$show=post

Tips Memulai Usaha ATK dan Fotocopy

Tips Memulai Usaha ATK dan Fotocopy

Memulai Usaha ATK - Salah satu usaha yang tidak pernah ketinggalan sampai saat ini adalah usaha ATK (Alat Tulis Kantor). Mereka yang memiliki modal yang cukup, sebagian besar akan melirik usaha ini karena memang untuk jangka panjang sangat bagus sebagai lahan investasi.

Keuntungan yang diperoleh berkisar antara 20-50 persen dari omset. Perlu diketahui, usaha ATK yang selalu bergandengan dengan jasa fotocopy bahkan para pemain besar sudah menggabungkan dengan jenis usaha percetakan spanduk tidak pernah sepi dari konsumen, asalkan posisi tempat usaha berada di wilayah yang strategis.

Maka dari itu, dalam artikel ini salah satu syarat wajib bagi usaha ini adalah tempat yang strategis yang berdekatan dengan perkantoran, sekolah dan instansi-instansi pemerintahan yang selalu bergelut dengan dokumen-dokumen seperti halnya dekat dengan kantor polisi atau samsat.

Salah satu keuntungan dari usaha yang satu ini adalah tidak ada masa kadaluarsa dari produk atau jasa fotocopy yang kita tawarkan. Jika melihat dari sisi harga, cenderung berada pada posisi yang stabil.

Nah, jika Anda sudah siap dan telah mengumpulkan keyakinan dalam menjalankan usaha ATK dan fotocopy ini, berikut langkah-langkah dasar yang bisa menjadi salah satu rujukan agar tidak salah dalam mengambil keputusan.

Langkah Dasar Memulai Usaha ATK dan Fotocopy

1. Mencari suplier ATK dan mesin fotocopy

Sebelum mencari tempat memulai usaha ATK yang strategis, ada baiknya Anda melakukan survei dan mencari tahu suplier ATK dari toko-toko yang telah melakukan usaha ini.

Caranya bagaimana? Kalau Anda kenal dengan salah satu pemilik usaha ATK, maka hal ini pastinya sangat menguntungkan dan tidak pusing dengan masalah suplier barang. Tapi apa jadinya kalau tidak mengenal siapa pun atau Anda adalah pemain baru dalam dunia usaha?

Saya punya dua cara yang termasuk efektif yang bisa Anda aplikasikan untuk mencari suplier.

Pertama, kunjungi salah satu toko ATK yang jauh dari target tempat usaha yang akan Anda bangun. Cobalah berkomunikasi dengan pemiliknya dan berkata jujurlah bahwa Anda berencana membuka usaha ATK di wilayah A (target usaha).

Bilang saja, Anda berkunjung ke toko dia untuk meminta masukan soal supplier yang terpercaya. Saya rasa, jika pemilik usaha tersebut adalah orang yang baik, maka Anda akan mendapatkan informasi supplier dan bisa jadi akan mendapatkan tips secara gratis mengenai usaha yang akan dijalankan.

Jika tidak berhasil, maka lanjutkan mencari usaha sejenis sampai ada yang bersedia memberikan informasi yang Anda butuhkan.

Kedua, menjadi seorang detektif dadakan adalah solusi yang terbaik menurut saya. Melakukan pengamatan pada toko ATK di kota Anda, jika menemukan supplier yang sedang berkunjung ke toko tersebut maka langkah yang harus Anda ambil adalah menunggu suplier tersebut meninggalkan toko langganannya dan mencegatnya.

To the point saja, langsung memberi tahu maksud dan tujuan Anda. Saya jamin keberhasilan memperoleh suplier akan lebih besar dan tentunya sudah teruji.

Kalau soal jenis barang yang akan Anda jual untuk pertama kalinya, jangan menanyakan pada supplier tersebut, karena bisa saja sebagian barang yang mereka tawarkan merupakan barang yang jarang laku atau terjual (sesuai dengan pengalaman penulis).

Untuk menyiasati hal ini, carilah informasi jenis barang yang biasa dijual di toko ATK melalu search engine (google pada umumnya), kemudian pergunakan insting Anda untuk memilah-milah barang yang peluang terjualnya besar.

