Susi Pudjiastuti, Lulusan SMP yang Memulai Kisahnya dari Jualan Ikan Hingga Menjadi Menteri

shares |

loading...
Kisah Inspiratif Orang Sukses

Kisah Inspiratif Orang Sukses - Pada zaman modern seperti ini pendidikan formal sangatlah penting perannya dalam menunjang kesuksesan masa depan dan karir seseorang. Namun bagi sebagian orang karena satu dan lain hal membuat pendidikan formal sangatlah sulit diraih. Mungkin karena faktor biaya atau faktor penghalang lainnya.

Namun pendidikan tidak hanya bisa didapatkan dari pendidikan formal saja, pendidikan non formal juga memiliki sumbangsih yang sama untuk masa depan seseorang. Banyak orang percaya, jika pengalaman merupakan guru yang terbaik. Dan hal ini sudah dibuktikan oleh seorang Susi Pudjiastuti. Meskipun tidak mengenyam pendidikan formal yang tinggi, Susi dapat menjadi pebisnis yang sukses.

Siapa Susi Pudjiastuti?

Susi Pudjiastuti yang menjadi kisah inspiratif orang sukses adalah perempuan biasa yang berasal dari keluarga yang dapat dikatakan berkecukupan. Susi lahir pada 15 Januari 1965 di Pangandaran dari pasangan Hj. Suwuh Lasminah dan ayahnya H. Ahmad Karlan. Kedua orang tuanya berprofesi sebagai saudagar sapi dan kerbau. Selepas SMP Susi memutuskan untuk melanjutkan SMA di Jawa Tengah. Namun pada tahun kedua di SMA Susi memutuskan keluar dari sekolah dan kembali ke Pangandaran. 

Di Pangandaran dia mulai usaha baju dan bedcover. Sampai suatu saat Susi yang melihat Pangandaran sebagai penghasil ikan yang melimpah, mendorongnya untuk menghasilkan rupiah dari ikan yang ada di Pangandaran tersebut. Modal awal Susi adalah uang hasil menjual perhiasannya sebesar Rp 750 ribu.

Awal Kisah Perjalanan Bisnisnya di Bidang Perikanan

Awal mula usaha Susi di bidang perikanan dimulai dengan membeli ikan di tempat pelelangan dan menjualnya di restoran. Pemasaran ke beberapa restoran yang dilakukan oleh Susi tidaklah selalu berjalan lancar. Namun dengan ketekunan dan kerja keras setahun kemudian Susi dapat menguasai pelelangan ikan yang ada di Pangandaran. Susi bahkan langsung ke Jakarta untuk memasarkan produk ikannya ke restoran yang ada di Jakarta dan juga sekaligus untuk dikirim keluar negeri.

Setelah mengetahui bahwa permintaan akan Lobster dari luar negeri cukup tinggi maka Susi rela menelusuri daerah di Indonesia untuk mendapatkan Lobster yang akan dikirim ke Luar Negeri. Namun permasalahan mulai muncul. Stok Lobster dan ikan yang melimpah terhambat dengan transportasi yang belum mendukung. Saat itu mengangkut lobster dan ikan dengan angkutan udara belum dapat berjalan dengan lancar namun jika diangkut dengan transportasi darat atau laut ikan-ikan menjadi tidak segar. Hambatan ini malah memberi ide bagi Susi untuk membuka usaha baru di bidang penerbangan. Terlebih suami Susi saat itu yang merupakan pilot pesawat merestui dan mendukung Susi dalam menjalankan usaha penerbangan tersebut.

Usaha penerbangan inipun tidak berjalan mulus, terdapat hambatan seperti pinjaman yang ditolak oleh Bank pada tahun 2000. Namun pada tahun 2005 Susi berhasil mendapatkan pinjaman dari Bank sebanyak 47 miliar rupiah. Dengan pinjaman tersebut Susi membangun landasan pacu untuk pesawat kecil di Pangandaran dan juga membeli dua pesawat Cessna.

Tragedi Tsunami Aceh 2004 silam membuat Susi tergerak untuk membantu dengan pesawat kecilnya. Susi yang memang berniat membantu tidak menyangka bahwa pesawatnya disewa oleh LSM dari luar negeri untuk membantu korban. Inilah pertama kalinya usaha “Susi Air” bermula. Susi Air menyediakan jasa angkut penumpang dan hasil laut.

Susi Menjadi Menteri

Pengalaman Susi di bidang perikanan dan kelautan membuat Ir. Joko Widodo presiden Republik Indonesia periode 2014-2019 memilih Susi Pudjiastuti untuk menduduki posisi Menteri Kelautan di Kabinet Kerjanya. Pengalaman dan kesuksesannya dalam menjalankan bisnis di bidang hasil kelautan dirasa pantas untuk menjabat pada posisi tersebut.
Demikian kisah inspiratif orang sukses, semoga bisa menjadi pembelajaran untuk Anda. Amin
loading...

Rekomendasi

Komentar dengan bijak adalah sikap yang mulia. Dilarang berkomentar spam. Link hidup otomatis difilter.

loading...