2 Jenis Budidaya Sebagai Peluang Usaha Tani yang Menjanjikan

shares |

loading...
Peluang Usaha Tani

Peluang Usaha Tani - Memulai bisnis dalam bidang pertanian tidak susah, apalagi diawali dengan skala kecil seperti menjalankan usaha ini dari rumah. Memanfaatkan pekarangan rumah yang tidak terpakai untuk membangun bisnis dalam bidang pertanian bisa menjadi cikal bakal kesuksesan Anda menjadi pebisnis yang besar.

Dari berbagai informasi yang saya dapatkan melalui berita, buku dan pengamatan secara langsung, sebenarnya ada beberapa produk pertanian yang dapat dikembangkan berbasis rumahan yang dapat memberikan penghasilan tambahan.

Menurut saya, bisnis yang akan saya jelaskan berikut merupakan suatu jenis bisnis yang mampu bertahan sampai bertahun-tahun atau bahkan sampai beratus tahun kedepannya, tergantung bagaimana Anda mengolahnya dan menghadapi pesaing dikemudian hari.

Mari kita coba melihat peluang usaha tani yang seperti apa yang bisa kita jalankan dari rumah.

1. Budidaya Rempah-rempah

Budidaya rempah-rempah di pekarangan rumah tidak bisa disepelekan, apalagi saat ini orang lebih berminat pada sebuah produk pertanian yang bebas dari bahan kimia walaupun harganya jauh melebihi harga pasar.

Coba Anda perhatikan produk rempah-rempah yang beredar di pasaran, hampir semuanya adalah produk pertanian yang mulai dari pembibitan sampai sebelum melakukan pemanenan tidak lepas dari bahan kimia.

Nah, jika melihat kondisi saat ini maka peluang untuk berkebun rempah-rempah di pekarangan rumah yang bebas dari bahan kimia atau biasa kita sebut tanaman organik masih sangat terbuka.

2. Budidaya Sayur Mayur

Budidaya berikutnya adalah sayur mayur yang segar dan bersih dari bahan kimia menjadi dambaan bagi setiap keluarga, sehingga peluang bisnis ini bisa menjadi peluang yang baik untuk Anda.

Cobalah menanam sayur mayur yang bebas dari bahan kimia dan tawarkan kepada tetangga Anda. Teknik penjualannya adalah sayuran tersebut akan dipanen apabila tetangga/pelanggan Anda sudah ingin mengolahnya/memasak.

Bisa Anda bayangkan kesegaran dari sayuran hasil tanaman Anda. Segar dan bebas dari bahan kimia yang tentunya juga memiliki harga yang lebih tinggi bukan.

Budidaya sayur mayur dengan teknik pemasaran seperti ini mungkin lebih cocok pada daerah perkotaan, apalagi jika Anda berada di suatu kompleks perumahan. Karena orang diperkotaan lebih sadar akan kesehatan, sehingga mereka akan merespon dengan baik hasil produk pertanian Anda yang merupakan tanaman organik.
Baca Juga : Anda Seorang Karyawan Swasta? Ini Peluang Bisnis Masa Depan untuk Anda
Semoga ide dalam artikel ini bisa menjadi peluang usaha tani yang bermanfaat dan bisa Anda kembangkan lebih lanjut dikemudian hari.
loading...

Rekomendasi

Komentar dengan bijak adalah sikap yang mulia. Dilarang berkomentar spam. Link hidup otomatis difilter.

loading...