Tapi jika mempunyai modal awal yang cukup, saya rasa semua daftar barang yang biasa dijual di toko ATK yang Anda temukan wajib dibeli. Contoh daftar ATK klik di sini.


2. Mencari tempat yang strategis

Usaha ATK dan fotocopy merupakan usaha yang sangat dianjurkan atau wajib memiliki lokasi yang strategis seperti dekat perkantoran, sekolah, kampus dan lain-lain.

3. Penentuan harga

Mentukan harga jual dari sebuah produk adalah hal yang sangat susah bagi pemula, betul kan? Maka dari itu, agar Anda tidak merasa bimbang dalam menentukan harga jual, lakukanlah survei harga pesaing.

Mengunjungi pesaing dan membeli sebuah produk kemudian menanyakan beberapa harga barang adalah hal yang lumrah dalam dunia usaha. Tapi ingat, jangan terlalu bernafsu menanyakan harga barang, karena bisa saja ketahuan oleh pemilik usaha tersebut yang membuat Anda merasa malu.

Agar mudah dan lebih efektif dalam menentukan harga jual, maka buatlah list barang yang memiliki modal kecil, barang yang jarang laku (menurut Anda), barang yang sering laku (menurut Anda), modal sedang dan modal besar.

List barang tersebut itulah yang harus diketahui harganya dari pesaing Anda sehingga bisa mengelompokkan presentasi keuntungan yang akan diambil. Mengertikan maksud saya? Jika belum mengerti, dibaca saja berkali-kali sampai Anda mengerti.


4. Teknik promosi

Dalam artikel ini saya tidak menjelaskan teknik berpormosi karena pada umumnya kurang lebih dengan usaha yang lainnya. Intinya, Anda harus rama dalam melayani pelanggan. Titik.
Baca juga :
Sekian artikel singkat tips memulai usaha ATK dan fotocopy, semoga bermanfaat untuk Anda.

COMMENTS

BLOGGER
Name

ASURANSI,5,BISNIS KULINER,9,BISNIS ONLINE,12,BISNIS SAMPINGAN,15,BISNIS WARALABA,11,BITCOIN,3,BLOGGING,7,FOREX,8,GADGET & APLIKASI,3,INVESTASI,11,INVESTASI EMAS,2,INVESTASI SAHAM,4,KEUANGAN,8,KISAH INSPIRATIF,8,PELUANG BISNIS PERKEBUNAN,12,PELUANG BISNIS PETERNAKAN,19,PELUANG USAHA,94,PELUANG USAHA BAGI PEMULA,8,PELUANG USAHA MAHASISWA,4,PELUANG USAHA PERTOKOAN,6,PELUANG USAHA PROPERTI,11,PERIZINAN,6,REVIEW PRODUK,5,SEO,4,SPONSORED,5,TIPS BISNIS,74,TOKOH,3,TUTORIAL,3,WALET,9,
ltr
item
anakdagang.com: Tips Memulai Usaha ATK dan Fotocopy
Tips Memulai Usaha ATK dan Fotocopy
Memulai Usaha ATK - Salah satu usaha yang tidak pernah ketinggalan sampai saat ini adalah usaha ATK (Alat Tulis Kantor). Mereka yang memiliki modal yang cukup, sebagian besar akan melirik usaha ini karena memang untuk jangka panjang sangat bagus sebagai lahan investasi.
https://1.bp.blogspot.com/--uniTkETU-Q/VyGI9OSj4nI/AAAAAAAAAr4/zx4X2dw6TP82bkiJE3vhSAf-qrVHyQKogCLcB/s640/calculator-178127_1920.jpg
https://1.bp.blogspot.com/--uniTkETU-Q/VyGI9OSj4nI/AAAAAAAAAr4/zx4X2dw6TP82bkiJE3vhSAf-qrVHyQKogCLcB/s72-c/calculator-178127_1920.jpg
anakdagang.com
http://www.anakdagang.com/2016/04/tips-memulai-usaha-atk-dan-fotocopy.html
http://www.anakdagang.com/
http://www.anakdagang.com/
http://www.anakdagang.com/2016/04/tips-memulai-usaha-atk-dan-fotocopy.html
true
8897343119264651685
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy