Langkah Dasar Cara Memulai Bisnis Beras yang Harus Anda Ketahui

shares |

Langkah Dasar Cara Memulai Bisnis Beras yang Harus Anda Ketahui

Cara Memulai Bisnis Beras - Dalam dunia bisnis, kita akan selalu dihadapkan dengan apa yang dibutuhkan dan apa yang diinginkan pasar. Jika Anda bergerak dalam bisnis yang pada dasarnya mengarah dari apa yang diinginkan pasar, maka seharusnya jiwa kreatifitas harus selalu digali untuk perkembangan bisnis Anda.

Beda halnya jika bisnis yang Anda jalankan berpatokan pada apa yang dibutuhkan pasar, maka untuk kreatifitas terbatas hanya pada teknik pemasaran dan penentuan harga jual. Salah satu jenis bisnis ini adalah jual beli beras, dimana beras merupakan kebutuhan pokok yang selalu dibutuhkan oleh masyarakat kita.

Untuk cara memulai bisnis beras, ada beberapa langkah dasar yang harus diketahui dan bisa dikembangkan lebih jauh sesuai dengan kondisi pasar dan tentunya keuangan Anda.


Cara Memulai Bisnis Beras Menguntungkan

1. Pemasok beras untuk toko Anda

Sebelum membuat langkah lebih jauh, sebaiknya mencari tahu pemasok beras yang ada di wilayah Anda. Syarat memilih pemasok salah satunya adalah ketersediaan beras secara berkesinambungan dan mereka berkomitmen akan selalu memberikan jatah beras kepada Anda walaupun pasokan beras dari petani dalam keadaan susah.

Masalah yang sering timbul adalah ketika pasokan beras mulai berkurang dari petani, maka para distributor akan condong mendistribusikan stok beras kepada pelanggan mereka yang telah lama dan mempunyai permintaan yang banyak.

Untuk mengatasi masalah ini, carilah keluarga, tetangga atau teman dekat Anda yang memiliki hubungan baik dengan distributor beras. Jika ketemu, maka mintalah diperkenalkan oleh distributor beras tersebut. 

Dengan demikian, jika terjadi kelangkaan beras, maka kemungkinan Anda tetap akan memperoleh jatah beras karena distributor tersebut akan mempertimbangkan hubungan baik dengan orang yang memperkenalkan Anda.


2. Tempat yang strategis

Pertanyaan yang sering muncul dalam tiap usaha adalah tempat yang cocok untuk usaha tersebut. Untuk jenis usaha jual beli beras, maka kita harus mengupas tuntas mengenai mengapa ibu rumah tangga sering berbelanja beras di pasar tradisional?

Pertama, karena ibu rumah tangga selain berbelanja beras, kebutuhan yang lainnya bisa didapat dipasar.

Kedua, biasanya belanja beras di pasar banyak pilihan. Jika pada salah satu toko tidak menemukan beras yang dicarinya dengan jenis dan harga yang sesuai maka bisa berpindah ke toko lain. 

Nah, dari pembahasan di atas, maka letak toko yang sangat strategis adalah berdekatan dengan pasar, swalayan, minimarket atau supermarket.


3. Jenis beras dan harga

Agar bisnis jual beli laris, maka sebaiknya semua jenis beras yang banyak dikonsumsi orang di wilayah Anda harus disiapkan. Sesuai dengan penjelasan salah satu paragraf diatas, ibu rumah tangga memilih membeli beras di pasar karena banyaknya pilihan dan variasi harga.

Dalam hal harga jual, silahkan melakukan survei pada toko beras yang ramai di wilayah Anda. Cukup samakan harganya sudah menjadi nilai plus bagi usaha yang Anda. 

Tapi untuk strategi harga jual beras, Anda bisa melakukan improvisasi harga dengan memberikan harga yang relatif lebih murah pada jenis beras yang ramai peminatnya. 

Strategi Menarik Pelanggan Baru

Salah satu alasan pelanggan berminat melakukan transaksi atau membeli suatu produk adalah kehigienisan dari suatu produk. Nah, begitupun dengan beras dagangan. Banyak konsumen yang tidak berminat membeli beras kiloan karena faktor tersebut.

Mereka cenderung berada pada posisi konsumen kelas menengah ke atas, biasanya akan membeli beras dengan takaran yang cukup/pas untuk satu keluarga dalam waktu tertentu. Sehingga mereka akan lebih memilih beras yang sudah di kemas dengan rapi, misalnya untuk ukuran 5 kg, 10 kg atau 25 kg.

Untuk menarik pelanggan baru seperti yang saya sebutkan di atas, maka strateginya cukup sederhana yaitu mengemas ulang (re-packing) beras dagangan Anda dengan rapi sesuai takaran yang banyak diminati.

Bisa menggunakan kemasan dari plastik yang telah didesain sedemikian rupa dengan merk sesuai dengan keinginan Anda.

Kemasan yang terlihat lebih bersih dibanding dengan kemasan dari karung biasa lebih menarik bagi mereka yang mengedepankan kebersihan.

Yang harus menjadi perhatian dalam melakukan pengemasan ulang adalah pilihlah jenis beras yang memang berkualitas dan menyangkut soal berbagai izin harus mengikuti aturan re-packing atau re-branding yang berlaku.
Baca Juga : Menariknya Usaha Bengkel Sepeda Motor untuk Mendulang Rupiah
Jadi, jika mampu menguasai alasan konsumen berbelanja di pasar tradisional tersebut, maka lambat laun bisnis Anda akan sukses. Sekian langkah dasar cara memulai bisnis beras menguntungkan, semoga bisa menjadi referensi bagi Anda yang sedang melirik usaha jenis ini. Salam sukses


Rekomendasi

Komentar dengan bijak adalah sikap yang mulia. Dilarang berkomentar spam. Link hidup otomatis difilter.