Alat dan Cara Promosi Bisnis Online yang Wajib Anda Ketahui

shares |

Cara Promosi Bisnis Online

Cara Promosi Bisnis Online - Sebelum Anda terjun dalam bisnis online atau ada rencana mengonlinekan bisnis Anda saat ini, perlu diketahui beberapa alat sebagai tempat memasarkan, memperkenalkan produk Anda kepada seluruh pengguna internet.

Dalam bisnis online, banyak ragam yang dapat digunakan sebagai wadah jualan mulai dari situs yang dibuat sendiri sampai hanya menggunakan sosial media sebagai langkah awal memperkenalkan produk Anda.

Maka dari itu, dalam kesempatan ini penulis akan memberikan 6 pilihan untuk melangkah menjadi seorang pebisnis online. Semoga Anda bisa menentukan pilihan yang bijak, sesuai dengan kemampuan dan karakter Anda.

Alat dan Cara Promosi Bisnis Online

1. Website

Memperkenalkan berbagai produk offline Anda melalui website toko yang dikelola secara profesional akan memberikan tingkat kepercayaan yang tinggi oleh pengguna internet. Anda bisa mengupload semua jenis produk toko offline Anda secara bebas dengan spesifikasi yang jelas, sehingga calon konsumen merasa yakin dengan produk yang akan dibelinya.

Hal yang sangat penting untuk website toko online Anda adalah sebisa mungkin membuat sebuah artikel secara kontinyu dan berkesinambungan yang sesuai dengan produk yang Anda tawarkan. Artikel yang ditulis bisa disingkronkan dengan web toko Anda, tujuannya adalah untuk memenangkan persaingan di search engine seperti google, yahoo, bing dan sebagainya.

2. Search engine

Setelah Anda membuat website toko online, Anda diharuskan mendaftarkan website Anda di search engine seperti google dan bing. Dengan terdaftarnya web toko Anda diharapkan pengguna internet dapat menemukan toko online Anda melalui pencarian search engine tersebut.

Untuk mempopulerkan toko online, Anda bisa menggunakan layanan iklan dari google melalui layanan google adwords. Namun hal tersebut membutuhkan dana yang tidak sedikit.

Cara lain bisa Anda tempuh adalah menggunakan jasa SEO (Search Engine Optimization) untuk memberikan peringkat terbaik dalam pencarian di search engine tersebut. Menggunakan jasa seo memang tidak murah, tapi dengan mengeluarkan dana hanya sekali per berapa bulan (sesuai dengan target dari pemberi jasa) tentunya jauh lebih murah dibanding dengan menggunakan jasa google adwords. 

3. Sosial media

Sosial media yang paling umum dan sangat populer dibelahan dunia termasuk di Indonesia adalah Facebook. Anda bisa memanfaatkan facebook sebagai toko online Anda secara fleksibel dan tentunya gratis.

Selain facebook, sosial media yang lain bisa menjadi pilihan adalah instagram, twitter, google+, pinterest, BBM, youtube dan sebagainya. 

4. Marketplace

Marketplace sudah banyak bertebaran di seantero dunia maya untuk berjualan secara online seperti tokopedia, bukalapak, elevenia, Qoo 10, blanja, Zalora, Aliexpress, blibli, jualo, indonetwork, indotrading, tdamart dan sebagainya. Selain memberikan layanan gratis, kelebihan lainnya adalah memberikan kemudahan bagi Anda dalam mengolah lapak tanpa harus berurusan dengan berbagai script, error dan sebagainya seperti halnya jika menggunakan website pribadi.

Disamping berbagai keuntungan dari marketplace, ada juga kerugian atau tepatnya kelemahan dibandingkan web pribadi yaitu persaingan harga yang sangat kental dan sangat susah membangun brand. Saya memiliki istilah dalam marketplace yang mungkin sangat cocok untuk menggambarkan beratnya persaingan yaitu " Yang Murah Yang Menang".

5. Email marketing

Mengirim email kepada orang lain untuk memperkenalkan produk Anda bisa menjadi alternatif lain. Anda bisa memperoleh alamat email sebagai target pemasaran melalui majalah, koran, yello pages, kartu nama atau jasa advertising.

6. Jasa PPC

Untuk memperkenalkan produk yang telah diupload di website, sosial media atau blog toko online Anda, menggunakan jasa PPC lokal seperti kumpulblogger, adsensecamp, kliksaya, adplus dan masih banyak yang lain bisa menjadi pilihan.

Perbedaan PPC lokal yang signifikan dibanding dengan google adwords adalah harga yang lebih bersahabat.
Baca Juga : Ketahui 19 Tanaman Sayur yang Layak Menjadi Penghasil Rupiah
Itulah beberapa cara promosi bisnis online untuk memperkenalkan produk offline Anda. Semoga bermanfaat
loading...
 GROSIR PULSA MURAH ALL OPERATOR

Rekomendasi

Komentar dengan bijak adalah sikap yang mulia. Dilarang berkomentar spam

loading...