>

$show=post

5 Tips Mengatur Keuangan yang Bijak untuk Mahasiswa

SHARE:

Tips Mengatur Keuangan

Tips Mengatur Keuangan - Seorang mahasiswa dituntut cerdas dalam mengelola uang. Membagi antara kebutuhan pribadi dan kebutuhan kuliah. Kita mungkin sering menjumpai mahasiswa yang budget bulanannya lebih kecil, tetapi mampu mengelola keuangannya lebih baik dari mereka yang budget bulanannya mungkin lebih besar. Hal ini tentu tergantung masing-masing individu dalam mengelola keuangan mereka sebaik mungkin.

Bagi anda yang saat ini berstatus sebagai mahasiswa dan ingin membiasakan mengelola keuangannya dengan benar, tidak ada salahnya jika anda simak beberapa tips berikut ini.

Tips Buat Anak Kuliahan untuk Mengatur Keuangannya

1. Catat keuangan Anda

Catat semua aktivitas keuangan anda. Tidak perlu yang rumit, cukup sediakan satu buku catatan dan mulailah mencatat pemasukan dan pengeluaran yang terjadi. Kumpulkan juga setiap bukti-bukti pengeluaran yang pernah dilakukan seperti struk belanja ataupun kwitansi pembayaran.

Dengan demikian, anda bisa lebih mudah dalam melakukan monitoring dan evaluasi terhadap keadaan finansial anda selama satu bulan dan jika ada yang salah dan terkesan boros, anda bisa menandainya dan berusaha memperbaikinya bulan depan. Selain itu, jika anda telah terbiasa dengan rutinitas tersebut, maka bisa membentuk karakter positif dalam mengelola keuangan Anda di masa yang akan datang.

2. Rencanakan budget untuk pengeluaran Anda

Setiap bulan pasti ada pemasukan ke dalam rekening anda. Namun, apakah Anda sudah merencanakan pengeluarannya? Perencanaan ini sangatlah penting. Pada awal bulan cobalah untuk memetakan pengeluaran Anda seperti makan, membayar sewa kos, mengerjakan tugas-tugas dan lain-lain.

Tips mengatur keuangan dengan merencanakan pengeluaran memiliki manfaat yang cukup baik. Yakni anda akan terhindar dari pengeluaran yang terlalu banyak yang terkadang tidak terpantau.

3. Jangan satukan rekening pribadi dan rekening lain

Pada zaman ini, memiliki rekening bank merupakan kewajiban setiap mahasiswa. Hal ini berguna untuk memudahkan transfer uang, menabung dan menjaga mereka tetap aman. Nah, bagi Anda para mahasiswa yang sibuk, dalam hal ini sibuk berorganisasi atau berbisnis. Terlebih lagi anda merupakan bendahara dari suatu organisasi. Maka, jangan sekali-sekali menyimpan uang pribadi dan organisasi menjadi satu rekening.

Hal ini sangatlah tidak efektif. Anda akan kebingungan dalam mengatur uang Anda. Kemungkinan terburuk adalah uang organisasi anda bisa tidak sengaja terpakai.

4. Bedakan antara kebutuhan dan keinginan

Tidak bisa dipungkiri, saat awal bulan adalah saat-saat dimana anda akan memegang uang yang cukup banyak. Pada saat itu pula sifat konsumtif cenderung menguasai diri anda. Keinginan untuk membeli ini dan itu seakan sulit ditahan.

Untuk mengatasi hal ini, cobalah membuat daftar skala prioritas. Dahulukan kebutuhan anda yang paling mendesak dan paling penting. Jangan sampai uang Anda habis untuk barang-barang yang sebenarnya tidak Anda butuhkan.

5. Jangan lupa menabung

Kita semua tahu bahwa seorang mahasiswa memang memiliki kebutuhan yang tidak sedikit. Namun, jangan sampai banyaknya kebutuhan tersebut membuat Anda lupa menabung. Setiap uang bulanan yang Anda terima, pasti memiliki sedikit kelebihan. Hindari memakai uang lebih ini untuk hal-hal yang kurang berguna, tapi mulailah untuk menyimpannya di tabungan. Ingat, menabung adalah kegiatan yang sangat menguntungkan.
Baca Juga : Peluang Usaha Sampingan untuk Anak Kost
Menjadi seorang mahasiswa, apalagi mahasiswa rantau memang sering kesulitan dalam mengatur keuangan. Namun, setelah berusaha menerapkan 5 tips mengatur keuangan di atas, setidaknya Anda bisa meminimalisir pengeluaran dan membentuk Anda menjadi manusia yang lebih disiplin dalam hal keuangan. Terimakasih dan semoga bermanfaat

COMMENTS

BLOGGER
Name

ASURANSI,5,BISNIS KULINER,9,BISNIS ONLINE,13,BISNIS SAMPINGAN,15,BISNIS WARALABA,11,BITCOIN,3,BLOGGING,9,FOREX,8,GADGET & APLIKASI,3,INVESTASI,11,INVESTASI EMAS,2,INVESTASI SAHAM,4,KEUANGAN,8,KISAH INSPIRATIF,8,PELUANG BISNIS PERKEBUNAN,12,PELUANG BISNIS PETERNAKAN,19,PELUANG USAHA,94,PELUANG USAHA BAGI PEMULA,8,PELUANG USAHA MAHASISWA,4,PELUANG USAHA PERTOKOAN,6,PELUANG USAHA PROPERTI,11,PERIZINAN,6,REVIEW PRODUK,3,SEO,5,SPONSORED,3,TIPS BISNIS,76,TOKOH,3,TUTORIAL,3,WALET,9,
ltr
item
anakdagang.com: 5 Tips Mengatur Keuangan yang Bijak untuk Mahasiswa
5 Tips Mengatur Keuangan yang Bijak untuk Mahasiswa
Tips Mengatur Keuangan - Seorang mahasiswa dituntut cerdas dalam mengelola uang. Membagi antara kebutuhan pribadi dan kebutuhan kuliah. Kita mungkin sering menjumpai mahasiswa yang budget bulanannya lebih kecil, tetapi mampu mengelola keuangannya lebih baik dari mereka yang budget bulanannya mungkin lebih besar. Hal ini tentu tergantung masing-masing individu dalam mengelola keuangan mereka sebaik mungkin.
https://4.bp.blogspot.com/-44E_XPn5bPk/V6vW9aHVx2I/AAAAAAAABL4/0ru2cD9uqW0xHb8Mfs6s8TIhUKahWHBlQCLcB/s640/5%2BTips%2BMengatur%2BKeuangan%2BYang%2BBijak%2BBuat%2BPara%2BMahasiswa.jpg
https://4.bp.blogspot.com/-44E_XPn5bPk/V6vW9aHVx2I/AAAAAAAABL4/0ru2cD9uqW0xHb8Mfs6s8TIhUKahWHBlQCLcB/s72-c/5%2BTips%2BMengatur%2BKeuangan%2BYang%2BBijak%2BBuat%2BPara%2BMahasiswa.jpg
anakdagang.com
http://www.anakdagang.com/2016/08/5-tips-mengatur-keuangan-yang-bijak.html
http://www.anakdagang.com/
http://www.anakdagang.com/
http://www.anakdagang.com/2016/08/5-tips-mengatur-keuangan-yang-bijak.html
true
8897343119264651685
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy