Tips Jitu Cara Memulai Usaha Warung Kopi

shares |

Cara Memulai Usaha Warung Kopi

Cara Memulai Usaha Warung Kopi - Kebiasaan kaum laki-laki orang indonesia menyenangi kegiatan ngopi bareng dengan teman-teman kerja. Rutinitas para pekerja membuat mereka bosan dan jenuh dan salah satu obat mengatasi kejenuhan mereka adalah berkumpul dengan teman, baik teman kerja maupun teman lama sewaktu masih kuliah/sekolah. Kebiasaan berkumpul ini diikuti dengan kebiasaan ngopi bareng. Nah, bagi Anda yang sedang mencari ide usaha sampingan mungkin usaha warung kopi bisa menjadi alternatif.

Kalau soal prospek jangan ditanya lagi, jangankan di kota-kota besar, di pelosok pun bertebaran warung kopi sederhana. Anda bisa saja mencontoh bagaimana mereka membuka kedai kopi, tapi alangkah baiknya Anda memiliki suatu kelebihan yang mampu Anda tampilkan agar bisa bersaing dengan warung kopi yang telah eksis. Misalnya saja, pelayan yang Anda pekerjakan berwajah cantik dengan tubuh yang proporsional. He he he , , , dijamin dalam waktu yang super singkat, kedai kopi Anda akan ramai.

Nah, jika Anda mulai tertarik dengan usaha warung kopi ini, berikut saya berikan langkah-langkah membuka usaha warung kopi sederhana.


Cara Membuka Usaha Warung Kopi

  • Tempat yang layak untuk usaha warung kopi

Pada umumnya jika seseorang membuka usaha tentunya akan mencari tempat yang strategis sesuai dengan usaha yang akan dikembangkannya. Untuk usaha warung kopi tempat yang cocok adalah di pinggir jalan dan mudah diakses. Tapi bukan itu saja, carilah tempat yang berdekatan dengan pusat keramaian seperti pusat perbelanjaan atau taman kota.

Tapi tidak sedikit pulsa yang membuka usaha ini di halaman rumah mereka. Ini bukan hal yang salah asalkan Anda mempunyai strategi pemasaran yang baik dan efektif. Nanti saya akan jelaskan bagaimana strategi pemasaran yang efektif untuk usaha warung kopi.

  • Strategi usaha warung kopi

Mempunyai strategi dalam setiap usaha yang dijalankan merupakan hal yang wajib agar usaha Anda bisa sukses dan berkembang dengan cepat. Termasuk strategi usaha warung kopi adalah pelayanan yang Anda berikan kepada pelanggan harus super rama, dan usahakan akrablah dengan para pelanggan Anda. Ajak mereka berkomunikasi ringan, tanyakan kabar merek.

Buat sesuatu yang mampu memberikan ketenangan bagi para pelanggan misalnya musik klasik yang diputar dengan volume yang tidak terlalu nyaring atau memasang sebuah TV dengan remot tv berada di tangan pelanggan Anda. Sekali-kali tanyakan kemauan mereka ingin mendengar musik apa dan ini juga sebagai masukan bahwa koleksi musik Anda harus lengkap mulai dari musik jazz, pop sampai keroncong agar ketika pelanggan Anda ingin mendengar musik tertentu Anda tidak kelabakan.

Salah satu fasilitas yang patut Anda siapkan adalah fasilitas wifi. Walaupun warung Anda termasuk warung kopi sederhana, layanan wifi ini sangat membantu agar para pelanggan betah berlama-lama di warung Anda. Dengan adanya fasilitas wifi ini, target pelanggan Anda bukan hanya orang-orang yang datangnya berkelompok melainkan perseorangan pun akan senang mampir di warung kopi Anda.

  • Tips promosi usaha warung kopi

Nah, ini dia yang saya janjikan tadi bagaimana strategi promosi yang efektif untuk usaha warung kopi. Ada yang menyarankan untuk membuat brosur dan menyebarkannya.

Saya rasa strategi ini kurang efektif zaman sekarang khusus usaha ini. Promosi yang paling baik adalah promosi dari pelanggan kita sendiri kepada teman-teman mereka. Bagaimana sih agar teknik ini bisa dijalankan? Sudah saya jelaskan sebelumnya pelayanan yang ramah dan sesuatu yang bisa membuat pelanggan betah dengan sendirinya akan menjadi promosi yang efektif bagi usaha Anda.

Jika warung kopi Anda baru dibuka, Anda harus membuat spanduk yang ukurannya tidak terlalu besar yang bisa Anda pasang di depan warung. Langkah kedua, sebarkan informasi warung kopi Anda di media sosial seperti FB atau BBM. Tapi ingat, sebarkan pada teman terdekat Anda terlebih dahulu kemudian group-group yang mayoritas anggotanya berada di wilayah tempat Anda. Dengan pelayanan yang baik dan di dukung fasilitas yang cukup, maka biarkanlah promosi dari mulut ke mulut bekerja dengan sendirinya.

Perlu Anda ketahui, mayoritas pecinta kopi adalah berjenis kelamin laki-laki. Nah, seyogianya pelayan yang Anda rekrut adalah wanita yang mempunyai paras yang cantik dengan body yang proporsioanal. Teknik ini adalah teknik yang pling ampuh untuk usaha jenis warung kopi. Bukan hanya cantik dengan body wah, tapi mereka harus tetap ramah pada pelanggan Anda. Dijamin deh, dalam waktu yang singkat, warung kopi Anda laris manis tanpa ilmu hitam. he he he . . .


  • Izin usaha warung kopi

Kalau soal izin usaha warung kopi sederhana tidak usah membuat siup atau situ. Cukup melapor kepada ketua RT di wilayah Anda. Jelaskan usaha apa yang Anda buka dan kapan waktu beroperasinya. Mintalah surat dari Ketua RT sebagai bukti bahwa Anda telah melaporkan usaha Anda. Jadi jika suatu saat terjadi masalah di warung Anda, ketua RT bisa membela dan mengamankan usaha Anda.


  • Cemilan sebagai makanan pendukung

Siapkan beberapa jenis cemilan agar pelanggan Anda tidak perlu membeli diluar. Biasanya cemilan yang cocok adalah krupuk, gorengan atau kue-kue basah yang bisa Anda produksi sendiri. Jangan lupa siapkan beberapa jenis rokok sebagai pelengkap dari usaha Anda.

Sekian artikel singkat cara memulai usaha warung kopi. Jika Anda berkenan membaca artikel berdagang mengawali kesuksesan Anda, pasti saya sangat senang. Trimakasih Atas kunjungan Anda.
Wassalam
loading...
 GROSIR PULSA MURAH ALL OPERATOR

Rekomendasi

Komentar dengan bijak adalah sikap yang mulia. Dilarang berkomentar spam

loading...