Lakukan 6 Tips Ini Dalam Mengatur Keuangan Bagi Anda yang Masih Lajang

shares |

Tips Mengatur Keuangan Pribadi

Tips Mengatur Keuangan - Ada seorang kawan berkeluh kesah kepada penulis mengenai keuangannya yang selalu tipis saat tanggal tua. Padahal kalau saya lihat gaji dia itu sudah lebih dari cukup. Terlebih dia masih lajang, belum memiliki tanggungan yang perlu banyak biaya. 

Sebenarnya, kejadian kayak teman saya di atas banyak juga terjadi di sekeliling kita. Dan yang menjadi pemicu atau penyebabnya adalah mereka tidak bisa mengatur keuangannya. 


Seorang lajang umumnya memiliki sifat konsumtif yang berlebih karena masih tidak punya banyak tanggungan. Keinginan untuk membeli banyak barang akhirnya menjerumuskan mereka pada kondisi keuangan yang kacau.
 

Nah, jika Anda masih lajang dan ingin kondisi finansial Anda terselamatkan, tidak ada salahnya menyimak pembahasan berikut.
 

Tips Mengatur Keuangan Bagi Anda yang Masih Lajang

1. Hidup sederhana

Hidup sederhana adalah pilihan tepat jika ingin keuangan Anda baik-baik saja. Selama ini jika dipikir-pikir, sesuatu yang mahal itu adalah gaya hidup. Banyak dari mereka para lajang yang memaksa membeli barang-barang mewah demi terlihat gaul. Namun kondisi finansialnya acak-acakan.
 

Tentunya anda tidak ingin seperti itu bukan? maka dari itu, tahan nafsu Anda untuk mengejar gaya hidup yang “wah” demi masa depan yang lebih mapan.
 

2. Hilangkan anggapan mumpung masih sendiri

Anggapan ini banyak muncul di pikiran para pemuda yang masih lajang ketika mereka memegang uang atau baru gajian. Sebenarnya anggapan inilah yang mendorong niat untuk membeli barang yang sebenarnya tidak dibutuhkan.

Persepsi seperti ini adalah cara berpikir pendek yang tentunya akan menjerumuskan kondisi masa depan Anda ketika memiliki pasangan nanti.
Untuk itu, hilangkan anggapan ini dari otak Anda. Ingat selalu ada masa depan untuk disiapkan. Kesenangan hari ini hanya akan menimbulkan kesengsaraan di masa mendatang jika dilakukan secara berlebihan.


3. Saat keuangan sedang bagus, jangan ubah gaya hidup

Maksud poin ini adalah jika Anda mendapatkan kenaikan gaji ataupun usaha sedang bagus-bagusnya, jangan diikuti dengan meningkatnya gaya hidup. Misal yang sebelumnya berlangganan paket internet 2 GB, tapi karena naik gaji, kuota internet juga ditingkatkan menjadi 5 GB. Hal ini hanya akan menyia-nyiakan uang Anda. lebih baik uang itu ditabung atau kebutuhan lain yang lebih mendesak.

4. Hindari berhutang

Hutang tidak akan pernah menolong. Hutang hanya akan mempersulit kondisi keuangan Anda. Maka dari itu, usahakan sebisa mungkin untuk menghindari hutang meskipun kondisi keuangan Anda saat itu sedang buruk-buruknya.

Lebih baik menekan pengeluaran daripada berhutang, karena nantinya akan membuat keuangan Anda semakin berantakan dalam jangaka panjang. Seperti contoh berhutang pada lembaga kredit, mungkin benar saat itu Anda akan tertolong. Namun, untuk beberapa bulan kedepan Anda akan terus ditagih oleh pemberi hutang tersebut.

5. Berinvestasi

Walaupun anda masih muda dan lajang, tidak ada salahnya mulai berpikir untuk berinvestasi demi masa depan. Hal ini lebih baik daripada Anda menghamburkan uang untuk hal yang tidak perlu.

Saya yakin, jika Anda mulai belajar berinvestasi dari umur belia maka kecenderungan bergaya hidup mewah akan terkikis dengan sendirinya. Berinvestasi sejak dini akan mempercepat kedewasaan berfikir Anda dalam hal keuangan untuk masa depan.
 

6. Membiasakan diri untuk menabung

Menabung memang terdengar mudah namun sulit untuk dilakukan. Perilaku konsumtif terkadang mengalahkan niat untuk menabung. Namun, bagaimanapun alasannya belajarlah membiasakan diri untuk menabung. Karena dengan menabung, berarti Anda sudah menyiapkan diri untuk masa depan.

Entah itu untuk menikah, membeli rumah atau yang lainnya. Intinya menabung itu tidak ada ruginya.
 

Nah, itulah tips mengatur keuangan untuk Anda yang masih lajang. Status lajang bukanlah alasan untuk menghabiskan uang karena belum ada tanggungan.
Baca Juga : 6 Langkah Menghasilkan Uang Dengan Mobil Pribadi
Justru kondisi lajang tersebut merupakan kesempatan emas untuk menabung dan berinvestasi. Percayalah, ketika Anda berkeluarga nanti, kesempatan menabung menjadi semakin susah karena banyaknya tanggungan. Maka dari itu, jika tidak mulai sekarang, kapan lagi?
loading...
 GROSIR PULSA MURAH ALL OPERATOR

Rekomendasi

Komentar dengan bijak adalah sikap yang mulia. Dilarang berkomentar spam

loading...