Kisah Sukses Ratna Miranti di Bisnis Glass Painting, Berawal dari Ketidaksengajaan

shares |

kisah sukses wirausaha

Kisah Sukses Wirausaha - Kesuksesan yang besar tidak harus berasal dari pemikiran yang besar pula. Bisa saja kesuksesan berasal dari hal yang tidak pernah terpikirkan sebelumnya. Bisa juga kesuksesan berasal dari sebuah kesalahan kecil yang telah kita lakukan. Hal ini terjadi kepada salah seorang pengusaha wanita asal Bandung, Ratna Miranti. 

Ratna mulanya adalah seorang pengusaha dibidang industri batik, namun dia malah meraup kesuksesan dari bisnis yang tidak pernah terpikirkan dan sangat berbeda dari bisnis batiknya, yaitu glass painting.

Berawal dari Kesalahan Membeli Bahan Cat

Seperti yang sudah diulas sebelumnya bahwa usaha yang membawa Ratna Miranti menuju kesuksesan merupakan usaha yang tidak pernah terpikirkan sebelumnya hingga dapat dikatakan bahwa ini merupakan sebuah kebetulan yang membawa pada kesuksesan.

Kisah sukses wirausaha Ratna Miranti sebelumnya sudah memiliki usaha batik yang belum terlalu besar skalanya. Namun setelah berkeluarga Mira memilih vakum untuk sementara dari bisnis tersebut. Dan setelah beberapa waktu dia mulai melirik kembali dunia bisnis disamping perannya sebagai ibu rumah tangga. Mira memulai bisnisnya kembali dengan membeli peralatan dalam pembuatan batik antara lain cat untuk keperluan menggambar batik. Sesampainya di rumah Mira baru sadar bahwa dia salah membeli cat. Bukannya membeli cat untuk membatik, Mira malah membeli cat yang dipakai untuk melukis kaca. 

Mira belum pernah menggunakan cat tersebut, namun jiwa kreatifnya membuat Mira tergerak untuk mencoba melukis hasil karyanya sendiri di atas bahan yang berbahan dasar kaca. Lulusan seni rupa ITB ini mencobanya di botol kaca yang ada di rumahnya dan menggambar motif-motif hasil karyanya. Hasilnya yang memuaskan membuat Mira ketagihan melakukannya. Menggambar di atas kaca atau yang lebih sering disebut glass painting ini mulai dibisniskan oleh Mira. Dia memajang hasil karyanya di media sosial dan mendapat sambutan yang baik dari masyarakat. Bahkan dia langsung mendapat pesanan dari produk kebetulan itu.

Setelah mulai menekuni dunia bisnis di media kaca ini Mira tak lekas puas dan tidak mau belajar. Justru dia terus berusaha mengasah kemampuannya dalam  bidang glass painting dengan mengikuti berbagai pelatihan. Dalam pelatihan ini Mira mendapatkan banyak pengetahuan baru seperti jenis media lukis, cara pengecatan, pelapisan dan pengeringan produknya.

Setelah mengikuti pelatihan Mira memperoleh beberapa tawaran salah satunya dari perusahaan minuman untuk mengerjakan proyek melukis 20 botol. Lalu setelah itu Mira dipercaya untuk membuat 1500 lukisan di botol dalam waktu 1,5 bulan. Dalam memenuhi pesanan tersebut Mira meminta bantuan dari mahasiswa seni rupa ITB adik angkatannya untuk membantunya dalam mengerjakan proyek besar  tersebut.

Ekspansi dan Bantuan Dana

Pada tahun 2010 kesempatan datang kepada Mira untuk mengikuti pameran produk kerajinan di Jakarta. Dalam pameran ini Mira mengusung brand Maerakatja sebagai nama brand dari produk glass painting miliknya. Dalam pameran tersebut Mira mendapat bantuan dana sebagai modal usaha sebanyak 50 juta rupiah dari PNM atau PT. Permodalan Nasional Madani. 

Dengan modal yang diperolehnya, Mira melakukan ekspansi pada bisnisnya dan memperbanyak produknya. Mira dapat mengantongi omset 30 juta rupiah per bulan. Omset ini cukup besar dibandingkan dengan omsetnya yang dulu sebanyak 5 juta rupiah saja perbulan. Mira tidak hanya memproduksi botol lukis namun juga merambah pada produk interior. Sudah ada beberapa produknya yang dikirim ke luar negeri.
Nah, semoga kisah sukses wirausaha ini bisa memacu kreatifitas Anda untuk terus berjuang dalam meraih pundi-pundi rupiah. Salam sukses
loading...
 GROSIR PULSA MURAH ALL OPERATOR

Rekomendasi

Komentar dengan bijak adalah sikap yang mulia. Dilarang berkomentar spam

loading...