada hal yang lebih dominan memberikan nilai wah pada sebuah apartemen yaitu berdekatan dengan pusat perkantoran, universitas, dan pusat perbelanjaan.

Jadi kesimpulan dari faktor tingginya nilai jual semua jenis properti di atas adalah tergantung dari fasilitas pendukung yang berada di area properti tersebut. Sehingga memberi kemudahan bagi pemilik properti melakukan semua aktifitasnya.

Baca Juga :

Semoga artikel tentang lokasi terbaik untuk investasi properti ini memberikan pengetahuan baru. Salam

LEAVE A REPLY

Tulis komentar Anda
Masukkan nama Anda

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.