Cara Memulai Beternak Ayam Kampung Super

shares |

Peluang Usaha Beternak Ayam Kampung Super

Peluang Usaha Beternak Ayam Kampung Super - Pecinta dan penikmat ayam kampung tidak pernah berkurang, bahkan trend peningkatan dari tahun ketahun terus meningkat. Melihat dari kondisi tersebut, tentunya peluang bisnis ini tidak bisa disepelekan.

Banyak teknik yang bisa digunakan dalam memelihara ayam kampung super, salah satunya teknik pemeliharaan secara intensif. Salah satu keuntungan yang bisa diperoleh dari teknik ini adalah masa panen yang lebih singkat.

Langkah memulai beternak ayam kampung super yang bisa menjadi referensi Anda sebagai dasar pengetahuan sebagai berikut.

Memilih Bibit Ayam Kampung

Saat ini tidak perlu memusingkan soal pemilihan bibit yang unggul, karena sudah banyak yang menyediakan bibit ayam yang biasa kita sebut sebagai DOC (Day Old Chicks). Mereka, para pembibit menyediakan DOC ayam kampung super yang telah teruji kualitasnya.

Meski demikian, ada baiknya Anda juga tetap menyeleksi bibit ayam kampung super ini sebelum membelinya. Pilihlah DOC yang memiliki bulu yang bersih dan kelihatan lincah. 

Kandang Ayam Secara Intensif

Dalam pembuatan kandang, Anda bisa merujuk pada pembagian umur pemeliharaan ayam yaitu umur 1-4 minggu menggunakan kandang sistem box dengan sistem pemanas berupa balon lampu. Jumlah per meter perseginya bisa menampung ayam sekitar 45 sampai 50 ekor ayam.  

Sementara untuk umur 4 minggu keatas menggunakan kandang layaknya kandang ayam boiler, bisa menggunakan kandang sistem panggung, postal dan sebagainya. Soal ukuran bisa Anda sesuaikan dengan berpatokan pada tiap meter persegi bisa memuat ayam sebanyak 18 ekor.

Intinya adalah kandang harus tetap dalam kondisi kering dan tetap di jaga kelembabannya. Maka dari itu, jika menggunakan sekam pada lantainya baiknya tiap minggu adakan penambahan sekam.

Dalam membangun kandang sebaiknya posisinya membujur dari timur kebarat, hal ini untuk memaksimalkan sirkulasi udara dan pencahayaan yang masuk kedalam kandang tetap terjaga.


Analisa Usaha

Peluang usaha beternak ayam kampung super baiknya dimulai dengan jumlah minimal 300 ekor, karena memelihara dalam jumlah sedikit umumnya tidak bisa menutupi biaya operasional.

Bibit 300 ekor : Rp 5.000,- x 300 ekor                      : Rp 1.500.000,-
Pakan 4 Sak/100 ekor: Rp 300.000,- x 12 Sak           : Rp 3.600.000,-
Obat dan Vaksin                                                      : Rp 250.000,-

Total biaya sebesar Rp 5.350.000,-

Harga ayam kampung super saat ini Rp 28.000,- per kg
Jadi jika Anda mampu mempertahankan kehidupan ayam kampung super ini mencapai 90% maka penghasilan kotor adalah 270 ekor x Rp 25.000,- (asusmsi berat 0,9 kg)= Rp 6.750.000,-

Jadi total laba bersih yang Anda peroleh per 2 bulan adalah Rp 6.750.000 - Rp 5.350.000 = Rp 1.400.000,-
Baca Juga : Prospek Usaha Cuci Motor dan Bagaimana Memulainya
Semoga artikel Peluang Usaha Beternak Ayam Kampung Super ini bisa membantu. Salam sukses
loading...
 GROSIR PULSA MURAH ALL OPERATOR

Rekomendasi

Komentar dengan bijak adalah sikap yang mulia. Dilarang berkomentar spam

loading...