>

$show=post

Jangan Katakan Hal ini dalam Melayani Pelanggan

SHARE:

Jangan Katakan Hal ini dalam Melayani Pelanggan

Melayani Pelanggan - Dalam dunia bisnis, komunikasi adalah salah satu faktor utama dalam memenangkan persaingan. Terkadang kita sebagai pemilik usaha tidak sadar bahwa telah menyakiti hati pelanggan dan jika Anda terus melakukan hal tersebut, bukan tidak mungkin pelanggan Anda akan beralih ke pesaing Anda.

Mau tau hal yang tidak boleh Anda katakan dalam melayani pelanggan?

Dalam artikel kali ini, saya mencoba mengupas kesalahan yang sering dilakukan sehingga membuat pelanggan Anda sakit hati.

1. Itu bukan urusan saya

Kalimat seperti ini sering dilontarkan oleh karyawan dalam bisnis jasa. Bayangkan saja bagaimana sakitnya seorang pelanggan jika melakukan protes dan mendengar kalimat seperti itu. Bisa dipastikan dikemudian hari jika membutuhkan jasa sejenis akan mencari pesaing Anda.

Selayaknya bahasa yang dikeluarkan seperti "mohon maaf bu/pak, sebetulnya saya kurang paham hal tersebut, tapi saya akan mencoba mengarahkan Anda kepada teman saya yang khusus menangani masalah seperti ini".

2. Belum ada lho yang mendapat masalah seperti ini

Walaupun kenyataannya produk yang Anda jual belum pernah ada yang kecewa atau komplain, tapi tidak sepatutnya Anda melemparkan pernyataan tersebut. Pelanggan Anda akan merasa mereka di cap sebagai konsumen yang cerewet, tidak pandai dalam memakai produk atau bisa jadi mereka berfikiran Anda ingin lepas tanggung jawab.

Ada baiknya dalam melayani pelanggan, Anda merubah bahasa tersebut menjadi, "selama ini kami hanya mendengar pujian, terimaksih telah melaporkan masalah Anda sehingga kami tahu langkah yang harus kami ambil kedepannya".

3. Maaf, toko sudah tutup

Sebagai konsumen, pastinya merasa kecewa jika membutuhkan sesuatu dan ternyata toko langganan mereka keburu tutup. Yang lebih mengecewakan lagi kalau toko tersebut masih dalam proses penutupan dan mendapatkan sambutan "maaf bu/pak, toko sudah tutup, silahkan kembali lagi besok"

Bisa Anda bayangkan, kekecewaan Pelanggan Anda apalagi kalau produk yang mereka cari sangat diperlukannya.

Pada toko yang menggunakan aplikasi POS (Poin of Sale) dalam melakukan penjualan memang setelah melakukan penutupan buku pada hari tersebut, kebanyakan tidak lagi menerima pembeli, tapi ada baiknya memberikan sedikit kelonggaran pada karyawan Anda.

Maksudnya, jika terjadi hal demikian, berikan kewenangan pada karyawan Anda untuk menerima transaksi tersebut dan membuat catatan kecil yang bisa diinput pada esok harinya.

4. Lewat samping aj bu/pak, disana ada yang bertugas menerima barang refund

Bahasa seperti ini sangat tidak disukai oleh pelanggan, apalagi kalau pelanggan tersebut tersesat. Ada baiknya Anda bersikap lebih pengertian dan merasa prihatin dengan keluhan pelanggan.

Perlakukan pelanggan Anda dengan mengucapkan "mari bu/pak, saya antar pada teman saya yang khusus melayani pengembalian barang".
Baca Juga : 4 Strategi Mengambil Hati Pelanggan Wanita dalam Bisnis E-Commerce
Semoga 4 tips melayani pelanggan di atas bisa memberikan pencerahan. Salam

COMMENTS

BLOGGER
Name

ASURANSI,5,BISNIS KULINER,9,BISNIS ONLINE,13,BISNIS SAMPINGAN,15,BISNIS WARALABA,11,BITCOIN,3,BLOGGING,9,FOREX,8,GADGET & APLIKASI,3,INVESTASI,11,INVESTASI EMAS,2,INVESTASI SAHAM,4,KEUANGAN,8,KISAH INSPIRATIF,8,PELUANG BISNIS PERKEBUNAN,12,PELUANG BISNIS PETERNAKAN,19,PELUANG USAHA,94,PELUANG USAHA BAGI PEMULA,8,PELUANG USAHA MAHASISWA,4,PELUANG USAHA PERTOKOAN,6,PELUANG USAHA PROPERTI,11,PERIZINAN,6,REVIEW PRODUK,3,SEO,5,SPONSORED,3,TIPS BISNIS,76,TOKOH,3,TUTORIAL,3,WALET,9,
ltr
item
anakdagang.com: Jangan Katakan Hal ini dalam Melayani Pelanggan
Jangan Katakan Hal ini dalam Melayani Pelanggan
Melayani Pelanggan - Dalam dunia bisnis, komunikasi adalah salah satu faktor utama dalam memenangkan persaingan. Terkadang kita sebagai pemilik usaha tidak sadar bahwa telah menyakiti hati pelanggan dan jika Anda terus melakukan hal tersebut, bukan tidak mungkin pelanggan Anda akan beralih ke pesaing Anda.
https://2.bp.blogspot.com/-9HUHhxxbq3s/V0Fs877MX0I/AAAAAAAAA7o/py0OPqt8400_JYDEBe34N0QAowWqC280ACLcB/s640/domino-665547.jpg
https://2.bp.blogspot.com/-9HUHhxxbq3s/V0Fs877MX0I/AAAAAAAAA7o/py0OPqt8400_JYDEBe34N0QAowWqC280ACLcB/s72-c/domino-665547.jpg
anakdagang.com
http://www.anakdagang.com/2016/05/jangan-katakan-hal-ini-dalam-melayani-pelanggan.html
http://www.anakdagang.com/
http://www.anakdagang.com/
http://www.anakdagang.com/2016/05/jangan-katakan-hal-ini-dalam-melayani-pelanggan.html
true
8897343119264651685
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy