Keuntungan Memiliki Toko Online : Ambil Keputusan Secepatnya Dengan Membangun Toko Online Anda

shares |

loading...
Kelebihan Toko Online

Kelebihan Toko Online - Perubahan zaman yang semakin mengarah pada suatu aktifitas yang selalu berhubungan dengan dunia teknologi turut berpengaruh pada berbagai lini kehidupan. Termasuk urusan jual-beli, hampir semua perusahaan besar telah membangun lapak secara online untuk menjangkau konsumen sampai ke pelosok desa.

Kalau kita berpikir secara jernih, kenapa perusahaan besar seperti Lippo Group yang memiliki banyak jenis usaha seperti hypermart, foodmart, matahari departement store dan lain-lain tetap membangun usaha online dengan mengusung brand yang bernama MatahariMall.com?

Penulis yakin, mereka para pemilik modal pastinya melihat peluang yang sangat besar terhadap bisnis online, jadi kenapa Anda masih ragu dengan membangun bisnis online atau mengonlinekan bisnis Anda saat ini.

Agar Anda semakin yakin dalam mengambil keputusan tersebut, berikut beberapa kelebihan dari bisnis online. 

10 Kelebihan Toko Online yang Harus Anda Ketahui

1. Biaya lapak yang murah

Kalau usaha dengan toko offline, harga sewa ruko per tahun mencapai belasan hingga puluhan juta rupiah. Namun dengan sistem online, Anda hanya membutuhkan dana sekitar 300 ribu rupiah per tahun untuk sewa hosting dan domain.

Anda juga bisa bergabung dengan marketplace secara gratis. Tapi kalau Anda ingin memiliki suatu bisnis online yang besar dan terpercaya, lebih baik secara perlahan Anda membangun situs sendiri.

2. Toko buka 24 jam non stop

Dengan membuka lapak secara online, artinya Anda memiliki toko yang buka 24 jam, 7 hari dalam seminggu, 12 bulan dalam setahun non stop. Coba bandingkan dengan toko offline, buka jam 8 pagi dan paling lama tutup jam 10 malam.

Sepanjang Anda terkoneksi dengan internet, Anda bisa menerima dan mengeksekusi semua orderan yang masuk tanpa mengenal posisi dan keberadaan Anda saat itu.

3. Pengiriman barang

Dukungan dari ekspedisi pengiriman dengan meningkatkan kualitasnya merupakan sebuah keuntungan bagi pebisnis online. Apalagi beberapa ekspedisi saat ini telah menyediakan layanan jemput barang kiriman ke rumah pelanggan, hal ini tentunya memberikan kemudahan bagi Anda yang menjalankan usaha ini.

Anda tidak lagi dihadapkan dengan semrautnya lalulintas jalanan untuk mengantar paket pesanan ke pool ekspedisi.

4. Stock barang

Kelebihan yang lain dari toko online adalah stock barang yang tidak selalu dipersiapkan terlebih dahulu. Anda bisa menerima orderan walaupun barang tersebut belum tersedia atau habis.

Setelah menerima orderan, barulah Anda sebagai penjual melakukan pesanan pada supplier yang bisa langsung dikirimkan dari gudang supplier ke alamat pelanggan Anda. 

5. Promosi yang murah

Berbagai forum jual-beli, sosial media dan lain-lain bisa Anda manfaatkan untuk melakukan promosi secara gratis. Dengan berbagai kemudahan tersebut diharapkan peningkatan penjualan online bisa lebih maksimal.

6. Produk yang tak terhingga

Toko online bisa Anda sulap menjadi sebuah gudang raksasa yang memiliki produk tak terhingga dengan menerapkan sistem dropship untuk barang-barang tertentu (barang yang tidak ada di gudang offline Anda).

7. Tidak mengkhawatirkan pencurian

Dengan sistem online, Anda tidak perlu lagi ketakutan dengan bencana seperti kebakaran, banjir atau bahkan pencurian seperti toko offline yang tidak dijaga pada malam hari (pada saat tutup).

Anda hanya diwajibkan memilih hosting yang tepat agar sistem toko Anda tidak sering down karena kualitas hosting tidak memadai.

8. Sistem jual beli yang simpel

Toko online memiliki sistem yang sangat simpel dan memudahkan pelanggan untuk melakukan transaksi. Dengan kemudahan tersebut, tentunya memberikan keuntungan kepada dua bela pihak.

9. Pengaturan harga yang mudah

Sistem online memberikan kemudahan bagi Anda dalam menentukan harga grosir dan eceran. 

10. Karyawan yang sedikit

Kecanggihan toko online telah memberikan kemudahan bagi setiap pengelolanya sehingga untuk melayani pelanggan tidak membutuhkan karyawan yang banyak, cukup Anda sendiri saja bisa merangkap sebagai CS toko Anda.

Karyawan hanya ditugaskan untuk fokus pada pekerjaan pengepakan dan pengiriman barang.
Baca Juga : Cara Mahasiswa Memiliki Bisnis Bimbel. Berikut Caranya !
Satu hal yang harus Anda ketahui jika berminat terjun dalam bisnis online yaitu konsistensi. Siapkan mental Anda sebelum terjun dalam bisnis ini. Demikian beberapa kelebihan toko online, semoga bermanfaat. Salam
loading...

Rekomendasi

Komentar dengan bijak adalah sikap yang mulia. Dilarang berkomentar spam. Link hidup otomatis difilter.

loading...