>

$show=post

3 Langkah Membangun Usaha Penitipan Anak Sederhana

SHARE:

Usaha Penitipan Anak Sederhana

Usaha Penitipan Anak Sederhana - Semakin sulitnya perekonomian membuat kaum perempuan turut membantu suami mereka dalam mencari nafkah. Melihat fenomena seperti ini yang semakin menyebar sampai kepelosok desa membuat orang yang berjiwa bisnis melihat sebagai suatu anugrah.

Banyak hal yang harus diketahui untuk mengambil peluang ini sebagai suatu usaha yang bisa menjadi salah satu penghasil rupiah untuk keluarga. Saya akan menjabarkan lebih mendetail seperti menyiapkan izin usaha, tempat bermain, strategi menjalankan usaha dan sebagainya.

Cara Memulai Usaha Penitipan Anak Sederhana

1. Mempersiapkan tempat

Langkah awal memulai usaha ini adalah mempersiapkan tempat yang layak. Layak di sini artinya tempat yang nyaman, aman dan bersih untuk anak-anak. Bebas dari nyamuk, udara yang pengap atau lembab dan pencahayaan yang memadai.

Untuk luas ruangan tidak ada ukuran pasti. Yang harus diperhatikan adalah ruangan tidak boleh bercampur dengan ruangan lain yang peruntukannya untuk kebutuhan rumah tangga.

2. Perlengkapan bermain

Jenis permainan biasanya menggunakan permainan yang tinggi akan nilai edukasi anak, sehingga anak bisa bermain sambil belajar. Misalnya saja mainan balok kayu yang bisa disusun, permainan mencocokkan bentuk/warna dari suatu benda atau melakukan permainan lempar tangkap bola untuk mengasah keseimbangan otak kiri dan kanan dari anak didik.

3. Keamanan untuk anak

Hal yang tidak kalah pentingnya dalam usaha ini adalah keamanan anak, baik dari lingkungan bermain maupun dari lingkungan sekitar. Langkah pertama adalah mempersiapkan tempat yang aman, artinya segala bentuk yang bisa mengancam nyawa anak harus diminimalisir. Seperti lingkungan tempat penitipan harus jauh atau terdapat jarak yang aman dari lalulintas kendaraan, lingkungan di sekitar harus bersih dari rawa, kolam air yang dalam, benda tajam yang berada dilingkungan penitipan dan sebagainya.

4. Pendidik yang berkompeten

Menyiapkan pendidik atau pengasuh yang berkompeten harus Anda lakukan, agar menjamin anak titipan lebih aman baik dalam hal teknik pengasuhan sampai teknik pengajaran anak.

Untuk langkah awal pendirian usaha penitipan anak sederhana adalah minimal Anda memiliki 2 orang pendidik yang bersertifikat. Hal ini juga akan memberikan kemudahan ketika pengajuan perizinan pada dinas terkait.

5. Izin usaha

Setelah semuanya lengkap, maka mengurus izin usaha adalah langkah selanjutnya. Ingat, usaha yang Anda kembangkan ini adalah usaha yang menyangkut nyawa anak. Jadi seharusnya memiliki izin usaha dari pemerintah.

Tantangan dalam Usaha Penitipan Anak Sederhana

Sama halnya usaha jenis lain, usaha penitipan anak juga memiliki tantangan tersendiri karena mendapatkan kepercayaan dari orang tua anak tidak mudah. Namun, jika Anda melaksanakan langkah-langkah memulai usaha di atas dengan benar, maka kepercayaan dari orang tua akan mudah didapatkan.

Tips dan Strategi Menjalankan Usaha

Langkah awal dalam menjalankan usaha ini yang sangat dibutuhkan adalah relasi. Dengan memiliki relasi yang luas, maka memperoleh kepercayaan untuk bisnis yang Anda bangun akan mudah tercapai.

Misalnya, menawarkan jasa Anda kepada teman, tetangga atau saudara sebagai tahap awal untuk membangun kepercayaan. Harapannya adalah dari pelanggan awal inilah akan menjadi promosi yang efektif bagi orang lain yang membutuhkan jasa Anda.

