Sunny Kamengmau, Berawal dari Tukang Kebun hingga Akhirnya Bisa Beromset Milyaran

shares |

Kisah Sukses Seorang Pengusaha

Kisah Sukses Seorang Pengusaha - Seseorang yang mau bekerja keras serta pantang menyerah dalam menjalankan usahanya, pasti suatu saat akan mendapatkan kesuksesannya. Contohnya Sunny Kamengmau, seorang yang dulunya bukan siapa-siapa, hanya bermodalkan semangat, kerja keras serta keyakinan, telah berhasil menggapai mimipinya dalam bisnis tas.

Padahal dulunya Sunny hanyalah seorang tukang kebun di salah satu hotel di Bali. Penasaran ingin tahu bagaimana perjalanan hidupnya, berawal dari seorang tukang kebun hingga menjadi pengusaha tas yang sukses? inilah ulasan lengkapnya.

Kisah Sukses Seorang Pengusaha Berawal dari Tukang Kebun

Sunny Kamengmau berasal dari Nusa Tenggara Timur. Perjalanannya menjadi seorang pengusaha bukannya perjalanan yang mudah namun banyak rintangan dan penuh dengan perjuangan. Perjuangan dimulai saat Sunny Kamengmau masih muda, dia kabur dari rumah saat masih menempuh pendidikan SMA. Dia lari dari rumah dan sampailah di Kuta, Bali. Sesampainya di Bali Sunny Kamengmau bekerja di sebuah Hotel di Bali sebagai tukang kebun. Setahun kemudian dia mendapat promosi dan menjadi satpam di hotel tersebut. Dia menjadi saptam selama empat tahun.

Sunny Kamengmau merupakan seseorang yang memiliki minat belajar yang tinggi terlebih pada bahasa asing. Semenjak menjadi tukang kebun Sunny sudah mulai belajar bahasa Inggris dan bahasa Jepang. Minatnya yang sangat tinggi mempelajari bahasa asing tersebut mendorongnya untuk membeli kamus bahasa Inggris dengan gajinya yang saat itu masih menjadi tukang kebun sebanyak Rp 50.000,00. Tujuan Sunny Kamengmau mempelajari bahasa asing agar dapat bergaul dengan tamu di hotel tersebut yang sebagian besar merupakan tamu asing.

Peluang Bisnis dari Jepang

Kemauan belajar bahasa asing membuatnya dekat dengan para tamu dan majikannya. Sunny sendiri mengatakan bahwa dia menjadikan majikan dan para tamunya sebagai guru dalam mempelajari bahasa asing. Dia mengatakan bahwa hubungan dia dan keluarga majikannya terutama Marlon yang merupakan anak majikannya sangat dekat. 

Kemauan dan kemampuannya ini mempertemukannya dengan seorang berwarganegara Jepang pada tahun 1995 yang merupakan seorang tamu di hotel tersebut bernama Nobuyuki Kakizaki. Kemampuan Sunny berbahasa Jepang membuatnya akrab dengan Nobuyuki Kakizaki yang ternyata pemilik perusahaan Real Point Inc. 

Setelah sekitar lima tahun Sunny berteman dengan Nobuyuki, dia ditawari peluang yang menggiurkan dan menjanjikan. Sunny ditawari sebagai pemasok tas kulit untuk perusahaannya karena Nobuyuki sedang memperlebar bisnisnya di Jepang. Meskipun Sunny tidak memiliki pengalaman tentang bisnis tersebut, Sunny nekat dan bertekat untuk mengambil tawaran dari Nobuyuki tersebut.

Kegagalan Berkali-kali

Kisah sukses seorang pengusaha tidak langsung datang begitu saja begitupun yang terjadi pada Sunny setelah adanya peluang emas tersebut. Dia berkali-kali gagal dalam menjalankan bisnis ini. Bahkan Sunny perlu waktu selama enam bulan untuk membuat sebuah sampel tas kulit yang disukai oleh masyarakat Jepang. Itupun tidak langsung diterima. Penjahit Sunny hampir menyerah dan berputus asa dalam membuat tas kulit yang diterima masyarakat Jepang. Namun Sunny tidak menyerah dan terus mencoba dan bertekad kuat membuat tas kulit yang berkualitas dan dapat diterima oleh masyarakat Jepang.

Setelah gagal berkali-kali Sunny akhirnya dapat membuat tas yang diterima oleh masyarakat Jepang. Pada awalnya pesanan tidak begitu banyak namun pada tahun 2003 Sunny sudah mendapat pesanan 100 hingga 200 tas perbulan.

Tahun 2006 tas yang dikirim Sunny ke Jepang dengan merek dagang Robita dapat memproduksi sebanyak 5000 tas perbulannya. Tas Robita merupakan tas yang digemari kalangan sosialita dan dibanderol mulai harga 2 juta rupiah hingga 4 juta rupiah. Sehingga omset Sunny tiap bulannya sekitar 10 miliar rupiah. Wow angka yang cukup fantastis bukan?
Demikian kisah sukses seorang pengusaha yang bernama Sunny Kamengmau. Dengan kegigihannya tanpa kenal putus asa, membuatnya meraih kesuksesan. Semoga bisa menjadi inpirasi untuk Anda. Madu untuk anak
loading...

Rekomendasi

Komentar dengan bijak adalah sikap yang mulia. Dilarang berkomentar spam

loading...