Memulai Bisnis Tanaman Hias

shares |

Bisnis Tanaman Hias - Selamat datang kembali di blog kami. Kali ini saya akan memberikan tips dan trik memulai bisnis tanaman hias. Perlu Anda ketahui, salah satu bisnis yang dari tahun ke tahun semakin di cari dan selalu diperhitungkan dalam dunia usaha adalah bisnis tanaman hias. Kenapa tidak, sekarang ini orang-orang menginginkan lingkungan mereka adem dan indah dipandang. Apalagi sekelompok masyarakat terus mengaungkan masalah global warming.

Memulai Bisnis Tanaman Hias

Dengan sedikit analisa seperti di atas, maka saya pastikan salah satu bisnis yang akan bertahan sampai puluhan tahun dan bahkan ratusan tahun kedepan adalah bisnis tanaman hias. Untuk memulai bisnis jenis ini, tidak sulit bahkan Anda bisa memulainya dari halaman rumah Anda.

Selalu saya tekankan bahwa setiap membidik suatu bisnis maka hal yang harus Anda lakukan adalah pilihlah bidang bisnis yang sedapat mungkin bidang yang Anda sukai. Begitupun dalam bisnis tanaman hias, harusnya Anda memiliki kesenangan dalam bercocok tanam. Kenapa sih harus seperti itu? Dalam suatu bisnis, pasti banyak kendala yang akan timbul dan jika Anda tidak memiliki kesenangan dalam bisnis tersebut maka kemungkinan besar frustasi dan putus asa akan cepat menghampiri.

Dalam memulai bisnis tanaman hias, banyak alternatif yang bisa Anda lakukan untuk menekan badget semisal memulai bisnis ini dari halaman rumah Anda sebagai bisnis sampingan. Tapi tidak sedikit pemain dalam bisnis ini langsung menyewa tempat strategis demi mempercepat perkembangan bisnisnya.

Sebelum mulai terjun kedalam bisnis ini tetapkan jenis usaha yang bagaimana yang akan Anda kembangkan. Apakah khusus pengecer, pembibitan atau pengecer sekaligus pembibitan. Saran saya jika Anda masih pemula, sebaiknya mulailah dengan hal yang paling mudah yaitu sebagai pengecer.

Menjadi pengecer tanaman hias sebagai salah satu trik untuk mencari dan mencuri ilmu dari para supplier Anda. Tanyakan apa yang ingin Anda ketahui, bangun komunikasi yang baik agar kelak memperoleh ilmu sebagai modal untuk pengembangan bisnis Anda kedepannya.

Beberapa tips dan trik yang harus diketahui sebelum memulai bisnis ini, antara lain :

Pengetahuan yang memadai mengenai tanaman hias

Pengetahuan yang memadai soal tanaman hias harus Anda miliki sebelum terjun kebisnis ini. Ya betul, semua bisnis seperti itu tapi khusus tanaman hias, sangat rawan baik menyangkut hidup matinya tanaman maupun dalam hal pemasaran. Bayangkan saja jika ada pelanggan Anda yang bertanya mengenai salah satu tanaman hias, kapan harus di siram? pupuk apa yang digunakan? kalau dipindahkan ke pot lain bagaimana prosesnya?

Jika Anda tidak mampuh menjawab pertanyaan ringan seperti ini maka imbasnya adalah peluang terjualnya barang dagangan pasti sangat kecil. Jadi pelajari lebih dulu mengenai tanam hias baik melalui buku, internet atau langsung bertanya pada ahlinya.

Mencari supplier tanaman hias

Supplier tanaman hias di indonesia yang sangat terkenal dan juga murah tentunya terdapat di pulau jawa (untuk saat ini). Jika Anda memiliki modal yang cukup, Anda bisa saja mendatangkan berbagai jenis tanaman hias dari pulau jawa dengan menggunakan kontainer. Setahu saya pada saat ini ongkos pengiriman menggunakan kontainer berkisar antara 10-20 jutaan untuk pengiriman ke kota-kota besar di indonesia.

Memilih jenis tanaman hias yang akan dijual  

Banyak sekali jenis tanaman yang bisa Anda jual mulai dari yang paling murah sampai yang paling mahal, mulai dari yang laris sampai yang kurang laris (karena mahal). Banyak yang menyarankan bahwa memulai usaha ini harus memiliki banyak koleksi jenis tanaman hias, tapi jika Anda mengikuti saran tersebut maka akan membutuhkan modal yang besar.

Carilah tanaman yang kira-kira sering laku dengan harga yang terjangkau sebagai modal awal dagangan Anda. Untuk mengetahui hal ini, Anda bisa bertanya langsung ke supplier Anda atau lakukan riset kecil-kecilan dengan memperhatikan tanaman apa yang paling banyak ditanam pada halaman rumah tetangga, teman atau di perkantoran.

Beberapa referensi jenis tanaman hias yang laris manis dipasaran :


Teknik pemasaran bisnis tanaman hias

Pada umumnya sistem pemasaran tanaman hias tidak begitu sulit, berbeda dengan bisnis yang lainnya dimana harus membuat spanduk, menyebar brosur, memasang iklan dan lain-lain. Anda tidak perlu mengoceh sana sini agar tanaman yang Anda jual laku. 

Yang perlu dilakukan adalah merawat dengan baik tanaman Anda, menempatkan tanaman di pinggir jalan dengan rapi maka dengan sendirinya pelanggan akan datang. Tapi jika ingin berkembang dengan cepat, maka bangunlah kerjasama dengan orang yang bergelut dibisnis jasa pembuatan taman.
Baca Juga : Putuskan Urat Takut dalam Berinvestasi
Tak bisa dipungkiri salah satu media untuk mengembangkan bisnis dengan cepat adalah membuat lapak di dunia online. Mengonline kan bisnis ini dengan cara mendaftar dan membuat lapak di beberapa penyedia lapak gratis di internet bisa Anda tempuh seperti tokopedia, olx, bukalapak, berniaga dan lain-lain merupakan alternatif pertama yang bisa Anda coba. Hanya bermodalkan paket internet dengan media smartphone, Anda sudah bisa menjual dan menawarkan tanaman hias di seluruh wilayah indonesia.

Sekian artikel singkat memulai bisnis tanaman hias, semoga bermanfaat untuk Anda. Salam 

loading...
 GROSIR PULSA MURAH ALL OPERATOR

Rekomendasi

Komentar dengan bijak adalah sikap yang mulia. Dilarang berkomentar spam

loading...