Bisnis Online Menjadi Seorang Dropship

shares |

Bisnis Online Menjadi Seorang Dropship

Menjadi Dropshiper yang Handal

Bisnis Dropship - Salah satu bisnis online yang tanpa membutuhkan modal untuk membeli suatu barang yang akan diperdagangkan adalah menjadi dropshiper dari suatu produk. Dropshiper artinya pedagang yang menjual suatu produk dari supplier kepada pembeli tanpa membeli terlebih dahulu.

Masih bingung dengan penjelasan di atas? Simpelnya begini, dropshiper itu ibarat Anda menjadi seorang makelar online. Jadi Anda hanya bertugas memasarkan produk kemudian jika terjadi pembelian/pemesanan maka tugas Anda melakukan pemesanan kepada suplier untuk dikirim kepada pembeli dan Anda sebagai pengirim barang atau produk tersebut.

Sebetulnya semua bisnis itu pasti membutuhkan modal, tidak terkecuali menjadi dropshiper. Jika Anda ingin menggeluti dunia usaha dropshiper maka Anda harus mengeluarkan modal untuk mendapatkan akses jaringan internet. Menjadi seorang dropshiper memiliki tantangan bermacam-macam, seperti komplien keterlambatan pengiriman, ketidaksesuaian barang dengan gambar/spesifikasi dan lebih parah lagi suplier tempat Anda memesan barang menghilang entah kemana.

Nah, semua masalah itu akan bermuara kepada Anda, bukan pada supplier langganan Anda. Tapi hal ini tidak boleh membuat Anda takut menjalani bisnis ini, semua jenis bisnis pasti mempunyai kesulitan tersendiri. Jika Anda serius dalam bisnis ini dan mau belajar insyaAllah Anda akan larut dan menjadi seorang dropshiper yang handal. Berikut step by step menjadi seorang dropshiper yang handal.


Teknik mencari suplier

  • Website TLD

Jika salah dalam memilih supplier maka Anda akan menjadi bulan-bulanan konsumen, karena semua masalah yang timbul akan menjadi tanggung jawab Anda. Salah satu hal yang perlu Anda ketahui jika ingin mencari supplier yang cocok untuk usaha Anda adalah carilah suplier yang mempunyai alamat website yang bertipe domain TLD (Top Level Domain) seperti COM, ID, ORG, NET dan lain-lain. Tapi perlu Anda ketahui tidak semua yang bertipe TLD baik untuk menjadi suplier jadi diperlukan suatu analisa kecil-kecilan agar lebih meyakinkan Anda memilih seorang supplier.

Tidak sedikit pula supplier yang baik menggunakan website gratisan seperti blogspot atau wordpress. Hal ini bisa jadi para supplier tersebut ingin menekan biaya karena jika menggunakan Domain TLD setiap tahunnya akan mengeluarkan biaya sebagai perpanjangan domain atau alamat situs tersebut.


  • Alamat yang valid

Suatu perusahaan atau perseorangan yang mempunyai usaha harus memiliki alamat yang jelas serta nomor telpon yang bisa dihubungi. Ini salah satu syarat supplier yang baik dan aman untuk menjadi langganan Anda.


  • Menjadi pelanggan

Membeli barang dari supplier sebelum memutuskan menjadikan mereka partner bisnis dropshiper Anda adalah sangat disarankan. Cobalah membeli produk mereka, pelajari kecepatan respon dan kualitas produk apakah sesuai dengan spesifikasi yang dijelaskan.

Bisa juga Anda mempelajari calon supplier dengan cara membaca testimoni para pelanggannya dan menghubungi secara acak. Tanyakan sepak terjang, keakuratan produk, kecepatan respon dari supplier tersebut. Sebagai referensi silahkan mencari supplier di daragang.com, jika Anda mendapatkan calon supplier dari situs tersebut, tetap pelajari apakah layak menjadi partner bisnis dropshiper Anda.


Jenis produk yang akan dipasarkan

Menentukan jenis produk yang akan dipasarkan tidak boleh asal-asalan, jangan sampai hanya berpatokan pada larisnya suatu barang di daerah Anda. Pelajari produk apa yang sangat diminati di dunia maya melalui penjelajahan di search engine google, tokopedia, bukalapak dan lain-lain.
Baca Juga : Tips Memulai Usaha ATK dan Fotocopy
Jika Anda seorang dropshipper pemula, saran saya fokuslah pada satu produk yang mempunyai daya saing tinggi. Jangan terlalu serakah dalam memulai bisnis ini, ingin memasarkan berbagai macam produk padahal Anda belum terlalu ahli menghadapi para pelanggan. Jadikanlah produk tersebut sebagai pembelajaran.

Ingat, guru yang paling baik adalah pengalaman. Walaupun telah membaca artikel sana sini, tetap saja tidak ada yang lebih baik, tidak ada yang lebih menusuk, tidak ada yang lebih abadi selain dari pengalaman yang Anda jalani sendiri.


Membangun kepercayaan calon pembeli

Sepertihalnya yang Anda lakukan pada tahap pertama di atas yaitu teknik mencari supplier yang baik. Anda seharusnya membangun kepercayaan para calon pembeli dengan mempunyai website sendiri atau Anda bisa menjadi anggota berbayar di tokopedia, bukalapak dan lain-lain. Ini memberikan image bahwa Anda seorang pebisnis yang handal dan berpengalaman yang patut dipercaya.


Respon yang wow adalah yang paling ampuh

Kecepatan respon dari penjual adalah hal yang sangat utama dalam dunia bisnis online. Saya pribadi jika belanja online respon pertanyaan saya lambat dijawab maka dengan sangat cepat saya tinggalkan lapak/situs mereka dan beralih ke penjual yang lain.

Jika Anda membuka lapak di tokopedia, respon yang super cepat bisa Anda beli artinya tokopedia menyediakan layanan costumer dengan biaya perbulan lumayan murah. Yang bertugas menjawab pertanyaan dari calon pembeli Anda adalah orang yang telah ditugaskan oleh tokopedia untuk menghandle semua pertanyaan yang masuk di toko online Anda. Tugas Anda hanya menerima order jika sudah terjadi pemesanan di toko Anda.

Sekian artikel yang singkat ini saya persembahkan. Akhir kata, semoga artikel bisnis online menjadi seorang dropship bermanfaat untuk Anda. Wassalam
loading...

Rekomendasi

Komentar dengan bijak adalah sikap yang mulia. Dilarang berkomentar spam

loading...