Mau tahu Kelebihan Bisnis Properti? Temukan Jawabannya di Sini

shares |

loading...
Mau tahu Kelebihan Bisnis Properti?

Kelebihan Bisnis Properti - Bisnis properti merupakan bisnis yang telah menjadi idaman bagi para investor kelas dunia karena relatif aman dan sangat menguntungkan. Meski terbilang sangat aman, masih banyak yang ragu untuk menggeluti dunia bisnis ini karena modal awal yang terbilang sangat besar. Benarkah demikian?

Sebetulnya ada beberapa tips dan trik memulai bisnis properti dengan modal yang tidak terlalu besar yang akan saya jabarkan pada artikel selanjutnya. 

Kelebihan Investasi Dalam Bisnis Properti

1. Mendapatkan properti dengan uang muka

Sekarang, hanya dengan membayar uang muka sebesar 20% Anda bisa memperoleh rumah yang Anda incar. Misalnya saja, harga rumah yang Anda incar Rp 200 Juta, maka dengan dana Rp 40 Juta Anda sudah bisa memiliki rumah tersebut sebagai langkah awal untuk memulai bisnis ini.

Sisa dari pembayar bisa dicicil dengan menggunakan sistem Kredit Kepemilikan Rumah (KPR) sesuai dengan jangka waktu yang telah Anda pilih. Bahkan dengan teknik tertentu, Anda bisa saja memperoleh rumah tersebut dengan menggunakan modal dari pihak lain alias Anda tidak mengeluarkan modal sedikit pun untuk memperoleh rumah tersebut.

Kenaikan harga properti per tahunnya berkisar antara 10% hingga 25 % tergantung dari perkembangan ekonomi suatu negara. Nah, jika

Jika Anda memilih properti yang tepat, besar kemungkinan rumah Anda terjual sebelum masa cicilan habis. Biasanya, kenaikan harga properti rumah sekitar 10%-25% per tahun. Jadi, Anda bisa meraup keuntungan bahkan sebelum melunasi investasi Anda.

2. Harga rumah selalu naik

Setiap tahun hampir bisa dipastikan terjadi kenaikan harga properti yang selalu menggiurkan bagi kalangan yang memiliki jiwa bisnis. Meskipun terjadi krisis seperti pada tahun 1997 silam, tercatat kenaikan properti tidak bisa dihindari. Jadi apa yang membuat Anda khawatir menginvestasikan uang Anda di bisnis ini?

3. Memperoleh dana tambahan walaupun belum menjualnya

Mengalami kesulitan dalam hal finansial bisa terjadi kapan saja dan tentunya Anda mungkin membutuhkan uang. Jika mempunyai properti dalam masa cicilan, Anda bisa mendapatkan dana lewat fasilitas pendanaan kembali (refinancing) yang ditawarkan oleh beberapa bank.


4. Langsung untung setelah membeli

Membeli sebuah rumah dari orang yang membutuhkan dana sangat menguntungkan baik dari pihak pembeli maupun dari penjual itu sendiri. Orang yang membutuhkan dana akan menjual rumahnya di bawah harga NJOP (Nilai Jual Objek Pajak)

Misalnya NJOP sebuah rumah adalah Rp 2 milyar dengan harga pasaran Rp 2,5 Milyar. Jika pemilik rumah bersedia menjual rumahnya di bawah harga NJOP karena sedang membutuhkan modal, misalnya dijual dengan harga 1,8 Milyar maka Anda sudah memperoleh keuntungan sebesar Rp 700 Juta jika langsung menawarkan kembali untuk dijual.

Jadi dalam hal ini, Anda tidak perlu menunggu sampai bertahun-tahun agar nilai properti Anda meningkat untuk dijual kembali.

5. Meningkatkan nilai jual rumah dengan modal minim

Nilai jual rumah yang tidak terurus atau terkesan kusam yang tidak berpenghuni biasanya berada di bawah harga pasaran. Jika Anda memperoleh rumah seperti ini dengan selisih harga lebih besar dari kisaran biaya renovasi maka rumah tersebut layak untuk dijadikan ladang uang.

Membeli rumah tersebut kemudian merenovasinya dan dijual kembali sesuai dengan harga pasaran sudah menjadi keuntungan tersendiri. Jika ingin menjadikan sebagai investasi dan tetap ingin memperoleh keuntungan, Anda bisa menawarkan rumah tersebut untuk disewakan.
Baca Juga : Menjadi Agen Properti yang Handal

6. Mendapatkan 2 jenis keuntungan

Menjual dengan harga yang lebih tinggi dari harga beli adalah jenis keuntungan yang pertama dan utama dalam bisnis ini atau biasa disebut Capital Gain. Anda harus mengetahui hal-hal pendukung yang mempercepat kenaikan harga rumah misalnya membeli rumah yang berada di tengah kota atau berada di daerah yang dekat dengan rencana pembangunan jalan, kereta atau pusat perbelanjaan kota tersebut.

Jenis keuntungan yang kedua adalah menyewakan properti Anda. Sembari menunggu kenaikan harga properti, Anda bisa menyewakannya kepada pihak lain. Sambil menyelam minum air bukan? He he he . . . .

Sekian artikel singkat beberapa kelebihan bisnis properti. Semoga bermanfaat untuk Anda.
loading...

Rekomendasi

Komentar dengan bijak adalah sikap yang mulia. Dilarang berkomentar spam. Link hidup otomatis difilter.

loading...