5 Cara Klaim Asuransi Agar Berjalan Lancar

shares |

loading...
5 Cara Klaim Asuransi Agar Berjalan Lancar

Cara Klaim Asuransi - Banyaknya masalah yang sering kita dengar akan sulitnya atau terjadi kegagalan dalam melakukan klaim asuransi membuat sebagian orang masih ragu menyisihkan uangnya untuk produk asuransi. Mereka yang pernah mengalami hal tersebut biasanya tidak mengikuti prosedur serta kelengkapan berkas yang dibutuhkan oleh pihak asuransi.

Bahkan, mereka berani memanipulasi suatu informasi yang sebetulnya tidak terjadi sehingga klaim yang dilakukan sia-sia alias tidak bisa diterima oleh pihak asuransi. Dalam artikel kali ini, kami akan memberikan tips agar klaim asuransi Anda berjalan dengan lancar yang membuat Anda tersenyum walaupun sedang mengalami musibah.

Tips Sukses Klaim Asuransi/Cara Klaim Asuransi

1. Bukti yang valid

Pihak asuransi akan selalu meminta bukti terhadap kejadian yang mendukung pencairan dana produk asuransi yang Anda ambil. Perusahaan asuransi tidak akan mengabulkan permintaan Anda kalau tidak membawa bukti seperti surat kematian untuk asuransi jiwa atau surat laporan kehilangan, kebakaran dari kepolisian setempat untuk asuransi kerugian.

2. Kejujuran

Pengisian blangko yang diberikan oleh perusahaan asuransi harus diisi dengan teliti dan jujur. Pihak asuransi akan melakukan kroscek secara mendalam tentang data yang Anda ajukan, jangan sampai Anda mencoba memanipulasi data yang bisa membuat Anda terjerat hukum.

3. Klaim yang melawati jangka waktu

Setiap perusahaan asuransi memiliki jangka waktu melakukan klaim, sehingga jangan sampai Anda melewati batas waktu tersebut. Rata-rata perusahaan asuransi memberikan batas waktu klaim sekitar 3 bulan.

4. Perhatikan ketentuan khusus

Perhatikan dengan jelas ketentuan khusus atau klausul perjanjian asuransi Anda. Kalau masalah yang timbul masuk klausul pengecualian, maka jangan harap klaim yang Anda lakukan sukses.

5. Pengganti kerugian

Perusahaan asuransi memberikan bentuk pertanggungan bisa berbagai macam, bukan selalu berbentuk uang. Bisa saja penggantian kerugian bisa berupa barang sejenis dengan nilai yang sama.
Baca Juga : Cara Mendirikan Usaha Dagang (UD) Dengan Mudah
Itulah beberapa cara klaim asuransi yang bisa membantu memperlancar pencairan dana asuransi. Semoga bermanfaat
loading...

Rekomendasi

Komentar dengan bijak adalah sikap yang mulia. Dilarang berkomentar spam. Link hidup otomatis difilter.

loading...