Ingin Sukses dalam Bisnis Grosir Sembako? Lakukan 3 Langkah Berikut Ini

shares |

Bisnis grosir sembako

Bisnis Grosir Sembako - Sembilan bahan pokok atau akrab disingkat dengan sembako adalah kumpulan barang-barang yang dibutuhkan secara rutin dalam kehidupan sehari-hari. Seperti namanya, sebagai bahan pokok, sembako selalu dibutuhkan secara terus menerus dan dalam jumlah yang besar. Itulah mengapa membuka bisnis sembako adalah hal yang sangat menarik dan potensial.

Banyaknya toko sembako rumahan atau mini market harusnya tidak menyurutkan minat Anda untuk memulai bisnis sembako. Justru hal ini dapat dilihat sebagai potensi dan segmentasi pasar yang menarik. Semakin banyak toko kelontong rumahan, maka semakin banyak pemilik toko tersebut mencari agen atau toko grosir sembako yang tidak hanya murah namun juga lengkap. Inilah peluang besar bagi Anda.


Tidak hanya itu, ibarat kata pepatah, satu kali mendayung dua tiga pulau terlampaui maka grosir sembako tidak hanya membuat Anda dibanjiri pembeli yang berasal dari pemilik toko kelontong namun juga pembeli perseorangan yang sering belanja dalam partai besar sebagai belanja bulanan. 


Meskipun modal untuk memulai bisnis grosir sembako ini relatif besar, sebenarnya bisnis ini juga memiliki waktu balik modal yang relatif lebih cepat selama bisnis berjalan lancar.

Jika Anda tertarik ingin mencoba memulai bisnis sembako ini, ada baiknya menyimak beberapa langkah mudah yang bisa Anda terapkan nantinya. Berikut sedikit tips untuk Anda.



Langkah-Langkah Sebelum Membuka Bisnis Grosir Sembako

1. Memilih supplier atau pemasok barang

Ini adalah salah satu hal yang utama mengingat sebagai toko grosir, Anda harus menawarkan harga miring atau harga di bawah pasar sehingga pembeli di toko Anda dapat menjual kembali barang tersebut dengan harga normal namun tetap memperoleh keuntungan.

Anda dapat mencoba menjalin komunikasi dengan distributor resmi dari beberapa perusahaan agar memperoleh harga pabrik.
Jika belum memiliki akses ke distributor langsung dari pabrik, Anda dapat mendatangi agen yang lebih besar dan membeli barang dalam skala besar sehingga bisa mendapat harga yang lebih murah. Umumnya agen-agen besar akan memberikan harga semakin murah jika membeli barang semakin banyak.

2. Memilih lokasi toko grosir yang strategis

Pilihlah lokasi toko yang strategis, tidak hanya mudah dijangkau namun juga memiliki lahan yang luas. Hal ini dikarenakan Anda tidak hanya membutuhkan ukuran toko yang besar namun juga lokasi gudang barang yang besar serta lahan parkir yang luas.

Terlebih jika banyak truk dan mobil yang akan singgah ke toko Anda baik untuk memasok barang maupun membeli barang dalam skala besar. Jangan lupa pilih daerah yang memiliki banyak toko kelontong rumahan sehingga banyak pembeli yang akan datang ke toko grosir Anda.

3. Menawarkan fasilitas menarik

Memulai bisnis memang selalu tidak mudah, Anda harus memiliki ciri khas dan nilai jual agar bisnis dapat berjalan dengan lancar. Salah satu hal yang dapat Anda lakukan agar bisnis toko grosir sembako berjalan adalah dengan menyediakan sistem delivery order atau pesan antar.

Sistem pesan antar ini bisa menjaring lebih banyak pelanggan karena menarik dan efisien. Selain itu, Anda juga bisa mencoba membuat member card bagi pelanggan setia. Sediakan hadiah bagi pemegang kartu member tersebut seperti undian barang elektronik setiap 6 bulan sekali dan diskon harga jika memberi barang dalam skala besar.

Baca Juga : 5 Strategi Memenangkan Persaingan Bisnis dengan Mudah
Demikian langkah-langkah mudah untuk memulai bisnis grosir sembako, selamat mencoba dan semoga berhasil.
loading...

Rekomendasi

Komentar dengan bijak adalah sikap yang mulia. Dilarang berkomentar spam

loading...