Adapun beberapa langkah atau layanan tambahan yang mungkin bisa menjadi nilai lebih dari usaha ini antara lain:
  • Setiap anak diwajibkan membawa susu atau sesuatu yang menjadi kebiasaan konsumsi anak di rumah.
  • Setiap anak diwajibkan membawa air minum sebagai pembelajaran.
  • Setiap anak diwajibkan membawa sarapan pagi dari rumah.
  • Paket makan siang untuk anak disediakan oleh Anda sebagai pemilik usaha.
  • Menyiapkan buku tabungan untuk anak sebagai pembelajaran. Uang tabungan bisa diserahkan per hari atau perbulan.
  • Memberikan jasa layanan jemput asi bagi anak yang masih menyusui.

Analisa Usaha Penitipan Anak

Investasi awal

- Biaya renovasi ruangan                           = Rp 2.000.000,-
- Biaya pengadaan mainan                         = Rp 5.000.000,-
- Total                                                      = Rp 7.000.000,-

Biaya Operasional/bulan

- Gaji pendidik untuk 2 orang                     = Rp 1.400.000,-
- Biaya listrik                                            = Rp 100.000,-
- Biaya makan siang/10 orang anak            = Rp 480.000,-
- Total                                                      = Rp 1.980.000,-

Omset per bulan

10 Orang anak x 450.000,-                        = Rp 4.500.000,-

Keuntungan bersih

Omset - Biaya operasional
Rp 4.500.000 - Rp 1.980.000                     = Rp 2.500.000,-

Return On Investment/Balik Modal

Investasi awal/Keuntungan bersih
Rp 7.000.000,-/Rp 2.500.000,-                   = 2,8 Bulan

Dari hasil perhitungan di atas didapat bahwa waktu yang dibutuhkan untuk mengembalikan modal investasi adalah 2,8 bulan. Perhitungan tersebut jika menggunakan area atau tempat usaha dengan memanfaatkan ruangan dari rumah pribadi Anda.
Baca Juga : 4 Jenis Bisnis Waralaba yang Menjanjikan saat ini
Semoga artikel langkah membangun usaha penitipan anak sederhana ini bisa menjadi referensi yang bermanfaat untuk Anda. Salam sukses



COMMENTS

BLOGGER
Name

ASURANSI,5,BISNIS KULINER,9,BISNIS ONLINE,13,BISNIS SAMPINGAN,15,BISNIS WARALABA,11,BITCOIN,3,BLOGGING,9,FOREX,8,GADGET & APLIKASI,3,INVESTASI,11,INVESTASI EMAS,2,INVESTASI SAHAM,4,KEUANGAN,8,KISAH INSPIRATIF,8,PELUANG BISNIS PERKEBUNAN,12,PELUANG BISNIS PETERNAKAN,19,PELUANG USAHA,94,PELUANG USAHA BAGI PEMULA,8,PELUANG USAHA MAHASISWA,4,PELUANG USAHA PERTOKOAN,6,PELUANG USAHA PROPERTI,11,PERIZINAN,6,REVIEW PRODUK,3,SEO,5,SPONSORED,3,TIPS BISNIS,76,TOKOH,3,TUTORIAL,3,WALET,9,
ltr
item
anakdagang.com: 3 Langkah Membangun Usaha Penitipan Anak Sederhana
3 Langkah Membangun Usaha Penitipan Anak Sederhana
Usaha Penitipan Anak Sederhana - Semakin sulitnya perekonomian membuat kaum perempuan turut membantu suami mereka dalam mencari nafkah. Melihat fenomena seperti ini yang semakin menyebar sampai kepelosok desa membuat orang yang berjiwa bisnis melihat sebagai suatu anugrah.
https://1.bp.blogspot.com/--8WUMLB3G7s/V208D01_x-I/AAAAAAAABD4/JG8syJ8xwRE3WdhePN5BgQG4KAxX2ZiiACLcB/s640/kids-at-swing-1185902.jpg
https://1.bp.blogspot.com/--8WUMLB3G7s/V208D01_x-I/AAAAAAAABD4/JG8syJ8xwRE3WdhePN5BgQG4KAxX2ZiiACLcB/s72-c/kids-at-swing-1185902.jpg
anakdagang.com
http://www.anakdagang.com/2016/06/langkah-membangun-usaha-penitipan-anak-sederhana.html
http://www.anakdagang.com/
http://www.anakdagang.com/
http://www.anakdagang.com/2016/06/langkah-membangun-usaha-penitipan-anak-sederhana.html
true
8897343119264651685
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy