>

$show=post

Buat Anda Investor Pemula, Wajib Tahu Apa Itu Buyback Saham

SHARE:

Apa Itu Buyback Saham

Apa Itu Buyback Saham - Ketika suatu negara mengalami krisis keuangan, biasanya beberapa perusahaan milik negara melakukan buyback saham perusahaan  mereka sendiri. Hal ini untuk mengantisipasi penurunan harga saham perusahaan sebagai akibat dari pelemahan ekonomi.

Lantas, apa yang dimaksud dengan buyback, apa untungnya melakukan hal tersebut? Untuk mengetahui lebih jauh, simak ulasan lengkap mengenai buyback saham, di bawah ini.

Pengertian Buyback Saham

Buyback merupakan tindakan yang dilakukan oleh suatu perusahaan dengan membeli kembali saham perusahaan tersebut yang telah beredar di publik. Atau dengan kata lain, perusahaan menginvestasikan dana mereka pada perusahaannya sendiri.

Tindakan buyback ini bisa dilakukan dengan persetujuan dari rapat umum pemegang saham ketika kondisi pasar sedang berfluktuasi secara signifikan.

Setiap perusahaan tentunya memiliki alasan tersendiri mengapa mereka melakukan buyback. Selain untuk menyelamatkan nilai saham karena harganya yang terus menurun, perusahaan kadang melakukan buyback dengan alasan mengurangi jumlah deviden yang harus disetorkan kepada para investor. Namun, secara umum ada dua alasan suatu perusahaan melakukan buyback.

Alasan Melakukan Buyback

a. Mengurangi likuiditas saham di pasaran

Perusahaan biasanya melakukan buyback untuk mengurangi likuiditas saham perusahaan di pasar modal. Tindakan buyback dapat mengurangi jumlah saham yang beredar di pasar modal.

Saham dengan jumlah yang terbatas atau tidak terlalu banyak akan menyebabkan harganya lebih mudah naik serta memperoleh ratio keuntungan yang lebih baik. 

b. Meningkatkan rasio keuangan

Seperti yang telah diketahui, semakin terbatas jumlah suatu barang, maka harganya akan semakin tinggi. Tindakan buyback akan mengurangi jumlah saham yang beredar di pasar dan meningkatkan rasio keuntungan per lembar saham (Earning per Share) perusahaan karena jumlah saham yang terbatas dan harganya semakin tinggi.

Berdasarkan Undang-Undang Nomor 40 tahun 2007 tentang Perseroan Terbatas, sebuah Perseroan diperbolehkan melakukan buyback dengan ketentuan sebagai berikut :

Ketentuan Melakukan Buyback

a. Pembelian saham kembali tidak menyebabkan perseroan merugi

Tindakan buyback harus tetap menjaga nilai kekayaan bersih Perseroan tetap lebih besar dari pada jumlah cadangan wajib yang telah disisihkan ditambah dengan modal yang ditempatkan.

b. Jumlah saham yang dibeli kembali dimiliki oleh Perseroan

Ketika melakukan buyback, jumlah nilai saham yang dibeli kembali oleh Perseroan tidak melebihi 10% dari jumlah modal yang ditempatkan Perseroan. Sehingga tindakan buyback tidak menyebabkan pengurangan modal Perseroan.

Tindakan buyback oleh perusahaan biasanya dilakukan menggunakan cara-cara sebagai berikut.

Cara Melakukan Buyback

a. Membeli saham di pasar reguler

Perusahaan bisa membeli kembali saham mereka di pasar saham reguler dengan harga yang sesuai dengan harga di pasaran. Para investor akan sangat mewaspadai adanya isu buyback di pasar modal karena biasanya akan berpengaruh pada meningkatnya harga saham perusahaan tersebut.

b. Menawarkan kepada pemegang saham (Tender Offer)

Untuk melakukan buyback perusahaan bisa melakukan tender offer atau menawarkan kepada para pemegang sahamnya untuk menjual saham yang mereka miliki kepada perusahaan dengan kisaran harga yang ditentukan oleh perusahaan.

Jika jumlah saham yang ditawarkan lebih banyak dari pada yang dibutuhkan perusahaan, biasanya perusahaan akan memilih saham dengan tawaran harga yang lebih murah dari ketetapan harga.

Setiap perusahaan tentunya mengharapkan adanya keuntungan dari setiap tindakan atau transaksi yang mereka lakukan di pasar saham. Berikut ini keuntungan yang bisa didapat perusahaan dari aksi buyback yang mereka lakukan.

Keuntungan Melakukan Buyback

a. Jumlah setoran ke deviden berkurang

Jumlah deviden yang harus diberikan perusahaan kepada pemegang saham di luar perusahaan akan berkurang karena jumlah saham yang dimiliki publik berkurang.

b. Harapan memperoleh keuntungan di masa depan

Jika suatu saat harga saham yang mereka miliki mengalami peningkatan, maka perusahaan akan mendapatkan keuntungan ketika menjual saham mereka.
Baca Juga :
Demikian ulasan mengenai buyback saham. Buyback tidak selamanya merupakan kabar buruk bagi investor namun juga bisa memberikan keuntungan bagi para pemegang saham perusahaan tersebut. Semoga bermanfaat.

COMMENTS

BLOGGER
Name

ASURANSI,5,BISNIS KULINER,9,BISNIS ONLINE,13,BISNIS SAMPINGAN,15,BISNIS WARALABA,11,BITCOIN,3,BLOGGING,9,FOREX,8,GADGET & APLIKASI,3,INVESTASI,11,INVESTASI EMAS,2,INVESTASI SAHAM,4,KEUANGAN,8,KISAH INSPIRATIF,8,PELUANG BISNIS PERKEBUNAN,12,PELUANG BISNIS PETERNAKAN,19,PELUANG USAHA,94,PELUANG USAHA BAGI PEMULA,8,PELUANG USAHA MAHASISWA,4,PELUANG USAHA PERTOKOAN,6,PELUANG USAHA PROPERTI,11,PERIZINAN,6,REVIEW PRODUK,3,SEO,5,SPONSORED,3,TIPS BISNIS,76,TOKOH,3,TUTORIAL,3,WALET,9,
ltr
item
anakdagang.com: Buat Anda Investor Pemula, Wajib Tahu Apa Itu Buyback Saham
Buat Anda Investor Pemula, Wajib Tahu Apa Itu Buyback Saham
Apa Itu Buyback Saham - Ketika suatu negara mengalami krisis keuangan, biasanya beberapa perusahaan milik negara melakukan buyback saham perusahaan mereka sendiri. Hal ini untuk mengantisipasi penurunan harga saham perusahaan sebagai akibat dari pelemahan ekonomi.
https://3.bp.blogspot.com/-DVAeRihc9CU/V7UOhj12zrI/AAAAAAAABQk/Eo7ZwQx7umUtYxwf_ydeCW_1LZ976bc4ACLcB/s640/Buat%2Banda%2Binvestor%2Bpemula%252C%2Bwajib%2Btahu%2Bapa%2Bitu%2Bbuyback%2Bsaham.jpg
https://3.bp.blogspot.com/-DVAeRihc9CU/V7UOhj12zrI/AAAAAAAABQk/Eo7ZwQx7umUtYxwf_ydeCW_1LZ976bc4ACLcB/s72-c/Buat%2Banda%2Binvestor%2Bpemula%252C%2Bwajib%2Btahu%2Bapa%2Bitu%2Bbuyback%2Bsaham.jpg
anakdagang.com
http://www.anakdagang.com/2016/08/buat-anda-investor-pemula-wajib-tahu-apa-itu-buyback-saham.html
http://www.anakdagang.com/
http://www.anakdagang.com/
http://www.anakdagang.com/2016/08/buat-anda-investor-pemula-wajib-tahu-apa-itu-buyback-saham.html
true
8897343119264651685
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy